Menangkap Makna Teks Menciptakan Perangkap Nyamuk Sederhana

Nyamuk ialah hewan-hewan menjengkelkan yang tidak jarang muncul di rumah kita. Hewan ini biasa muncul di sekeliling kita, dan sebagian termasuk membahayakan bagi kesehatan kita. Selain sanggup menularkan malaria, nyamuk juga kadang menularkan beberapa penyakit mematikan lain, ibarat demam berdarah, chikunguya, dan penyakit kaki gajah. Bahkan tanpa ada bakteri yang ditularkan pun, gigitan nyamuk sudah sangat mengganggu, sebab menjadikan gatal-gatal, bentol, atau bintik kemerahan. Untuk sanggup mengurangi atau bahkan membasmi nyamuk yang ada di dalam rumah sanggup dipakai alat perangkap nyamuk yang sederhana dan gampang dibuat.

Pada goresan pena ini akan dijelaskan mengenai cara menciptakan alat perangkap nyamuk sederhana yang sangat membantu dalam mengatasi gangguan dari nyamuk. Pada goresan pena ini tidak hanya difokuskan bagaimana cara menciptakan perangkap nyamuk saja, namun juga membahasa mengenai unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks rekaman percobaan. Selain membahas mengenai cara menciptakan perangkap nyamuk, pada goresan pena ini juga membahas struktur dan kosa kata yang dipakai dalam teks rekaman percobaan. Perhatikan teks rekaman percobaan di bawah ini dan silahkan jawab pertanyaan yang ada dalam teks tersebut.

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Pada ketika kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil beradminp yang mengganggu tidur kita. Ya, makhluk kecil beradminp tersebut berjulukan nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang ialah hal yang sepele dan sanggup diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah anda jikalau cairan pembasmi tersebut mengandung aneka macam materi kimia yang sanggup membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, sekarang terdapat cara alternatif yang lebih kondusif untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan materi untuk membuatnya pun sanggup kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum anda coba membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut!
  1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter
  2. 200 ml air
  3. 50 gram gula merah
  4. 1 gram ragi (beli di toko masakan kesehatan, warung, atau pasar)
Langkah-langkahSetelah semua materi siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini!
hewan menjengkelkan yang tidak jarang muncul di rumah kita Menangkap Makna Teks Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana
I.Potong botol plastik di tengah! Simpan kepingan atas/mulut botol!
II.Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga hambar dan kemudian tuangkan di separuh kepingan potongan bawah botol!
III.Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
IV.Pasang/masukkan potongan botol kepingan atas dengan posisi terbalik ibarat corong!
V.Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali kepingan atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
HasilSetelah melalui langkah-langkah pembuatan, sekarang alat perangkap nyamuk yang sederhana dan ampuh telah berhasil dibuat. Kamu sanggup menggunakannya pada siang atau malam hari.
SimpulanPerangkap nyamuk sederhana ini terbukti lebih kondusif dipakai dibandingkan dengan cairan kimia pembasmi nyamuk. Alat ini sanggup anda taruh di pojok kamar atau di bawah kawasan tidur. Dalam satu minggu, anda akan melihat banyak nyamuk yang tertampung dalam botol.

Setelah membaca teks “Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana” di atas, jawablah pertanyaan berikut dengat tepat!
  1. Apa yang disampaikan penulis pada paragraf pertama? (tujuan pembuatan perangkap nyamuk sederhana)
  2. Pada kepingan mana anda menemukan tujuan serta alat dan materi untuk menciptakan perangkap nyamuk sederhana?(tujuan serta alat dan materi terdapat pada paragraf pertama dan kedua)
  3. Apakah penulis memberikan cara atau langkah-langkah pembuatan perangkap nyamuk sederhana? Jika penulis menyampaikannya, pada kepingan mana anda menemukan langkah-langkah tersebut? (penulis meyampaikannya  pada bagian langkah-langkah)
  4. Apakah penulis juga memberikan hasil yang diperoleh dalam pembuatan perangkap nyamuk sederhana itu? Jika penulis menyampaikannya, coba anda jelaskan apa hasil yang diperoleh tersebut! (hasil percobaan yang diperoleh ialah perangkap nyamuk yang telah dibentuk sanggup dipakai pada siang atau malam hari)
  5. Apa yang disampaikan penulis pada paragraf terakhir?(Simpulan percobaan bahwa perangkap nyamuk sederhana terbukti lebih kondusif dibandingkan dengan cairan kimia pembasmi nyamuk)

Untuk mengetahui pemahamanmu terhadap kosakata dan istilah yang terdapat pada “Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana” di atas, deskrpisikanlah makna kata dan istilah berikut! Kemudian, buatlah kalimat untuk lebih memahami makna kata dan istilha tersebut! Agar lebih mudah, anda sanggup memakai Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan.
No.Kata dan IstilahMaknaContoh Kalimat
1.menangkapmemegang (sesuatu yang bergerak cepat, lepas, dan sebagainya);Hengki menjadi salah satu kunci keberhasilan polisi dalam menangkap Hercules. 
2.memerangkapmenangkap (tikus, harimau, musuh, dan sebagainya) dengan perangkap; menjebakUntuk mengatasi kerusakan tanaman padi, sekarang terdapat cara alternatif yang lebih kondusif untuk menangkap dan memerangkap tikus.
3.gula merah gula jawa; gula kelapa;Diperkirakan, terdapat 100.000 perjuangan produksi gula merah di Indonesia. 
4.ragipulung yang dikeraskan yang dibentuk dari beras, bawang putih, bawang merah, kayu manis, lombok, lengkuas, dan sebagainya untuk menciptakan tapai, campuran roti, dan sebagainya;Langkah pertama dalam pembuatan ragi tempe ialah dengan mencuci beras hingga bersih.
5.corongalat untuk menuang barang cair ke botol dan sebagainya Corong ialah alat yang dipakai untuk menolong pada ketika memasukkan cairan ke dalam suatu wadah dengan verbal sempit
Menangkap Makna Teks Menciptakan Perangkap Nyamuk Sederhana Menangkap Makna Teks Menciptakan Perangkap Nyamuk Sederhana Reviewed by dannz on 11:02 PM Rating: 5