Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional Dan Modern

Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil sebagai materi utama. Tekstil ialah materi yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai materi untuk pembuatan busana dan banyak sekali produk kerajinan lainnya. Dari pengertian tekstil tersebut maka sanggup disimpulkan bahwa bahan/produk tekstil mencakup produk serat, benang, kain, pakaian dan banyak sekali jenis benda yang terbuat dari serat. Pada umumnya materi tekstil dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Berdasarkan jenis produk/bentuknya sanggup dikelompokkan menjadi serat staple, serat filamen, benang, kain, produk jadi. Berdasarkan jenis bahannya: serat alam, serat sintetis, serat campuran. Berdasarkan jenis warna/motifnya: putih, berwarna, bermotif/bergambar dan berdasarkan jenis kontruksinya: tenun, rajut, renda, kempa. benang tunggal, benang gintir.

Kerajinan tekstil di Indonesia dibagi menjadi dua yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional. Kerajinan tekstil modern merupakan karya tekstil yang dibentuk dengan memakai alat bantu modern. Salah satu teladan kerajinan tekstil modern ialah pakaian yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari menyerupai topi, baju, aneka aksesoris. Selain itu ada juga dipakai sebagai pelangkap interior menyerupai kain sprei, sarung bantal, keset, lap dan lain-lain.

Kerajinan tekstil tradisional merupakan kerajinan tekstil yang dibentuk dengan memakai peralatan sederhana dan memakai materi yang berasal dari alam. Contoh kerajinan tekstil sederhana ialah kain tenun, kain sarung, batik tulis dan aneka produk khas dari kawasan di Indonesia.

Ragam Hias Tekstil
Ragam hias ialah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni.Ragam hias Nusantara sanggup ditemukan pada motif batik, tenunan, anyaman, tembikar, tabrakan kayu, dan pahatan batu. Ragam hias ini muncul dalam bentuk-bentuk dasar yang sama namun dengan variasi yang khas untuk setiap daerah. Dalam karya kerajinan atau seni Nusantara tradisional, sering kali terdapat makna spiritual yang dituangkan dalam stilisasi ragam hias.

Terdapat ragam hias orisinil Nusantara, yang biasanya merupakan stilisasi dari bentuk alam atau makhluk hidup (termasuk manusia), dan ada pula ragam hias pembiasaan efek budaya luar, menyerupai dari Tiongkok, India, Persia,

Pada kerajinan tekstil, estetika atau keindahannya dimunculkan oleh bentuk kerajinan, tekstur material, warna serta yang paling menonjol ialah ragam hiasnya. Ragam hias dan warna pada tekstil tradisional umumnya mempunyai simbol dan makna tertentu, sedangkan pada tekstil modern ragam hias
cenderung berfungsi sebagai nilai tambah estetika atau keindahan.
  1. Ragam Hias Murni, ialah ragam hias yang hanya berfungsi untuk  memberi nilai tambah estetika pada benda tersebut dan tidak bekerjasama dengan nilai fungsi benda tersebut. Salah satu teladan ragam hias murni ialah  ragam hias pada pakaian (bordir dan batik), 
  2. Ragam Hias Simbolis, ialah ragam hias yang selain berfungsi memperindah juga mempunyai makna tertentu yang bersumber dari sopan santun istiadat, agama maupun sistem sosial, yang harus ditaati norma-normanya untuk menghindari salah pengertian bagi pengguna ragam hias tersebut. Contoh ragam hias ini di antaranya kaligra , ragam hias pohon hayat, ragam hias burung phoenix, ragam hias swastika, dan sebagainya. Misalnya  Simbol dari pedang Dzul Fiqar, yang diabadikan dalam bentuk motif batik periode awal masuknya budaya Islam Arab di bumi Nusantara

Secara garis besar, ragam hias pada masyarakat yang hidup di pesisir pantai banyak memakai bentuk-bentuk hewan laut, maupun bentuk alam menyerupai awan, bintang, bulan dan matahari. Masyarakat yang tinggal di tepi hutan dan pegunungan banyak memakai ragam hias dari bentuk tumbuh-tumbuhan, buah, burung, dan serangga yang sering mereka jumpai di lingkungannya. Namun, tidak tertutup kemungkinan sumber pandangan gres ragam hias bercampur di suatu wilayah.

Adapun bentuk-bentuk ragam hias yang dibentuk dengan mengambil pandangan gres dari lingkungan alam sekitar biasanya yang memperlihatkan manfaat dan mempunyai kegunaan bagi kehidupan suatu suku bangsa. Akibatnya, bentuk motif suatu kawasan mempunyai kandungan makna loso kehidupan suku bangsa tersebut.

Ragam hias di Indonesia, berdasarkan pada pola dan bentuk visualnya, dibagi dalam penjabaran ragam hias gometris, ragam hias tumbuh-tumbuhan, ragam hias makhluk hidup, dan ragam hias dekoratif menyerupai dijelaskan di bawah ini.
No.Ragam HiasContoh
1.Ragam Hias Geometris ialah ragam hias yang mengulang suatu bentuk baku tertentu dengan ukuran tertentu dalam komposisi yang seimbang pada seluruh sisinya. Motif geometris antara lain; Motif Kawung, motif Tumpal, Motif Lereng, Motif Pilin, Motif Swastika, dan Motif   Ceplokan. 
 Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern
2.Ragam Hias Tumbuh-tumbuhan ialah ragam hias yang mengambil pandangan gres dari tumbuh-tumbuhan pada wilayah tertentu untuk dimodi kasi menjadi ragam hias yang mencerminkan ciri khas wilayah tersebut.
 Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern
3.Ragam Hias Mahluk Hidup ialah ragam hias yang mengambil pandangan gres dari mahluk hidup di darat, laut, dan udara pada wilayah tertentu dan dimodi kasi menjadi ragam hias khas wilayah tersebut. Ragam hias ini biasanya dimasukkan dalam kelompok ragam hias untuk menggambarkan dunia tengah. Contoh Motif Batik Semen Romo, terdiri dari Elemen Dunia Bawah, Tengah, dan Atas.
 Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern
4.Ragam Hias Dekoratif ialah ragam hias yang bersifat arti sial dan biasanya merupakan penggabungan dari beberapa pandangan gres ragam hias pada kelompok yang ada sebelumnya yang dimodi kasi sehingga menjadi sebuah bentuk ragam hias yang gres dan mempunyai nilai estetika tersendiri.
 Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Pola Ragam Hias :
Bentuk ragam hias umumnya mempunyai pola atau susunan yang diulang-ulang. Pada bentuk ragam hias yang lain, pola yang ditampilkan sanggup berupa pola ragam hias yang teratur, terukur, dan mempunyai keseimbangan. Desain ragam hias yang terdapat di wilayah Indonesia ini beberapa di antaranya sudah merupakan pola baku ragam hias wilayah tertentu. Desain ragam hias sanggup dikelompokkan dalam jenis pola sebagai berikut.
No.Pola Ragam HiasContoh
1.Jenis pola tunggal (pattern), yaitu bentuk pola yang disusun dengan ukuran yang bangun sendiri tanpa diberi bentuk yang lain.
 Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern
2.Jenis pola ulang himpunan (assemblage), yaitu bentuk pola yang tiap bab merupakan suatu kelompok dan kumpulan dari beberapa bentuk atau unsur yang masih bersifat satu kesatuan.
 Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern
3.Jenis pola ulang menyeluruh, yaitu ragam hias dengan kombinasi-kombinasi ulangan disertai dengan membubuhkan bentuk lain yang tidak tercakup dalam kelompok tanpa merusak bentuk pokok dari ragam hias tersebut.
 Kerajinan tekstil ialah karya seni atau kerajinan yang dibentuk dengan memakai tekstil Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern

Pola pada ragam hias biasanya terdiri atas ragam hias pokok, ragam hias pendukung, dan ragam hias isian atau pelengkap. Proses penataan ragam hias secara garis besar sanggup dikelompokkan dalam proses sebagai berikut.
  1. Proses pengulangan sejajar, baik secara vertikal maupun horizontal, disusun dalam posisi yang sama, jarak dan ukuran yang sama. Proses tersebut sangat gampang dijumpai dalam ragam hias geometris sebagai desain tepi maupun dalam susunan diagonal dan sudut.
  2. Proses pengulangan berpotongan, yaitu pada proses pembuatan motif saling bertumpangan dan berpotongan terhadap bidang gambar.

Ragam hias pada tekstil tradisional pada umumnya memakai proses pengulangan yang disusun simetris. Pada tekstil modern, proses pengulangan ragam hias, baik yang sejajar maupun yang berpotongan, selain disusun secara simetris sering pula dipakai secara asimetris, bahkan bersifat acak. Ragam hias tekstil mempunyai manfaat untuk memperindah tampilan tekstil, menciptakan tekstil bernilai jual tinggi, lebih diminati banyak orang.

Ragam hias merupakan visual yang bersahabat dengan keseharian masyarakat yang mempunyai latar belakang  budaya yang kuat, sehingga sanggup dengan gampang diterima sebagai identitas diri, mempunyai rasa menjadi  bagian dalam sebuah kekerabatan. Ragam hias juga bersifat ilustratif, sanggup berperan sebagai pintu gerbang bagi masyarakat untuk mengenal kembali latar belakang budaya yang melingkupinya yang merupakan sumber dari eksplorasi ragam hias tersebut.
Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional Dan Modern Ragam Hias Kerajinan Tekstil Tradisional Dan Modern Reviewed by dannz on 3:02 PM Rating: 5