mengatasi susah tidur dengan teknik pernafasan

Meski tampak ringan, sulit tidur bukanlah hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Jika merasakan gejala ini, secepatnya cari cara untuk mengatasinya karena jika dibiarkan bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Tidak perlu untuk mencari obat tidur karena bisa saja masalahnya sepele.
Tidur mungkin perkara mudah. Untuk sebagian orang tidur hanya butuh tempat. Kapan pun da dimanapun menghendakinya, mereka bisa segera tidur dengan nyenyak dan bangun kembali dengan kondisi tubuh lebih segar.
mengatasi susah tidur di malalm hari
susah tidur
Tetapi ada sebagian orang justru mengalami hal sebaliknya. Mereka sulit tidur hingga terjaga semalaman. Meski memiliki kamar yang nyaman dengan pendingin yang memadai, waktu yang juga luang, tidur tak juga bisa didapat.
“Penggunaan peralatan elektronik seperti, telpon genggam, tablet, komputer, dan lain sebagainya telah merubah kebiasaan tidur seseorang , akibatnya orang - orang zaman sekarang memiliki porsi tidur yang tidak ideal" kata Namni Goel, Phd, ahli psikologi University of Pensylvenia.
Sementara itu, untuk mengatasi masalah kesulitan tidur, kebanyakan orang mengambil langkah medis dan mengkonsumsi pil agar masalah sulit tidur bisa tertasi.
Namun, sebelum anda mengambil langkah medis ataupun mengkonsumsi pil, cobalah anda lakukan teknik pernapasan 4, 7, dan 8 yang diyakini mampu membuat anda tertidur dalam waktu 60 detik.
Dilansir Viral4real, metode ini digambarkan sebagai 'tranquiliser alami untuk sistem saraf' membantu untuk mengurangi ketegangan dalam tubuh. Teknik ini dipelopori oleh Dr Andrew Weill dari Harvard University.
Teknik 4, 7, 8 sangat sederhana. Pertama-tama, Anda harus menghembuskan napas melalui mulut sambil mengeluarkan suara desis. Setelah itu, tutup mulut Anda dan tarik napas secara perlahan melalui hidung hingga hitungan keempat. Sekarang tahan napas hingga tujuh hitungan dan buang napas melalui mulut selama delapan detik dalam satu napas," kata Weill.
Ulangi teknik pernapasan ini hingga tiga kali. Metode ini memungkinkan oksigen mengisi paru-paru sehingga dapat menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot.
"Teknik ini didasarkan pada pranayama, praktik yoga India kuno yang berarti melatih napas," ungkapnya.
Weill mengatakan, selama stres, sistem saraf menjadi lebih terangsang dan menyebabkan ketidakseimbangan yang membuat sulit tidur. Oksigen ekstra yang dihasilkan dari teknis pernapasan inilah yang membuat efek rileksasi pada sistem saraf parasimpatis.
"Saya sarankan berlatih teknik ini dua kali sehari walapun tidak memiliki masalah tidur selama 6-8 minggu. Dan Anda dapat tidur hanya dalam 60 detik," tandasnya.

selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
mengatasi susah tidur dengan teknik pernafasan mengatasi susah tidur dengan teknik pernafasan Reviewed by dannz on 8:58 PM Rating: 5