Produk Kerajinan Limbah Kulit Jagung

Tanaman jagung banyak ditanam oleh para petani di Indonesia. Jagung dimanfaatkan bijinya sebagai sumber materi makanan. Bagian lain dari flora jagung biasanya dipakai untuk masakan ternak. Sementara kulit jagung belum dimanfaatkan dan biasanya dibuang begitu saja. Kulit jagung yang sepintas tidak berharga sanggup menjadi karya kerajinan yang artistik. Kulit jagung ialah limbah organik yang banyak ditemui di pasar tradisional. Banyak pedagang sayuran membuang kulit jagung di daerah sampah. Dengan memanfaatkan limbah kulit jagung, sampah padat yang mencemari lingkungan sanggup dikurangi.

Kulit jagung merupakan limbah organik basah, maka kulit jagung mempunyai kandungan air yang tinggi. Cara pengolahannya dengan proses sederhana dan relatif gampang yaitu dengan panas matahari sampai kering. Setelah kering kulit jagung sanggup diwarnai, kemudian dikeringkan, dan diseterika biar lembarannya sanggup terlihat lebih halus dan rata biar gampang dibentuk.

Kerajinan tangan dari kulit jagung mempunyai banyak macam yang sanggup dijadikan hoby ataupun ditekuni sebagai bisnis. Jenis kerajinan tangan biasanya banyak dihasilkan dari tangan-tangan kreatif. Diperlukan rasa seni yang tinggi serta didukung oleh ketelatenan dan ketekunan untuk menghasilkan barang kerajinan.

Dalam membentuk kulit jagung menjadi karya kerajinan memang perlu ketekunan, sehingga akan sanggup dihasilkan karya kerajinan yang manis dan menarik. 

Bahan dan Alat
Untuk membuat karya kerajinan berbahan limbah kulit jagung dibutuhkan beberapa alat ddan materi yang perlu dipersiapkan. Beberapa materi dan alat yang dipakai diantaranya :
  • Kulit jagung sebagai materi utama pembuatan karya kerajinan, 
  • Pewarna masakan dipakai untuk memberi warna pada kulit jagung
  • Seterika dipakai untuk membentuk kulit jagung biar lembaran kulit jagung menjadi halus dan gampang dibentuk
  • Gunting dipakai untuk memotong kulit jagung sesuai referensi yang akan dibuat.
  • Lem dipakai untuk menyatukan bagian-bagian karya kerajinan, dan materi pendukung lainnya.
  • Spidol dipakai untuk menggambar bagian-bagian muka boneka

Proses Pembuatan Kerajinan dari limbah kulit jagung
Untuk membuat karya kerajinan berbahan limbah kulit jagung perlu persiapan materi dasar yaitu kulit jagung. Kulit jagung sanggup diolah terlebih dahulu sebelum sanggup digunakan.
  1. Pilih kulit jagung yang sudah dianggap cukup umur, sekitar 3 bulan.
  2. Kemudian kulit jagung dilepaskan satu persatu dari tongkolnya dan dipilih sesuai lembarannya.
  3. Lembaran daun pertama sampai daun ketiga dipisah alasannya ialah lembaran tersebut merupakan kualitas yang terbaik.
  4. Kulit jagung yang sudah dipilih selanjutnya direbus dengan pewarna/wantex, perebusan selama satu jam dan dibolak-balik biar warnanya merata.
  5. Kemudian kulit jagung diangkat ditiriskan dan dikeringkan, dengan cara dinagin-anginkan jangan dijemur diterik matahari alasannya ialah kulit jagung nanti menjadi pecah.
  6. Kulit jagung yang sudah kering selanjutnya disetrika dengan suhu sedang.

Setelah kulit jagung siap dipakai untuk membuat kerajinan. Kulit jagung yang sudah selanjutnya dibuat referensi sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Untuk membuat boneka epilog pinsil dari kulit jagung sanggup dilakukan dengan langkah sebagai berikut.
  1. Buatlah kepala boneka dari kulit jagung yang dibulatkan.
  2. Buat baju boneka dari kulit jagung dengan cara menggunting kulit jagung tersebut.
  3. Kapala dan baju boneka yang telah dibuat tersebut dipasang pada pensil dan direkatkan memakai lem.
  4. Buat bab pecahan boneka yang lain menyerupai tangan dan rambut. Tangan boneka terbuat dari kulit jagung yang dipilin, rambut boneka sanggup memakai rambut jagung. Beri gambar mata dan mulu boneka memakai spidol.
 Tanaman jagung banyak ditanam oleh para petani di Indonesia Produk Kerajinan Limbah Kulit Jagung

Produk Kerajinan Limbah Kulit Jagung
Kulit jagung sanggup dibuat menjadi banyak sekali karya menyerupai bunga, boneka, hiasan pensil, penghias wadah, bingkai foto, sandal, anyaman untuk keranjang atau tas, dan bentuk kerajinan lainnya. Semakin banyak orang mencoba membuat karya dari kulit jagung ini, maka semakin bermacam-macam karya unik dan artistik yang dihasilkan.

Sebagai materi limbah yang tergolong limbah basah, masih ada jenis limbah lain dari daun-daunan di lingkungan daerah tinggalmu yang serupa dan sanggup dimanfaatkan pula sebagai produk kerajinan. Misalnya saja limbah pelepah pisang, limbah daun nangka, limbah kulit pete cina, kulit bawang dan masih banyak lagi yang lainnya. Berpikirlah kreatif untuk sanggup membuat produk gres dan kesempatan peluang usaha.
Produk Kerajinan Limbah Kulit Jagung Produk Kerajinan Limbah Kulit Jagung Reviewed by dannz on 12:59 PM Rating: 5