Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan batok. Batok biasanya banyak terdapat pada tempat pesisir pantai yang banyak ditumbuhi pohon nyiur atau pohon kelapa. Indonesia negara maritim yang dikelilingi oleh lautan. Tentunya setiap tempat niscaya mempunyai pohon kelapa. Bagi sebagian orang, tempurung kelapa mungkin tidak berguna. Padahal bekerjsama tempurung kelapa sangat berkhasiat untuk dijadikan kerajinan. Dengan bermodalkan keterampilan dan ketekunan limbah tempurung yang dimodifikasi menyebabkan produk ini bernilai seni dan semakin banyak diminati.

Sulawesi Utara merupakan tempat yang dijuluki ‘negeri nyiur melambai’ sebab banyak ditumbuhi pohon kelapa. Maka tak heran bila Sulawesi Utara merupakan tempat penghasil pangan tradisional klapertart ialah makanan serupa puding dengan kandungan kelapa muda yang mendominasi dan sungguh enak rasanya. Selain itu Sulawesi Utara juga dikenal dengan produsen kerajinan dari tempurung kelapa. Namun kini tidak hanya propinsi Sulawesi Utara yang memproduksi kerajinan dari tempurung kelapa, melainkan juga tempat Yogya, Bali, Lombok, dan tempat lainnya.

Buah kelapa yang telah diambil daging buahnya, akan berupa sampah yang dinamakan tempurung atau batok. Dan biasanya hanya dipakai sebagai kayu bakar, terutama tempurung atau batoknya. Namun batok kelapa tersebut akan berubah bentuk dan fungsi saat barang tersebut sudah berada di tangan para seniman yang kreatif.

Bahan baku yang murah dan gampang didapat merupakan laba tersendiri bagi para pengrajin tempurung kelapa. Setelah diolah menjadi banyak sekali produk kerajinan, maka produk ini dipasarkan, dan sejauh ini para pengrajin tidak menemui hambatan dalam pemasarannya. Karena kerajinan tempurung kelapa sangat menarik dan juga banyak peminatnya.

Pengolahan tempurung kelapa memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun selain alat tradisional yang dipakai untuk mengeruk serpihan luar tempurung juga ada alat mesin yang memakai teknologi sempurna guna untuk menghaluskan permukaan tempurung kelapa. Misalnya saja untuk menciptakan lubang pada tempurung kelapa dibutuhkan bor mesin, sebab tempurung kelapa ini sangat keras dan bila tidak hati-hati akan pecah.

Bahan dan Alat
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan kerajinan dari batok kelapa cukup gampang untuk didapatkan. 
  • Bahan utama tempurung kelapa atau batok kelapa
  • Lem kayu untuk menyatukan bagian-bagian kerajinan yang akan dibuat. 
  • Gergaji untuk memotong tempurung kelapa.
  • Amplas bergairah atau pecahan beling untuk menghilangkan sisa serabut kelapa.
  • Dempul, melanin/politur, amplas dan cat dipakai untuk finishing kerajinan yang akan dibuat.

Selain itu untuk pembuatan produk meja dan lemari kecil dibutuhkan texwood untuk dijadikan rangka kerajinan sedangkan yang serpihan luarnya ditempeli tempurung kelapa. Agar terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Pada serpihan serat itulah menempel nilai seni yang berpengaruh daripada jenis kerajinan ini, selain bentuk-bentuk unik yang sanggup dibuat.

Proses Pembuatan
Langkah-langkah yang sanggup kita lakukan untuk mempersiapkan batok kelapa sebelum diolah lebih lanjut menjadi benda-benda kerajinan. Bersihkan batok kelapa dengan hati-hati sisa-sisa serabut bergairah di permukaan batok dengan memakai pecahan beling atau pisau. Bersihkan sisa-sisa serabut halus dipermukaan batok dengan memakai amplas kasar. Proses pembuatan kerajinan dari materi tempurung kelapa selanjutnya sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Tempurung kelapa dipotong sesuai referensi memakai alat pemotong/gergaji
  2. Potongan dihaluskan memakai gerinda atau amplas.
  3. Hasil potongan yang sudah dihaluskan divernis agar lebih mengkilap, lalu dikeringkan dengan cara dijemur.
  4. Selanjutnya potongan disusun dengan menyatukan bagian-bagian kerajinan yang akan dibuat dengan memakai lem kayu.
 Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan batok Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa
Produk Kerajinan Tempurung Kelapa
Kerajinan tempurung kelapa banyak dijual untuk dijadikan oleh-oleh dengan banyak sekali macam bentuk. Mulai dari aksesoris perempuan menyerupai jepitan, bingkai foto, tas, sandal sampai perabotan rumah tangga seperti; sendok garpu, piring, mangkuk gelas minum, sendok sayur/nasi, nampan, dan asbak.
 Tempurung kelapa bagi sebagian masyarakat biasa disebut juga dengan batok Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa
Selain itu batok kelapa juga sanggup dibuat menjadi epilog lampu, jam dinding, dan aneka bentuk lainnya. Aksesori yang terbuat dari tempurung kelapa menyerupai pin, kalung, gelang, ikat pinggang, figura, miniatur kendaraan, topeng, ukiran, Dengan sentuhan seni yang sangat halus, hasil kerajinan batok kelapa tersebut terlihat sangat artistik. Bahkan hasil dari kerajinan tempurung kelapa ini sanggup berupa ragam bentuk dengan banyak sekali model dan ukuran, bermacam-macam bentuk model manik-manik/kancing, dan lain sebagainya.
Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa Produk Kerajinan Limbah Tempurung Kelapa Reviewed by dannz on 1:19 PM Rating: 5