Teks Eksplanasi Pembuatan Lampu Kemudian Lintas

Kita semua niscaya sudah mengenal lampu kemudian lintas. Kita sering melihat lampu kemudian lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu kemudian lintas terdiri atas tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau. Lampu kemudian lintas ditemukan oleh Garret Augustus Morgan, seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain. Morgan terpanggil untuk membuat sistem lampu kemudian lintas sesudah menyaksikan terjadinya kecelakaan antara kendaraan beroda empat dengan kereta kuda. Hingga dikala ini inovasi Morgan sangat bermanfaat untuk mengatur kemudian lintas di dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan.

Lampu kemudian lintas ditemukan untuk membuat keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain, lampu kemudian lintas masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masing-masing. Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu kemudian lintas tersebut semoga hak orang lain untuk mendapat keamanan dan kenyaman terjamin.

Sebelumnya kita telah berguru perihal manfaat dari inovasi lampu kemudian lintas. Apakah anda masih ingat? Apakah anda tahu cara kerja lampu kemudian lintas? Ayo, kita membuat laporan eksplanasi lampu kemudian lintas sederhana. Berikut ini yaitu pola teks eksplanasi perihal membuat lampu kemudian lintas sederhana.
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Pembuatan lampu kemudian lintas sederhana merupakan salah satu pola penerapan rangkaian listrik paralel. Rangkaian paralel yaitu salah satu model rangkaian listrik yang semua bagian-bagiannya dihubungkan secara berderet. Pada rangkaian listrik paralel semua input komponen berasal dari sumber yang sama.
Deretan PenjelasSusunan paralel dalam rangkaian listrik menghabiskan biaya yang lebih banyak (kabel penghubung yang diharapkan lebih banyak). Namun, susunan paralel mempunyai kelebihan dibandingkan susunan seri. Kelebihan rangkaian paralel yaitu kalau salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya

Alat dan Bahan
Untuk mengetahui cara kerja lampu kemudian lintas sanggup memakai karya lampu kemudian lintas sederhana. Dalam proses pembuatan lampu kemudian lintas sederhana dibutuhkan beberapa alat dan materi yang sanggup kita temukan. Alat-alat yang dipakai dalam membuat lampu kemudian lintas sederhana antara lain sebagai berikut.
  1. Kardus Bekas
  2. 3 buah bola lampu kecil
  3. 3 buah baterai besar
  4. 3 Buahs saklar bel ukuran kecih
  5. 3 buah daerah b sla lampu
  6. Kabel berwarna hitam dan merah
  7. Kantong plastik atau kertas tipis berwarna merah, kuning dan hijau.
  8. Gunting atau cutter untuk membuat lubang.
  9. Solasi atau lakban untuk menempelkan lampu pada kotak kardus. lampu kemudian lintas
 Kita semua niscaya sudah mengenal lampu kemudian lintas Teks Eksplanasi Pembuatan Lampu Lalu Lintas
Cara Membuat:
Proses pembuatan lampu kemudian lintas sederhana sangat gampang dan membutuhkan waktu yang tidak lama. Berikut ini langkah-langkah yang sanggup ditempuh dalam membuat lampu kemudian lintas sederhana.
  1. Potonglah kertas kardus membentuk jaring-jaring balok kemudian kardus dirakit sehingga membentuk balok menyerupai pada gambar. Pada cuilan belakang balok dibiarkan tetap terbuka yang nantinya dipakai untuk memasukan lampu ke dalam kotak kardus.
  2. Setelah kotak kardus siap, buatlah 3 buah bundar pada balok tersebut dan potonglah memakai gunting/cutter di sekeliling garis lingkaran.
  3. Setelah lubang dibentuk potonglah kertas tipis berwarna atau tas kresek berbentuk bundar sebanyak tiga buah dengan warna yang berbeda.
  4. Tempelkan  kertas tipis tersebut pada lobang kotak kardus dengan urutan warna merah, kuning, dan hijau.
  5. Buatlah rangkaian listrik paralel dengan memakai 3 bola lampu dan sambungkan pada saklar. Susunlah rangkaian menyerupai pada gambar di atas. Lampu disusun dengan urutan dari atas ke bawah yaitu merah, kuning, dan hujau. Ujilah rangkaian listrik buatanmu berulang kali semoga benar-benar sanggup berfungsi dengan baik. Apabila masih belum sanggup menyala periksalah kabel atau saklar, mungkin ada yang tidak tersambung dengan baik.
  6. Setelah rangkaian selesai, tempelkan dudukan lampu pada setiap bundar melalui cuilan belakang balok. Agar menempel pada kardus gunakan lakban
  7. Cobalah lampu kemudian lintas yang telah dibentuk dengan cara menyalakan lampu secara bergantian.
    InterpretasiDari percobaan pembuatan lampu kemudian lintas sederhana, sanggup kita lihat bahwa lampu akan menyala apabila rangkaian berada dalam kondisi tertutup (tersambung dengan saklar). Lampu menyala sebab dalam rangkaian terdapat fatwa arus listrik. Dalam rangkaian paralel arus listrik mengalir sehingga lampu sanggup menyala.
    Teks Eksplanasi Pembuatan Lampu Kemudian Lintas Teks Eksplanasi Pembuatan Lampu Kemudian Lintas Reviewed by dannz on 6:26 AM Rating: 5