Peranan Musik Tradisional

Keragaman musik telah tumbuh dan berkembang di wilayah Indonesia, mulai dari jenis musik tradisional sampai musik modern dan kontemporer, dari musik lokal sampai musik mancanegara. Berdasarkan beberapa referensi yang ditemukan musik tradisional merupakan musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada digunakan untuk pengobatan dan ada yang menjadi suatu sarana komunikasi antara insan dengan penciptanya. Hal ini yaitu berdasarkan iktikad masing-masing orang saja. Musik ini pun merupakan perbendaharaan seni lokal masyarakat dan berkembang secara tradisional di kalangan suku-suku tertentu.

1. Peranan Musik Tradisional Indonesia
Perkembangan musik tradisional yang cenderung mengarah kepada penyesuaian keperluan apresiasi masyarakat masa sekarang yang dinamis dan sikap yang serba cepat, maka pertimbangan pengembangan musik tradisional mengarah pula kepada penempatan dinamika musikal sebagai dasar disain dramatik penggarapan itu sendiri. Menggarap konsep pengembangan musik tradisional yang diadaptasi dengan keperluan seni pergelaran. 

Adanya pengembangan berarti dinamika sebuah garapan musik yang berdasarkan kepada pengembangan musik tradisional telah membuka peluang terhadap beberapa jenis musik trasdisional yang mempunyai pola melodi ataupun ritme dinamis yang menerima tempat mengisi bagian-bagian dalam komposisi musik baru. Istilah musik tradisional ini sudah tidak abnormal lagi bagi masyarakat dunia, ibarat negara-negara di Eropa musik tradisinya ialah musik klasik, musik jazz, musik blues, musik country, musik ska, dan musik reggae. Musik tradisional nusantara mempunyai beberapa peranan dalam kehidupan di antaranya sebagai:
  1. Sebagai lambang pujian bagi daerah yang bersangkutan, musik tradisional mencerminkan kekayaan budaya dengan abjad dan ciri khas yang berbeda dengan  lainnya. 
  2. Sebagai sarana verbal diri alasannya yaitu melalui musik tradisional kita sanggup mengakrualisasikan potensi diri, mengungkapkan perassaan, pikiran, gagasan, cita-cita. Pengungkapan perasaan melalui musik juga sanggup menjadi salah satu terapi kesehatan yang disebut katarsis.
  3. Sebagai sarana upacara budaya (ritual) contohnya pada upacara kematian, kelahiran, pernikahan, serta upacara keagamaan, di beberapa daerah bunyi – bunyian yang dihasilkan oleh instrument musik tertentu diyakini mempunyai kekuatan magis. 
  4. Sebagai sarana hiburan musik berfungsi sebagai cara untuk menghilangkan kejenuhan akhir rutinitas sehari – hari sekaligus sebagai sarana rekreasi dan pertemuan dengan warga masyarakat lainya.
 Keragaman musik telah tumbuh dan berkembang di wilayah Indonesia Peranan Musik Tradisional
2. Peranan Musik tradisional Mancanegara
Musik tradisional mancanegara yaitu musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi, budaya masyarakat setempat dalam suatu negara. Sebuah musik tradisional mancanegara menggambarkan kebudayaan yang dianut. Musik tradisional mancanegara umumnya berperan dalam program keagamaan, program pesta panen, atau program perhelatan perkawinan. Beberapa negara di dunia mempunyai musik tradisional dengan jenis dan macamnya yang beraneka ragam dan berbeda:
  • Perancis, permainan musik accordion berfungsi sebagai pengiring dansa.
  • Irlandia dan Eropa Timur, masyarakat tradisional dengan bersemangat memainkan alat musik biola sebagai hiburan dan program pesta.
  • Scotlandia dengan alat musik bagpipe (pipa berkantung) digunakan untuk bersenandung dan sebagai kelompok musik militer Scotlandia dengan kelengkapan genderang.
  • Afrika Selatan dikenal alat musik terompet tradisional yang menghasilkan bunyi yang cukup keras yang berfungsi untuk memperlihatkan semangat.
  • Musik Tradisional Australia pada musik Aborigin. Musik ini merupakan bab integral dari perayaan sosial, budaya dan upacara adat. Musik Musik Australia dihasilkan oleh masyarakat pribumi (Masyarakat Aborigin). Musik ini ditandai dengan adanya alat musik didgeridoo.
  • Penduduk pegunungan Alpen, khususnya di wilayah Frankenhofen, Jerman, ternyata mempunyai alat musik tradisional berupa terompet panjang. Biasanya digunakan untuk alat komunikasi atau alat pemberi peringatan.
  • Native American flute dengan musik yang dimainkan tanpa iringan dalam penyembuhan, meditasi, dan ritual rohani.
  • Musik Melayu merupakan jenis musik yang lahir dan berkembang di daerah daerah rumpun melayu yang mencakup Negara Malaysia, Singapura, Philipina, Brunei Darusalam dan di Indonesia. Musik melayu mempunyai peranan sebagai sarana hiburan dengan membawa sentuhan berdendang dan joget melayu.
  • Musik Timur Tengah / Padang Pasir merupakan jenis musik yang berkembang di daerah Timur Tengah yaitu di Negara Arab dan sekitarnya, Kuwait, Mesir, Irak dan lain-lain. Musik yang paling menonjol yaitu Qasidah lagu bernafaskan Islam. Syair lagu qasidah meceritakan keagungan Allah. 
Berdasarkan beberapa rujukan musik tradisional ibarat disebutkan di atas ternyata musik tradisional mancanegara sangat beragam. Musik tradisional mancanegara mempunyai beberapa peranan dalam kehidupan di antaranya sebagai:
  1. Media hiburan bagi para pendengarnya
  2. Media pendidikan dan pembelajarn seni
  3. Media isu budaya serta komunikasi
  4. Media pengiring upacara keagamaan, upacara militer
  5. Media motivator atau memperlihatkan semangat dan lain-lain.

Sebagai kekayaan kebudayaan bangsa musik tradisional nusantara haraus tetap dijaga kelestraianya. Untuk menjaga kelestarian musik tradisional sanggup silakukan dengan beberapa cara sebagai berikut. Pertama, mengadakan pergelaran musik tradisional di lingkungan sekitar kita. Kedua, bagi para generasi muda perlu ditumbuhkan semangat berguru memainkan alat musik tradisional.
Peranan Musik Tradisional Peranan Musik Tradisional Reviewed by dannz on 3:36 PM Rating: 5