Menentukan Bilangan Yang Belum Diketahui

Salah satu kompetensi dasar matematika dalam tema dua, subtema 1: macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan kelas lima sekolah dasar yaitu memilih bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka. Pada sub tema tersebut kita akan berguru mengenai persamaan matematika. Persamaan matematika sanggup dipakai untuk menuntaskan problem sehari-hari yang bekerjasama dengan pengerjaan hitung bilangan. Apa yang dimaksud dengan persamaan matematika ?

Persamaan yaitu suatu pernyataan matematis dalam bentuk simbol yang menyatakan bahwa dua hal yaitu kesamaan. Persamaan ditulis dengan tanda sama dengan, menyerupai berikut 2 + 3 = 5. Biasanya dalam persamaan salah satu angka belum diketahui. Untuk mencari angka yang tidak diketahui, kita sanggup menuliskan semua bilangan yang diketahui dalam model matematika atau persamaan. Angka yang tidak diketahui sanggup dikosongkan terlebih dahulu. Perhatikan pola permasalahan menyerupai di bawah ini.
Salah satu kompetensi dasar matematika dalam tema dua Menentukan Bilangan yang Belum Diketahui
“Aku pernah baca di sebuah artikel, harga air per drum berisi seribu liter air bersih, sanggup mencapai Rp37.000,00 sampai Rp85.000,00 di Jakarta!”. “Mahal sekali! Coba kita hitung! Jika admin punya uang Rp50.000,00, berapa kembalian yang akan admin terima sesudah membeli satu drum air higienis seharga Rp 37.000,00?” tanya Beni.

Jawaban atas pertanyaan di atas dengan menciptakan persamaan sebagai berikut:
50.000 = 37.000 + ______
50.000 – 37.000 = 13.000
Makara kembalian yang akan diterima Beni sebesar Rp 13.000,00.

Dengan memperhatikan pola di atas soal-soal di bawah ini juga sanggup dikerjakan. Tuliskan jawabanmu dalam bentuk persamaan matematika.

1. Aku yaitu sebuah bilangan genap. Jika saya ditambahkan dengan 25 risikonya menjadi 49. Bilangan berapakah aku?_________
49 = ....+ 25, sehingga 49 - 25 = 24.

2. Aku yaitu sebuah bilangan yang terdiri atas puluhan dan satuan. Aku yaitu bilangan ganjil. Jika bilangan 689 dikurangi aku, risikonya menjadi 700. Bilangan berapakah aku? _________
700 = 689 - ....., sehingga 700 + (-11) = 689.

3. Jika saya ditambahkan dengan bilangan 1.020 akan menghasilkan bilangan 2.000. Bilangan berapakah aku? _________
2.000 = ....,+ 1.020 sehingga 2.000 - 980 = 1.020.

4. 4 x ... = 16 x 1, sehingga.....= 16 x 1: 4 = 8 : 4 = 2
22
5. 2 x .....= 36 : 3, sehingga ....= 36 : 3 : 2 = 12 : 2 = 6.

Soal Latihan :
“Hei, kalian lihat antrean itu? Aku melihat ada sekitar lima siswa sedang antre di sana. Aku jadi ingin tahu, berapa kira-kira jumlah air minum bagi lima siswa tersebut jikalau Pak Marto memiliki 10 botol air minum yang pada setiap botolnya berisi 2 liter air?” tanya Beni.

Soal tersebut sanggup dituliskan sebagai berikut:
10 x 2 = 5 × .... , 20 = 5 × ...., 20 = 5 × 4
Dengan memakai pola di atas, selesaikanlah soal berikut ini:
1. 24 = 0,8 × …,, ....= 24 : 0,8 = 30
2. 6,5 × 7,2 = …, ....= 6,5 x 7,2 = 46,8
3. 0,25 × …… = 65,.....= 65 : 0,25 = 260
4. 2,5 × …… = 49, ....= 49 : 2,5 = 19,6
6. Beni diminta oleh ayahnya untuk menghitung jumlah dingklik yang diharapkan dalam program hajatan di rumahnya. Saat itu terdapat 16 meja yang disediakan untuk para tamu. Jika tamu yang diundang berjumlah 112 orang, berapakah jumlah dingklik di setiap meja?
16 x ....= 112, ....=112 : 16 = 7
Menentukan Bilangan Yang Belum Diketahui Menentukan Bilangan Yang Belum Diketahui Reviewed by dannz on 1:02 AM Rating: 5