Peran Listrik Dalam Globalisasi

Penemuan listrik sangat kuat terhadap proses globalisasi. Benda-benda memakai energi listrik yang berperanan sampai terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memperlihatkan tugas yang sangat besar terhadap jalan masuk isu ke banyak sekali belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, alasannya dengan adanya listrik kemudian terjadi arus isu yang dengan cepat sanggup diakses oleh waga di banyak sekali penjuru dunia. Beragam benda elektronik yang berperanan terhadap terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer.

1. Globalisasi
Globalisasi yakni proses interaksi saling keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar insan di seluruh dunia melalui banyak sekali bidang, sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi merupakan tatanan masyarakat yang populer diseluruh dunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi kuat di semua bidang kehidupan menyerupai bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.

Teknologi isu dan komunikasi yakni faktor pendukung utama terjadinya globalisasi. Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala isu dalam banyak sekali bentuk sanggup tersebar luas dan begitu gampang didapatkan di seluruh dunia. Globalisasi membawa imbas bagi kehidupan suatu negara di dunia termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut mencakup imbas faktual dan negatif. Dampak faktual globalisasi:
  1. Bidang ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara sehingga akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
  2. Bidang sosial budaya, kita sanggup menggandakan contoh pikir yang baik menyerupai etos kerja yang tinggi dan disiplin dan penggunaan IPTEK bangsa lain yang lebih maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa.
  3. Bidang politik, sistem pemerintahan yang lebih terbuka dan demokratis alasannya pemerintahan yakni bab besar dari negara. Jika suatu negara di jalankan secara higienis dan jujur makan akan meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap negara.

Dampak negatif globalisasi:
  1. Globalisasi sanggup merubah nilai-nilai masyarakat Indonesia. Khususnya anak muda dikhawatirkan akan lupa dengan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, alasannya gaya hidup yang cenderung menggandakan budaya barat. Jika hal tersebut terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan nilai-nilai pancasila dan rasa nasionalisme akan hilang.
  2. Munculnya perilaku individualisme yang menjadikan ketidakpedulian antar sesama warga, sehingga orang tidak lagi peduli dengan kehidupan bangsa
  3. Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri alasannya banyak produk luar negeri membanjiri Indonesia.
 Penemuan listrik sangat kuat terhadap proses globalisasi Peran Listrik dalam Globalisasi
Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Globalisasi
Bagi masyarakat kini teknologi isu dan komunikasi merupakan suatu kebutuhan khusus yang telah membawa manfaat luar biasa. Teknologi dianggap sanggup menuntaskan duduk kasus pada ketika ini bahkan sebagian masyarakat memuja kecanggihan yang di tawarkan oleh teknologi. Masyarakat meyakini teknologi sanggup memperlihatkan kesejahteraan dan banyak sekali kebutuhan lainnya namun teknologi juga mendatangkan malapetaka bagi kehidupan bangsa kita.

Dampak faktual teknologi isu dan komunikasi:
  1. Komunikasi semakin mudah, cepat, murah dan nyaman melalui akomodasi email, chatting, bahkan bertatap muka melalui internet.
  2. Komunikasi sanggup dilakukan dengan siapapun, di manapun, kapanpun dengan handphone ataupun internet.
  3. Beragam isu terbaru gampang didapat melalui internet. Internet juga sanggup dipakai sebagai media pertukaran data. Para pengguna internet di seluruh dunia sanggup saling bertukar isu dengan cepat dan murah.
  4. Berbelanja lebih gampang dilakukan memakai internet. Kemudahan bertransaksi bisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju daerah penjualan.

Dampak negatif perkembangan teknologi informasi:
  1. Munculnya budaya plagiarisme (penjiplakan hasil karya orang lain).
  2. Pemanfaatan jasa isu dan telekomunikasi oleh jaringan t*roris.
  3. Membuat orang lupa waktu.
  4. Munculnya porn*grafi.
  5. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
  6. Munculnya kejahatan yang merugikan orang lain menyerupai hacker atau cracker.
  7. Meluasnya perj*dian di dunia maya.

Perangkat Teknologi Informasi di Sekitar Kita
Perangkat teknologi isu merupakan segala jenis peralatan yang dipakai untuk mendapat isu yang diharapkan baik melalui media cetak atupun elektronik yaitu :
  1. Televisi sanggup dipakai sebagai hiburan dan sumber informasi
  2. Laptop, biasa dipakai untuk mengelola atau menyimpan data dan sanggup di tampilkan lain waktu.
  3. Radio. sanggup dipakai sebagai hiburan dan sumber informasi.
  4. Kamera digital, dipakai untuk mengambil sebuah gambar atau video dengan metode penyimpanan atau disk.

Kesimpulan
  1. Teknologi yakni suatu rancangan atau desain alat untuk memenuhi kehidupan manusia. Teknologi juga dipakai untuk memajukan dan membangun suatu negara.
  2. Informasi yakni sekumpulan data perihal banyak sekali hal yang berasal dari fakta yang di catat dan diolah sehingga mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi pemakainya. Beragam isu menciptakan masyarakat mengetahui banyak sekali hal tanpa perlu melihatnya secara langsung.
  3. Teknologi isu merupakan alat untuk mengelola data (memproses, mendapatkan, menyusun, mempublikasikan data). Teknologi isu memungkinkan kita memperoleh isu dari seluruh dunia tanpa harus mengunjunginya.
  4. Dampak yang terjadi dalam masyarakat dengan adanya teknologi isu kemudian memudahkan insan dalam berkomunikasi memakai akomodasi email, chatting.
  5. Selain memperlihatkan dampak positif, teknologi juga memperlihatkan dampak negatif. Misalnya penipuan di internet, penculikan, meningkatkan plagiarisme dan mengurangi sifat sosial.
Peran Listrik Dalam Globalisasi Peran Listrik Dalam Globalisasi Reviewed by dannz on 11:46 PM Rating: 5