Berpidato Dalam Bentuk Eksposisi

Pidato ialah sebuah acara berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan citra wacana suatu hal. Pidato juga sanggup diartikan sebagai ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato yang baik sanggup memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Setiap orang yang berpidato niscaya berusaha dan berharap semoga pidato yang disampaikan dinilai oleh pendengarnya sebagai pidato yang baik.

Pidato yang baik antara lain ditandai isi pidato yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai serta acara yang sedang berlangsung, Kandungan isi pidato yang baik bersifat menggugah dan mempunyai manfaat bagi pendengar, Gagasan pidato dikemas secara jelas, benar, dan objektif dan bahasa yang dipakai gampang dipahami, Pidato disampaikan secara santun, etis, rendah hati, dan komunikatif. Seseorang yang akil berpidato di depan umum akan sanggup mengajak massa dan memperlihatkan ide-idenya semoga sanggup diterima orang lain.

Teks eksposisi ialah suatu teks yang menginformasikan/menjelaskan sesuatu kepada pembaca. Tujuan dari teks eksposisi yaitu untuk memaparkan atau menjelaskan sesuatu semoga pengetahuan pembaca bertambah. Eksposisi dan pidato mempunyai kesamaan dalam memberikan pendapat kepada orang lain. Teks eksposisi dipakai untuk mengungkapkan pendapat kepada orang lain, danorang lain diminta untuk mendapatkan pendapat yang disampaikan. Untuk itu, argumentasi yang diberikan harus betul-betul kuat.

Sajikanlah di depan kelas salah satu teks eksposisi yang terdiri dari pendapat dengan sisi oke atau tidak oke dengan perdagangan bebas dalam bentuk acara berpidato resmi. Gunakanlah gaya berpidato menyerupai gaya Bung Karno, Bung Tomo, atau gaya tokoh pendiri kebangsaan Indonesia lain yang kalian kagumi
 Pidato ialah sebuah acara berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pend Berpidato dalam Bentuk Eksposisi
Untuk Kelompok yang setuju:

Asalamualaikum Wr.Wb.

Saudara-saudara sekalian,
Menurut prinsip demokrasi, perdagangan bebas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dunia, perdagangan bebas sangat menguntungkan dari banyak sekali aspek. Mengapa demikian ?

Dari segi ekonomi, perdagangan bebas menimbulkan imbas positif, alasannya ialah sanggup meningkatkan standar hidup melalui teori laba komparatif dan ekonomi skala besar. Perdagangan bebas dianggap mendorong negara-negara untuk bergantung satu sama lain, yang berarti memperkecil kemungkinan perang. Dan dari sisi konsumen, sanggup dengan gampang menerima barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dari segi politik, dengan adanya perdagangan bebas akan terjalin suatu korelasi internasional yang semakin terbuka antar Negara. Kemudian produk -produk dalam negeri sanggup dengan memudah meraih popularitas di luar negeri. Dapat pula meningkatkan reputasi Negara saat suatu Negara sanggup berprestasi membuat produk yang bermanfaat dan diminati oleh konsumen internasional.

Dari segi tenaga kerja, perdagangan bebas sangat menguntungkan bagi para buruh/pekerja dikarenakan lapangan pekerjaan yang semakin luas sehingga sanggup menurunkan angka pengangguran di Indonesia.

Jelaslah bahwa perdagangan bebas sanggup menguntungkan dari banyak sekali aspek yaitu dari aspek ekonomi, politik, buruh/pekerja. Perdagangan bebas juga menguntungkan pada setiap negara. Suatu negara dengan negara lain sanggup bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan tanpa adanya suatu hambatan.

Hadirin yang sekalian,
Akhir kata, kalau ada piring yang pecah jangan disimpan di dalam peti, kalau ada kata-kata yang salah, jangan disimpan di dalam hati. Burung irian burung cenderawasih, cukup sekian dan terima kasih. Wasalamualaikum Wr.Wb.

Untuk Kelompok yang tidak setuju:

Asalamualaikum Wr.Wb.

Saudara-saudara sekalian,
Untuk mendorong pertumbuhan produksi dalam negeri, perdagangan bebas tidak perlu dilaksanakan. Perdagangan bebas sangat merugikan dari banyak sekali aspek.

Dari segi ekonomi, perdagangan bebas sangat merugikan alasannya ialah sanggup mengancam petumbuhan industri dalam negeri dikarenakan banyak orang lebih menentukan mengimpor barang dari luar negeri dibandingkan membeli barang dalam negeri. Dan ini sanggup menimbulkan para pedagang lokal tidak bisa bersaing dan gulung tikar. Serta, sanggup membuat negara tidak berdikari alasannya ialah terus bergantung kepada negara maju.

Dari segi politik,  antidumping di Indonesia sangat lemah sehingga kinerja impor meningkat dan kinerja ekspor menurun. Indonesia tidak sanggup diperlukan memperoleh untung dari perdagangan bebas. Perdagangan bebas menjadikan membanjirnya barang absurd dalam negeri dan mematikan produksi dalam negeri.

Dari segi tenaga kerja, dengan adanya perdagangan bebas banyak tenga kerja di Indonesia nantinya tidak terserap. Keterampilan buruh Indonesia umumnya masih kalah dari buruh negara maju. Termasuk tenaga kerja profesional menyerupai manajer, dokter, dosen, akan menghadapi persaingan dengan tenaga sejenis dari luar negeri.

Jelaslah bahwa perdagangan bebas sangat merugikan dari banyak sekali aspek yaitu dari aspek ekonomi, politik, buruh/pekerja. Perdagangan bebas mengancam pertumbuhan ekonomi negara tidak biasa berdikari alasannya ialah selalu bergantung kepada negara lain.

Hadirin yang sekalian,
Akhir kata, kalau ada piring yang pecah jangan disimpan di dalam peti, kalau ada kata-kata yang salah, jangan disimpan di dalam hati. Burung irian burung cenderawasih, cukup sekian dan terima kasih. Wasalamualaikum Wr.Wb.
Berpidato Dalam Bentuk Eksposisi Berpidato Dalam Bentuk Eksposisi Reviewed by dannz on 11:28 AM Rating: 5