Dalam Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pada Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP). Salah satu perbedaanya ialah hasil evaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi. Laporan hasil evaluasi oleh pendidik berbentuk: 1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu. 2) deskripsi sikap, untuk hasil evaluasi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
Deskripsi pencapaian kompetensi penerima didik diberikan untuk masing-masing kompetensi. Penilaian hasil berguru penerima didik meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga sanggup dipakai untuk memilih posisi relatif setiap penerima didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Cakupan evaluasi merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/kompetensi program, dan proses.
Berikut ini beberapa teladan deskripsi pencapaian kompetensi penerima didik untuk aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan untuk siswa Sekolah Dasar.
A. Sikap Spiritual
B. Sikap Sosial
C. Pengetahuan (Pendidiksn Kewarganegaraan)
D. Keterampilan (Agama dan Budi Pekerti)
Deskripsi pencapaian kompetensi penerima didik diberikan untuk masing-masing kompetensi. Penilaian hasil berguru penerima didik meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga sanggup dipakai untuk memilih posisi relatif setiap penerima didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Cakupan evaluasi merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/kompetensi program, dan proses.
Berikut ini beberapa teladan deskripsi pencapaian kompetensi penerima didik untuk aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan untuk siswa Sekolah Dasar.
A. Sikap Spiritual
No | Nilai | Deskripsi |
---|---|---|
1 | SB | Sangat baik dalam ketaatan beribadah. Sangat baik dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Sangat baik dalam berdoa sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah |
2 | B | Perlu menerima bimbingan dalam ketaatan beribadah. Cukup baik dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Sudah baik dalam berdoa sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah |
3 | C | Perlu menerima bimbingan dalam ketaatan beribadah. Perlu menerima bimbingan dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Perlu menerima bimbingan dalam berdoa sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah |
4 | K | Perlu menerima bimbingan dalam ketaatan beribadah. Perlu menerima bimbingan dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Perlu menerima bimbingan dalam berdoa sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan. Perlu menerima bimbingan dalam toleransi dalam beribadah |
B. Sikap Sosial
No | Nilai | Deskripsi |
---|---|---|
1 | SB | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin tahu, santun, percaya diri. Menunjukkan sikap baik dalam Jujur, baik dalam Disiplin, baik dalam Tanggung jawab, sangat baik dalam Peduli, baik dalam Rasa ingin tahu, sangat baik dalam Santun, baik dalam Percaya Diri |
2 | B | Menunjukkan sikap, disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin tahu, santun, percaya diri. Perlu bimbingan dalam Jujur, baik dalam Disiplin, baik dalam Tanggung jawab, sangat baik dalam Peduli, baik dalam Rasa ingin tahu, sangat baik dalam Santun, baik dalam Percaya Diri |
3 | C | Menunjukkan sikap jujur, tanggungjawab, percaya diri. Perlu bimbingan dalam Jujur, perlu bimbingan dalam Disiplin, baik dalam Tanggung jawab, perlu bimbingan dalam Peduli, perlu bimbingan dalam Rasa ingin tahu, perlu bimbingan dalam Santun, perlu bimbingan dalam Percaya Diri |
4 | K | Perlu bimbingan dalam Jujur, perlu bimbingan dalam Disiplin, perlu bimbingan dalam Tanggung jawab, perlu bimbingan dalam Peduli, perlu bimbingan dalam Rasa ingin tahu, perlu bimbingan dalam Santun, perlu bimbingan dalam Percaya Diri |
C. Pengetahuan (Pendidiksn Kewarganegaraan)
No | Nilai | Deskripsi |
---|---|---|
1 | A | Sangat berilmu dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, sangat berilmu dalam KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
2 | A- | Pandai dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, sangat berilmu dalam KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
3 | B+ | Sangat berilmu dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
4 | B | Perlu menerima bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
5 | B- | Perlu menerima bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
6 | C+ | Perlu menerima bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
7 | C | Perlu menerima bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
8 | C- | Perlu menerima bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
9 | D+ | Perlu menerima bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
10 | D | Perlu menerima bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu menerima bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
D. Keterampilan (Agama dan Budi Pekerti)
No | Nilai | Deskripsi |
---|---|---|
1 | A | Sangat andal melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sangat andal melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat andal melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat andal mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat andal mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
2 | A- | Sangat andal melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sangat andal melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat andal melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat andal mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat andal mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
3 | B+ | Masih perlu banyak berlatih melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sudah trampil melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat andal melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat andal mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
4 | B | Perlu menerima bimbingan KD mengetahui karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu menerima bimbingan KD mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq. Perlu menerima bimbingan KD mengenal hadits yang terkait dengan tawaran menuntut ilmu dan sikap hidup higienis dan sehat, perlu menerima bimbingan KD mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr, perlu menerima bimbingan KD mengenal doa sebelum dan setelah wudhu, perlu menerima bimbingan KD mengenal makna doa sebelum dan setelah makan |
5 | B- | Perlu menerima bimbingan melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu menerima bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu menerima bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
6 | C+ | Sudah trampil melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, masih perlu banyak berlatih melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, masih perlu banyak berlatih melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
7 | C | Perlu menerima bimbingan melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, masih perlu banyak berlatih melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, masih perlu banyak berlatih melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
8 | C- | Perlu menerima bimbingan melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu menerima bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu menerima bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
9 | D+ | Perlu menerima bimbingan melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu menerima bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu menerima bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar. |
10. | D | Perlu menerima bimbingan melafalkan karakter hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu menerima bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu menerima bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mengatakan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu menerima bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
Deskripsi Nilai Pencapaian Kompetensi
Reviewed by dannz
on
1:02 AM
Rating: