Teori Penyimpangan Sosial

Perilaku menyimpang ternyata sangat bermacam-macam dan sanggup dijumpai di seluruh lapisan masyarakat. Tidak terkecuali di sekolah, walaupun pihak sekolah telah mengambil akad mengenai tata tertib sekolah. Perilaku menyimpang menerima  perhatian dari banyak andal ilmu sosial. Mereka berhasil merumuskan hasil kajiannya menjadi teori-teori penyimpangan sosial sebagai berikut. Beberapa teori wacana penyimpangan sosial itu ialah teori biologis, teori pertolongan cap, teori sosialisasi, teori transmisi budaya, teori anomi, teori konflik budaya, dan teori konflik kelas sosial.

1. Teori Biologis
Teori ini menjelaskan bagaimana korelasi antara sikap menyimpang dengan keadaan biologis, contohnya tipe badan tertentu seperi endomorph, ectomorph, dan mesomorph. Menurut teori secara umum, badan insan dibedakan menjadi tiga tipe: endomorph (bundar, halus, gemuk), mesomorph (berotot, atletis), dan ectomorph (tipis, kurus). Setiap tipe mempunyai kecenderungan sifat-sifat kepribadian dan sikap tertentu.

Penemuan andal dari teori ini menyebutkan bahwa para pecandu minuman keras dan penjahat umumnya mempunyai tipe badan mesomorph. Bahkan hasil terbaru para andal teori ini menemukan adanya kecenderungan sikap menyimpang berkaitan dengan struktur kromosom- Y ganda yang dimiliki seseorang. Pria yang mempunyai kromosom-Y ganda cenderung melaksanakan tindak kejahatan dan menyimpang dari norma masyarakat. Namun, dalam perkembangan terakhir teori ini banyak ditentang oleh andal lain.

Ada beberapa ilmuwan yang melaksanakan banyak sekali study mengenai tipe badan orang tertentu yang cenderung melaksanakan tindakan menyimpang.
  1. Shelgon mengidentifikasikan tipe badan menjadi tiga tipe dasar : endomorph (bundar, halus, gemuk), mesomorph (berotot, atletis), ectonorph (tipis, kurus). Misalnya muka pecandu alcohol dan penjahat umumnya mempunyai tipe badan mesomorph.
  2. Cesare Lombroso beropini bahwa orang jahat dicirikan dengan ukuran rahang dan tulang-tulang pipi panjang, kalinan pada mata yang khas, tangan-tangan, jari-jari kaki serta tangan relative besar dan susunan gigi yang abnormal.

2. Teori Pemberian Cap (Labeling)
Labeling ialah sebuah definisi yang saat diberikan pada seseorang akan menjadi identitas diri orang tersebut, dan menjelaskan orang dengan tipe bagaimanakah dia. Dengan memperlihatkan label pada diri seseorang, kita cenderung melihat beliau secara keseluruhan kepribadiannya, dan bukan pada perilakunya satu per satu. Labelling sanggup juga disebut sebagai penjulukan/ pertolongan cap.

Teori ini dipelopori oleh Edwin M. Lemert. Teori ini beropini bahwa penyimpangan lahir lantaran adanya batasan (definisi) atas suatu perbuatan yang disebut perbuatan menyimpang. Artinya suatu perbuatan disebut menyimpang lantaran dinilai sebagai menyimpang. Jadi, ada proses pertolongan cap terhadap suatu perbuatan apakah menyimpang atau tidak.

Umumnya orang yang dicap sebagai penyimpang akan diberhentikan dari pekerjaannya, dikucilkan dari kelompok, diasingkan oleh orang-orang lain, bahkan dipenjara dalam waktu yang lama. Sehingga imbas yang ditimbulkan dari pertolongan cap menyimpang pada perbuatan seseorang, cenderung mendorong orang tersebut untuk melaksanakan penyimpangan yang lebih besar.
Perilaku menyimpang ternyata sangat bermacam-macam dan sanggup dijumpai di seluruh lapisan masyarak Teori Penyimpangan Sosial
Penerapan dari pemikiran ini akan kurang lebih ibarat berikut “anak yang diberi label bandel, dan diperlakukan ibarat anak bandel, akan menjadi bandel”. Atau “anak yang diberi label bodoh, dan diperlakukan ibarat anak bodoh, akan menjadi bodoh”. Bisa juga ibarat ini “Anak yang diberi label pintar, dan diperlakukan ibarat anak pintar, akan menjadi pintar”.

3. Teori Sosialisasi
Inti dari teori ini ialah bahwa sikap menyimapng timbul akhir adanya gangguan terhadap proses penghayatan atau sosialisasi nilai-nilai dan norma-norma masyarakat. Teori ini dibagi menjadi 3 cabang pemikiran :
  • Teori transmisi budaya yaitu sikap menyimpang akan muncul jikalau seseorang melaksanakan penghayatan akan nilai-nilai atau sikap menyimpang dan orang yang dianggap cocok.
  • Kebudayaan khusus yang menyimpang. Perilaku menyimpang yang dilakukan berulang-ulang, kesudahannya akan menjadi kebiasaan dan menjadi hal yang masuk akal dan akan menjadi suatu kebudayaan bagi masyarakat yang bersangkutan.
  • Asosiasi diferensial : sikap menyimpang sanggup ditemukan dimana saja,, seseorang berperilaku menyimpang bilamana pola-pola perbuatan menyimpang lebih masuk akal lebih dihargai dalam lingkungan sosialnya.

4. Teori Transmisi Budaya
Teori transmisi budaya merupakan perkembangan lebih jauh dari teori sosialisasi. Misalnya yang dikemukakan Shaw dan Mc Kay (Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, 1996) bahwa di kampung-kampung yang acak-acakan dan tidak terorganisasi secara baik, sikap jahat merupakan hal yang normal.

Kebudayaan menyimpang masyarakat secara perlahan ditransmisikan kepada warganya menjadi kepingan dari kepribadian warga tersebut. Wilayah yang mayoritas warganya berperilaku menyimpang atau jahat oleh Shaw dan Mc Kay disebut wilayah kejahatan (delinguency area).

Sedangkan berdasarkan teori asosiasi diferensial (Edwin H. Sutherland.), sikap kriminal sanggup ditemukan pada semua kawasan dan pada semua tingkat kelas sosial, bukan hanya di kawasan perkampungan kumuh.

Menurut Sutherland (Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, 1996), seseorang melaksanakan tindak kriminal jikalau kadar kebaikan tindakan itu melebihi kadar keburukannya. Seseorang menjadi penyimpang bilamana pola-pola sikap menyimpang lebih lazim atau lebih masuk akal dihargai dalam lingkungan sosial tempat di mana orang tersebut tinggal.

5. Teori Anomi
Emile Durkheim,sosiolog dari prancis, memperkenalkan pada anomi (anomie) dalam karyanya yang populer The tahun 1893.  Anomi ialah suatu keadaan masyarakat di mana tidak ada norma yang dipatuhi secara teguh dan diterima secara luas. Masyarakat anomis ialah masyarakat yang tidak mempunyai norma pemikiran mantap yang sanggup dianut dan dipedomani oleh warganya. Individu anomis ialah individu yang tidak mempunyai pemikiran nilai yang terang dalam bertindak.

Menurut Robert K. Merton (dalam Kamanto Sunarto, 2000), anomi lebih disebabkan oleh adanya ketidakharmonisan antara tujuan budaya dengan cara-cara formal untuk mencapai tujuan tersebut. Robert K. Merton menjelaskan bahwa sikap menyimpang merupakan bentuk penyesuaian terhadap situasi tertentu. Robert K. Merton mengidentifikasi lima tipe cara adaptasi, yang empat di antaranya termasuk sikap menyimpang, sebagai berikut.
  1. Conformity atau konformitas, yaitu sikap mengikuti tujuan dan cara yang ditentukan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Innovation atau inovasi, yaitu sikap mengikuti tujuan yang ditentukan masyarakat tetapi menolak norma atau kaidah yang berlaku.
  3. Ritualism atau ritualisme, yaitu sikap seseorang yang telah meninggalkan tujuan budaya, namun masih tetap berpegang pada cara-cara yang digariskan masyarakat.
  4. Retreatism atau pengasingan diri, yaitu menolak tujuan-tujuan yang disetujui maupun cara pencapaian tujuan itu.
  5. Rebellion atau pemberontakan, yaitu penarikan diri dari tujuan dan cara-cara konvensional yang disertai dengan upaya untuk melembagakan tujuan dan cara yang baru.

6. Teori Konflik
Teori konflik, mencakup dua hal, yaitu konlik budaya dan konflik sosial. Konflik budaya terjadi pada masyarakat dengan ciri pluralitas (kemajemukan).

a. Teori Konflik Budaya
Teori konflik budaya terjadi apabila jikalau dalam suatu masyarakat terdapat kebudayaan yang berbeda, maka akan memungkinkan timbulnya kontradiksi budaya, dimana norma budaya yang secara umum dikuasai dijadikan aturan yang tidak tertulis, sedangkan minoritas dianggap menyimpang

Kaum migran yang mempunyai referensi kebudayaan berbeda dengan kebudayaan secara umum dikuasai masyarakat asli
dianggap sebagai penyimpang. Begitu pula kaum minoritas yang hidup dalam dominasi masyarakat mayoritas, akan mempunyai referensi kebudayaan yang berbeda. Bila terjadi konflik antarkebudayaan khusus atau antara kebudayaan marginal dengan kebudayaan dominan, biasanya kebudayaan yang paling berpengaruh atau banyak pendukung ialah yang menjadi ukuran atau pedoman. Sehingga kebudayaan lain yang menyimpang dari kebudayaan secara umum dikuasai dianggap menyimpang.

b. Teori Konflik Kelas Sosial
Teori konfliks kelas sosial para penganut teori konflik kelas sosial menganggap bahwa sikap menyimpang timbul akhir perbedaan kelas sosial dalam masyarakat.

Penganut teori ini tidak mengaitkan penyimpangan dengan perbedaan norma di antara kelas sosial yang berlainan, tetapi mengaitkannya dengan perbedaan kepentingan masing-masing. Misalnya yang dikemukakan Karl Marx (Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, 1996) bahwa masyarakat kapitalis membuat peraturan aturan dan lembaga-lembaga yang melindungi kepentingan kelas sosial yang berharta dan mengecap mereka yang menentang hak-hak istimewa kelas sosial itu sebagai penjahat (kriminal).

Perilaku menyimpang ialah tindakan yang menyimpang dari norma-norma dan aturan dalam masyarakat Untuk itu kita harus berpikir sebelum bertindak semoga tindakan yang kita lakukan tidak merugikan diri kita sendiri dan orang lain serta kita harus menghindari sikap menyimpang tersebut.
Teori Penyimpangan Sosial Teori Penyimpangan Sosial Reviewed by dannz on 2:44 AM Rating: 5