Mengklasifkasi Teks Rekaman Percobaan

Klasifikasi teks ialah proses memahami suatu teks sesuai dengan karakteristik dari teks tersebut. Pada goresan pena ini jenis teks yang akan dipahami ialah teks rekaman percobaan. Teks rekaman percobaan merupakan sebuah teks yang berisi ihwal percobaan yang dilakukan. Dalam sebuah percobaan tentunya ada tujuan, alat dan bahan, hasil, dan selesai percobaan. Untuk sanggup mengklasifikasi sebuah teks termasuk rekaman percobaan atau teks yang lain dilakukan dengan cara membaca teks tersebut dengan cermat. Jika diharapkan bacalah lebih dari satu kali sehingga sanggup memahami teks tersebut dengan baik. Catatlah kata-kata sulit dan data yang ada dalam teks rekaman percobaan tersebut.

Klasifikasi Teks Rekaman percobaan
Langkah pertama pembagian terstruktur mengenai teks rekaman percobaan dilakukan dengan memilih struktur teksnya. Struktur teks ialah struktur yang menjadi bangunan teks rekmanan percobaan. Teks rekaman percobaan mempunyai empat potongan struktur, yaitu tujuan serta alat dan bahan^langkah-langkah^hasil^kesimpulan. Kelompokanlah kalimat-kalimat yang membangun struktur teks tersebut. Klasifikasilah kalimat-kalimat yang membangun struktur teks rekaman percobaan Jebakan Tikus Sederhana. Setelah struktur teks terbentuk langkah selanjutnya ialah pembagian terstruktur mengenai kata-kata sulit, carilah kata-kata sulit dalam teks tersebut kemudian temukan definisinya menggunakan andas. Selanjutnya sehabis definisi teks ditemukan buatlah kalimat menggunakan kata-kata sulit tersebut. Perhatikan teks rekaman percobaan di bawah ini.

Jebakan Tikus Sederhana
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Tikus merupakan binatang pengerat yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, harus ada cara untuk membasminya. Salah satu cara tersebut ialah dengan menciptakan jebakan tikus sederhana. Sebenarnya, dikala ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, mirip menggunakan racun atau menggunakan alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya mencoba menciptakan jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut sanggup dilihat pada gambar di bawah ini.
 Klasifikasi teks ialah proses memahami suatu teks sesuai dengan karakteristik dari teks  Mengklasifkasi Teks Rekaman Percobaan
Untuk menciptakan jebakan tikus sederhana mirip gambar di atas, bahan-bahan yang dipakai sangatlah sederhana dan tentu sanggup didapat dengan mudah. Berikut ialah bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan jebakan tikus sederhana mirip gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya
Langkah-langkahKalau sudah tersedia semua materi mirip di atas, langkah pertama untuk menciptakan jebakan tikus sederhana ialah melubangi bejana untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, lubangi lagi bejana tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibentuk lebih besar semoga tikus sanggup masuk ke dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya! Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi sempurna di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya! Kelima, masukkan kawat tadi di lubang bejana besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang anda buat siap digunakan.
HasilSetelah melaksanakan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana sanggup anda gunakan. Kamu sanggup meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membun*h tikus tersebut.
SimpulanJebakan tikus mirip di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan materi kimia. Selain itu, cara ini sanggup menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus sebab bahan-bahan yang dipakai hanyalah sebuah barang bekas.

Klasifikasi Kata Sulit
Teks rekaman percobaan “Jebakan Tikus Sederhana”  terdapat beberapa kata yang dianggap sulit.. Selanjutnya, buatlah kalimat dengan menggunakan kata atau frasa yang dianggap sulit!
No.Kata-kata SulitDefinisiContoh Kalimat
1.Pengeratorang atau binatang yang mengerat;Kehadiran Hewan pengerat di rumah tidak hanya menjadikan risiko kesehatan yang serius tapi juga sanggup merusak struktur bangunan.
2.Jebakanjebak; perangkap;Anda sanggup juga menggunakan ranting yang kokoh dalam menciptakan jebakan ini, sesuaikan panjang yang diperlukan.
3.Elektronikalat yang dibentuk menurut prinsip elektronika;Komponen-komponen Elektronika makin bervariasi dan jenisnya pun bertambah banyak
4.Selaibubur dari buah-buahan yang dimasak dengan gula hingga kentalSelai kacang ini terbuat dari materi dasar kacang tanah yang telah disangrai.
5.Racunzat (gas) yang sanggup mengakibatkan sakit atau mati (kalau dimakan, dihirup):Racun bereaksi pada badan sedemikian rupa sehingga mengakibatkan gangguan pada acara normal tubuh, yang kita katakan sebagai keracunan hingga sanggup mengakibatkan kematian.
6.Kimiailmu ihwal susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat;Zat kimia yang umum ditemukan sehari-hari antara lain ialah air, garam (natrium klorida), dan gula (sukrosa).
7.Membasmimemberantas; memusnahkan:Jika flora kita terjangkit hama atau penyakit tanaman, maka hal pertama yang terfikir di dalam benak kita yaitu membasminya menggunakan pestisida.
8.Diametergaris lurus melalui titik tengah lingkaran dari satu sisi ke sisi lainnya; garis tengahDiameter rata-rata bulatan Bumi ialah 12.742 km, atau kira-kira setara dengan 40.000 km /Ï€.
9.Balokbarang yang mirip bentuk balok:Iglo ialah rumah atau kawasan tinggal sementara, berbentuk kubah dan dibangun dari balok-balok salju.
10.Ramahbaik hati dan menarik kebijaksanaan bahasanya; bagus tutur kata dan sikapnya;Praktek dan filosofi umum dari hidup ramah lingkungan sangat terkait dengan prinsip-prinsip keseluruhan pembangunan berkelanjutan.

Mengklasifikasi Data dalam teks
Di samping sanggup memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks, diharapkan juga sanggup mengklasifikasi data yang ada di dalam teks tersebut. Perlu diketahui bahwa teks terdiri atas sekumpulan data dan informasi yang membangun teks tersebut. Dalam teks “Jebakan Tikus Sederhana” sanggup ditemukan data banyak , kemudian memilih pada kalimat mana data tersebut ditemukan.
No.DataSumber data dalam KalimatStruktur Teks
1.tikus, binatang pengerat, sangat mengganggu, cara untuk membasminyaTikus merupakan binatang pengerat yang sangat membantu. Oleh sebab itu, harus ada cara membasminya.Tujuan serta
alat dan bahan
2.cara membuat, jebakan tikus, sederhanaSalah satu cara tersebut ialah dengan menciptakan jebakan tikus sederhana.
3.membasmi tikus, menggunakan racun, alat elektronikSebenarnya, dikala ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, mirip menggunakan racun atau menggunakan alat elektronik.
4.membuat jebakan tikus, ramah lingkunganNamun, tidak ada salahnya mencoba menciptakan jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut sanggup dilihat pada gambar di bawah ini.
5.jebakan tikus, ramah lingkungan, Untuk menciptakan jebakan tikus sederhana mirip gambar di atas, bahan-bahan yang dipakai sangatlah sederhana dan tentu sanggup didapat dengan mudah.
6.bahan-bahan, menciptakan jebakan tikus, Berikut ialah bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan jebakan tikus sederhana mirip gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya
7.bahan, langkah pertama, melubangi emberKalau sudah tersedia semua materi mirip di atas, langkah pertama untuk menciptakan jebakan tikus sederhana ialah melubangi bejana untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember.Langkah-langkah
8.ember, lubang pertama, lebih besarKedua, lubangi lagi bejana tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibentuk lebih besar semoga tikus sanggup masuk ke dalamnya.
9.jalan dari balok, lubang lebih besarKetiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya!
10.kaleng bekas, ditengah-tengahKeempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi sempurna di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya!
11.masukan kawat, lubang ember, kaleng bekas, selai kacangKelima, masukkan kawat tadi di lubang bejana besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang anda buat siap digunakan.
12.langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhanaSetelah melaksanakan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana sanggup anda gunakan.Hasil
13.meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapurKamu sanggup meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. 
14.jebakan, menjerat atau menjebak, ember, tidak membun*hJebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membun*h tikus tersebut.
15.langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhanaJebakan tikus mirip di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan materi kimia.Simpulan
16.meletakan jebakan, gudang, kamar tidur, dapurSelain itu, cara ini sanggup menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus sebab bahan-bahan yang dipakai hanyalah sebuah barang bekas.
Mengklasifkasi Teks Rekaman Percobaan Mengklasifkasi Teks Rekaman Percobaan Reviewed by dannz on 3:02 PM Rating: 5