Unsur-Unsur Bangkit Lingkaran

Lingkaran banyak ditemukan di sekitar kita. Beberapa teladan benda yang berbentuk bulat diantaranya ialah ban sepeda, bola, cincin, piring, gelas, kaleng, serutan pinsil, keranjang sampah, meja belajar, tutup minuman, uang logam, CD. Lingkaran merupakan salah satu bentuk berdiri datar. Lingkaran ialah kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Jarak yang sama tersebut ialah jari-jari bulat dan titik tertentu disebut sentra lingkaran.

A. Unsur-Unsur Lingkaran
Sebagai sebuah berdiri datar bulat terbentuk atau terdiri dari banyak sekali unsur yang membentuk dan membangunnya. Sebuah bulat mempunyai bagian-bagian tersendiri yang menjadi unsur-unsur pembentuk lingkaran. Unsur-unsur bulat sanggup dibilang cukup banyak mulai dari jari-jari, busur, tali busur, tembereng, diameter, titik pusat, apotema, dan juring lingkaran. Untuk mengetahui unsur apa saja yang ada dalam sebuah bulat sanggup diamati melalui gambar yang ada di bawah ini. Berikut ialah citra unsur yang ada pada lingkaran:
 Lingkaran banyak ditemukan di sekitar kita Unsur-Unsur Bangun Lingkaran
  1. Titik sentra bulat ialah titik tertentu pada lingkaran. Titik sentra pada bulat ialah sebuah titik yang berada sempurna ditengah lingkaran. Jika kalian melihat pada gambar di atas, titik sentra terletak pada aksara O.
  2. Jari-jari lingkaran, yaitu garis yang menghubungkan titik sentra bulat dan titik pada keliling lingkaran. Jari-jari biasa dilambangkan dengan aksara 'r'. 
  3. Diameter (d) atau garis tengah, yaitu tali busur yang melalui sentra lingkaran. Panjang diameter sebuah bulat sama dengan dua kali panjang jari-jari bulat tersebut, sehingga sanggup ditulis d=2r.
  4. Tali busur, yaitu ruas garis yang menghubungkan sebaran dua titik pada lingkaran.
  5. Busur Lingkaran, yaitu garis lengkung bulat yang terletak di antara dua titik pada lingkaran.
  6. Juring Lingkaran ialah kawasan bulat yang dibatasi oleh busur bulat dan dua buah jari-jari bulat yang melalui ujung busur bulat tersebut.
  7. Tembereng Lingkaran kawasan bulat yang dibatasi oleh busur bulat dan tali busur yang melalui kedua ujung busur lingkaran.
  8. Jika kita menarik sebuah garis tegak lurus dari titik sentra hingga pada salah satu tali busur, maka garis tersebutlah yang dinamakan sebagai Apotema. pada gambar  di atas, kita sanggup melihat bahwa apotema ialah garis yang ditarik dari

B. Sifat-sifat Bangun Datar Lingkaran
Sebagai sebuah berdiri bulat mempunyai beberapa sifat yang membedakan dengan berdiri datar yang lainnya. beberapa sifat yang dimiliki bulat antara lain sebagai berikut.
  1. Memiliki simetri putar tak terhingga.
  2. Memiliki simetri lipat tak terhingga.
  3. tidak mempunyai titik sudut.
  4. Mempunyai satu buah sisi. 

C. Keliling Lingkaran
Ambil sebuah roda sepeda. Tandai suatu titik pada bab tepi roda bulat dengan aksara A. Kemudian, gelindingkan roda tersebut dimulai dari titik A dan kembali ke titik A lagi. Lintasan yang dilalui roda dari A hingga kembali ke A lagi disebut satu putaran penuh atau satu keliling lingkaran.
  1. Ukur bulat roda sepeda tersebut memakai tali.
  2. Ukur jarak yang telah ditempuh oleh roda tersebut untuk berputar mulai dari titik A, hingga hingga kembali ke titik A tersebut.
  3. Apakah panjang tali pada dua variabel tersebut sama? Mengapa? Jelaskan dengan singkat! Panjang kedua variabel tersebut sama, kedua variabel tersebut menawarkan keliling lingkaran. Keliling bulat (K) merupakan busur terpanjang pada lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran
Keliling = π x d atau Keliling = 2 x π x r
Ï€ = 3,14 atau 22/7
d = diameter
r = jari-jari,

Contoh soal menghitung keliling lingkaran:
Hitunglah keliling bulat yang mempunyai jari-jari 10 cm.
Jawab:
r = 10 cm
Π = 3,14
Keliling = 2 x π x r
Keliling = 2 x 3,14 x 10
Keliling = 62,8 cm

Hitunglah keliling bulat yang mempunyai jari-jari 14 cm.
Jawab:
r = 14 cm
Ï€ = 22/7
Keliling = 2 x π x r
Keliling = 2 x  22x 14 = 616 = 88 cm²  
77

Rumus Luas Lingkaran
Luas = Ï€r²
Keterangan:
Ï€ = 3,14 atau 22/7
r = jari-jari

Contoh soal:
Jika diketahui sebuah roda mainan mempunyai diameter 21 cm. Tentukan luas bulat roda tersebut!
Jawab:
Luas = Ï€r²
Luas = 22/7 x 21²
Luas = 22x 21 x 21 = 9702 = 1.386 cm²  
77
Unsur-Unsur Bangkit Lingkaran Unsur-Unsur Bangkit Lingkaran Reviewed by dannz on 12:06 AM Rating: 5