Modernisasi Di Indonesia

Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Saat ini bangsa Indonesia sedang menggalakkan pembangunan dan modernisasi dalam banyak sekali aspek kehidupan. Pembangunan dan modernisasi intinya diarahkan untuk membuat kondisi masyarakat yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada sebelumnya. Hal ini sanggup dilihat dari tersedianya banyak sekali macam akomodasi hidup, sarana dan prasarana yang baik sehingga mendukung banyak sekali sektor kehidupan masyarakat, meningkatkan taraf hidup serta meningkatkan martabat bangsa. Modernisasi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia meliputi bidang-bidang berikut ini.

1. Modernisasi di Bidang Teknologi
Teknologi tidak sanggup dilepaskan dari acara kehidupan manusia, diawali dengan penggunaan teknologi sederhana dan kemudian insan membuatkan teknologi tersebut dengan membuat teknologi yang lebih maju. Gejala modernisasi di bidang teknologi ditandai dengan perkembangan teknologi yang lebih maju dari teknologi yang sudah ada sebelumnya. Adanya kemajuan dalam penggunaan teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih gampang dan memperlihatkan hasil yang lebih banyak.

Masyarakat Indonesia mulai membuatkan banyak sekali macam teknologi untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan hasil produksi dari pekerjaan tersebut. Hal tersebut tampak pada gambar di bawah ini.
 Modernisasi diartikan sebagai perubahan Modernisasi di Indonesia
  • Bagaimana proses modernisasi yang terjadi pada kegiatan di atas? Proses modernisasi dalam bidang pertanian salah satunya yaitu penggunaan alat perontok padi bermesin.
  • Apa manfaat modernisasi yang terjadi pada kegiatan di atas? Manfaat modernisasi pada kegiatan di atas yaitu pekerjaan menjadi cepat final dan lebih efisien.
  • Apa hubungan antara proses modernisasi pada kegiatan di atas dan proses modernisasi teknologi di Indonesia? Modernisasi teknologi di Indonesia sanggup dilihat melalui perkembangan penggunaan teknologi yang digunakan, dari teknologi sederhana, teknologi menengah, dan teknologi canggih. 

Penggunaan teknologi modern dalam bidang pertanian tentunya tidak hanya pada kegiatan merontokkan padi saja. Misalnya, penggunaan pupuk urea sebagai pengganti pupuk sangkar atau penggunaan traktor untuk menggantikan bajak yang ditarik oleh kerbau. Modernisasi teknologi di Indonesia sanggup dilihat melalui perkembangan penggunaan teknologi yang digunakan, dari teknologi sederhana, teknologi menengah, dan teknologi canggih. 
  1. Teknologi sederhana yaitu jenis teknologi yang tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, menyerupai gerobak, cangkul, parang, dan tombak. 
  2. Teknologi menengah yaitu jenis teknologi yang sudah mulai memerlukan keahlian tertentu untuk mengoperasikannya, menyerupai mesin jahit, sepeda motor, atau mesin penggiling padi. 
  3. Teknologi canggih yaitu teknologi yang terdiri atas banyak komponen dan memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, menyerupai komputer dan pesawat terbang.

2. Modernisasi di Bidang Ekonomi
Salah satu tanda-tanda yang muncul dalam modernisasi ekonomi yaitu terjadinya industrialisasi. Industrialisasi merupakan proses pergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi penggunaan tenaga mesin. Industrialisasi merupakan salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk mewujudkan modernisasi di bidang ekonomi. Modernisasi dan pembangunan di bidang ekonomi mempunyai satu tujuan, yaitu mencapai kehidupan bangsa yang sejahtera. 

Kesejahteraan bangsa tidak hanya diukur dari tingginya pendapatan masyarakat dan pendapatan negara. Tingginya pendapatan masyarakat masih harus diukur menurut pemerataan akan hasil-hasil pembangunan ekonomi bagi masyarakat secara adil. Untuk itulah, diharapkan usaha-usaha untuk mencapai tujuan tersebut. Agar modernisasi bidang ekonomi di Indonesia idak tertinggal dengan negara lain.
No.Modernisasi EkonomiGejala Modernisasi yang Terjadi
1.Sektor PertanianMenggunakan peralatan mekanis yang sangat hemat tenaga kerja
2.Sektor IndustriPergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi penggunaan tenaga mesin
3.Distribusi dan PenjualanPenjualan secara online semakin marak
4.Sektor JasaProporsi ketenagakerjaan yang tinggi di bidang jasa
5.PariwisataSemakin beraneka ragamnya motif dan keinginan wisatawan yang harus dipenuhi, sebagai akhir meningkatnya budaya manusia.

Modernisasi bidang ekonomi telah banyak dilakukan Indonesia. Misalnya, saja memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas. Upaya pemanfaatan teknologi ini memunculkan pusat-pusat industri baik di bidang makro maupun mikro. Kemunculan pusat-pusat industri bisa membawa perubahan pada proses produksi. Pemanfaatan teknologi dalam sektor industri menggeser kedudukan tenaga insan menjadi tenaga mesin. Gejala pemanfaatan teknologi telah dilakukan di banyak sekali bidang. Dalam bidang pertanian, misalnya, sebagai upaya meningkatkan produktivitas padi, dilakukan penggantian pupuk sangkar dengan pupuk urea, penerapan teknik irigasi baru, penggunaan varietas bibit padi jenis baru, dan sebagainya.

3. Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan
Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan ditujukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari laju pertumbuhan bangsa lain. Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan akan mendukung peningkatan kemampuan sumber daya insan yang berkualitas dan bisa berdaya saing. Sumber daya insan yang berkualitas sanggup mendorong lebih cepat lajunya modernisasi dan perubahan sosial budaya. Salah satu cara untuk mewujudkan pembentukan sumber daya insan berkualitas yaitu didirikannya lembaga-lembaga ilmu pengetahuan dengan banyak sekali macam penelitiannya. 
  • Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan? Ilmu pengetahuan merupakan perjuangan sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman insan dari banyak sekali segi kenyataan dalam alam manusia. Sementara pendidikan diartikan sebagai perjuangan sadar dan terjadwal untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik secara aktif membuatkan potensi dirinya utuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, moral mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya dan masyarakat.
  • Apakah tujuan dari modernisasi ilmu pengetahuan dan pendidikan? Ilmu pengetahuan dan pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mengubah pola pikir masyarakat dari tradisional ke pola pemikiran yang lebih modern.
  • Bagaimana tanda-tanda modernisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia? Pendidikan menjadi lebih komprehensif, lebih gampang di akses, sarana dan prasarana lebih memadai, teknologi sungguh sangat membantu dalam perkembangan inteligensi, pembaharuan dan kemajuan pada ranah yang lebih menjurus lagi. 
  • Apa saja pola modernisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan yang terjadi di Indonesia? Gejala modernisasi di Indonesia pada bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan salah satunya ditandai dengan banyaknya penelitian yang menghasilkan banyak sekali macam cara dan metode sebagai perjuangan untuk kemajuan pendidikan. Selain itu, tanda-tanda modernisasi juga tampak pada digunakannya teknologi dan infrastruktur modern sebagai sarana penunjang pendidikan.Teknologi dan infrastruktur pendidikan pada masa sekarang inilah yang mengakibatkan modernisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan berlangsung lebih cepat, menyerupai adanya laboratorium yang lengkap, buku sekolah elektronik, library online, mesin pencari data di internet, komputerisasi data pendidikan, sistem pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, diselenggarakannya kuliah online.

Diterapkannya cara gres dalam acara berguru dan sumber berguru dengan memanfaatkan teknologi. Penemuan dan pembaharuan dari hasil penelitian yang dilakukan serta diterapkannya teknologi modern dalam ilmu pengetahuan dan pendidikan memunculkan cara gres dalam cara berguru dan cara mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam proses modernisasi di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan, sebaiknya sarana dan prasarana untuk kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di banyak sekali forum penelitian dan pendidikan perlu didayagunakan dan ditingkatkan. Hal tersebut bertujuan biar sesuai dengan kebutuhan di zamannya serta sanggup meningkatkan kemampuan produktivitas bangsa dalam penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan, pendidikan, maupun teknologi.

4. Modernisasi di Bidang Komunikasi, Informasi, dan Transportasi
Perkembangan alat komunikasi dan gosip sebagai tanda-tanda modernisasi tampak nyata. Bermunculan banyak sekali penemuan baru, inovasi, dan pembaharuan terhadap banyak sekali alat komunikasi dan informasi. Inovasi, pembaharuan, dan penemuan gres yang terjadi membawa perubahan pada penggunaan teknologi komunikasi, gosip dan transportasi dari tradisional ke modern.

Penggunaan alat komunikasi yang semakin beragam, semakin gampang dan kompleksnya gosip yang diperoleh dari media elektronik serta transportasi modern yang dipakai masyarakat untuk melaksanakan mobilitas merupakan alasan insan melaksanakan modernisasi dalam bidang ini.
  • Modernisasi pada bidang komunikasi banyak kita jumpai di sekitar kita. Interaksi antara satu orang dengan orang yang lain ketika ini tidak harus dilakukan secara tatap muka alasannya yaitu banyak media yang sanggup dipakai untuk berkomunikasi. Misalnya saja melalui handphone, faksmile, instant messanger, e-mail, smartphone, video call dan sebagainya, Selain untuk berkomunikasi, media-media tersebut juga sanggup dipakai untuk mengakses gosip dengan cepat, mudah, dan efisien. 
  • Bidang transportasi tanda-tanda modernisasi juga tampak pada pemanfaatan jaringan internet untuk pemesanan tiket transportasi secara on line. Kegiatan tersebut berkaitan dengan perubahan cara pembelian tiket tradisional ke modern. Selain itu penggunaan alat transportasi modern sebagai pengganti alat transportasi tradisional ketika ini banyak dipilih masyarakat sehingga lebih efektif dan efisien. Kemudahan dalam banyak sekali hal yaitu salah satu manfaat dari modernisasi dalam bidang informasi, komunikasi, dan transportasi.

5.  Modernisasi Bidang Politik dan Ideologi
Sistem perwakilan rakyat dalam pemerintahan sanggup disebut sebagai salah satu hasil modernisasi yang memengaruhi perubahan sosial budaya dalam masyarakat.
  • Kehidupan politik dekat kaitannya dengan proses yang melibatkan kenegaraan dan ketatanegaraan, di antaranya meliputi lembaga-lembaga negara, dasar pemerintahan, sistem pemerintahan, penyelenggaraan pemilihan umum. 
  • Ideologi merupakan rangkaian konsep suatu keinginan yang diemban dan diidam-idamkan oleh suatu kelompok/ golongan, gerakan massa, dan negara. Ideologi bermakna sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat untuk memperlihatkan arah dan tujuan demi kelangsungan hidup.

Modernisasi politik dan ideologi yang terjadi di negara berkembang menyerupai Indonesia sanggup berperan penting dalam proses modernisasi secara total di banyak sekali bidang kehidupan dengan dipicu modernisasi bidang ekonomi dan sosial. Gejala modernisasi politik dan ideologi di Indonesia banyak ditandai oleh banyak sekali perilaku politik masyarakat yang mulai mengesampingkan perilaku primordial, kesukuan, kedaerahan, dan sejenisnya atau juga pemilihan kepemimpinan menurut prestasi. Gejala modernisasi dalam bidang ini juga sanggup dilihat dari munculnya birokrasi dan manajemen pemerintahan yang memanfaatkan banyak sekali teknologi, informasi, dan komunikasi modern.

6.  Modernisasi di Bidang Keagamaan
Pada zaman prasejarah di mana agama belum hadir dalam kehidupan manusia, kepercayaan terhadap animisme, dinamisme, totemisme, dan sebagainya telah menempel pada diri masyarakat Indonesia. Setelah agama masuk ke Indonesia kepercayaan usang yang dianut oleh mereka ternyata tidak hilang, sehingga terjadi percampuran antara agama dan kepecayaan. Mereka menganut agama namun tetap percaya pada animisme, dinamisme, dan sebagainya.

Modernisasi bidang keagamaan sanggup diartikan sebagai perubahan kehidupan keagamaan dan kepercayaan yang bisa memegang keseimbangan antara nilai keagamaan dan kemajuan. Modernisasi keagamaan sebaiknya lebih ditekankan pada pembentukan dan training kehidupan beragama yang penuh toleransi, beriman dan bertakwa sehingga akan tercipta kehidupan masyarakat yang rukun, stabil, dan bisa menyelaraskan antara kehidupan agama dan duniawi.

Gejala modernisasi dalam bidang keagamaan terjadi di antaranya alasannya yaitu didorong oleh meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat dan berkembangnya penggunaan media gosip dan komunikasi modern. Modernisasi dalam bidang keagamaan yang terjadi di Indonesia harus memperhatikan hal-hal berikut.
  • pembinaan yang bersifat intern, menyerupai pendalaman dan pengamalan pemikiran agama, training hubungan antarumat di lingkungan agama, dan sejenisnya,
  • pembinaan yang bersifat ekstern, yakni yang menyangkut hubungan antara umat beragama yang satu dan umat beragama yang lain dan sekaligus training hubungan antara setiap umat beragama dan pemerintah.

Gejala modernisasi bidang keagamaan di Indonesia di antaranya yaitu munculnya banyak sekali perpaduan antara unsur agama dan teknologi modern. Misalnya, berdirinya pesantren modern yang memadukan pendidikan dan agama sesuai dengan kondisi zaman, ada dan ditemukannya kitab suci elektronik yang memudahkan para pemeluk agama dalam membaca kitab suci, cara berguru kitab suci yang dipandu dengan media dan teknologi, penceramah/ pendakwah/penyebar agama yang memakai media untuk memberikan pemikiran agamanya, dan masih banyak lagi.
Modernisasi Di Indonesia Modernisasi Di Indonesia Reviewed by dannz on 7:02 PM Rating: 5