Taktik Dan Seni Administrasi Permainan Bolavoli

Dalam permainan bolavoli masing-masing regu melaksanakan penyerangan dan pertahanan. Penyerangan dilakukan untuk memasukan bola ke pertahanan lawan, sedangkan pertahanan dilakukan untuk menahan serangan dari lawan. Kedua teknik tersebut harus sanggup dilakukan dengan sama baiknya. Tim yang elok penyerangannya kalau mempunyai pertahanan yang kurang baik tentu akan mengalami kesulitan dalam permaianan ketika diserang. Begitu juga sebalinya tim yang hanya baik dalam bertahan akan mengalami kesulitan ketika berusaha untuk menyerang. Untuk itulah pertahanan dan penyerangan harus dilakukan sama baiknya.

A. Taktik Penyerangan dalam Permainan Bolavoli
Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.

Pola penyerangan yaitu suatu cara yang dipergunakan dalam suatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Taktik penyerangan diartikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan. Taktik penyerangan yaitu siasat untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan cara yang diperkenankan dalam peraturan permainan.

Dalam permainan bola voli berhasil atau tidaknya suatu penyerangan sebagian besar bergantung dari derma bola pada pemain penyerang yang bersangkutan. Seorang penyerang sanggup dikatakan mahir dalam melaksanakan serangan apabila dalam melaksanakan penyerangan cukup luwes dan tidak kukuh dengan satu tipe penyerangan saja (menonton), pandai meloncat, sanggup memukul bola dengan keras, sanggup menjangkau bola jauh-jauh, serta mempunyai daya observasi yang tinggi terhadap kemampuan lawan.

Terdapat dua contoh penyerangan dalam permainan bolavoli antara lain sebagai berikut.
1. Melindungi Penyerang (cover)
Cover yaitu suatu proses serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block (bendungan) pihak lawan harus diterima oleh pemain seregunya yang bahu-membahu telah mempersiapkan diri untuk membela dan membentuk pertahanan. Tujuan dari melindung penyerang yaitu melindungi seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan. Jarak antara kelompok-kelompok yang berkumpul disekitar penyerangan bergantung dari lambungan pass dari setter (pengumpan), kualitas block pihak lawan, arah lajunya yang dipukul oleh penyerang.

2. Teknik-teknik Penyerangan
Smash merupakan suatu keahlian yang penting untuk mendapatkan angka. Seorang pemain yang pandai melaksanakan smash atau dengan istilah absurd disubut smasher harus mempunyai kegesitan, pandai melompat, dan mempunyai kemampuan memukul bola dengan keras. Ada empat jenis smash, antara lain: Smash depan (frontal smash), Frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar), Smash dari pergelangan tangan, Dump (smash pura-pura).
  1. Frontal smash (Smash depan) dilakukan dengan cara badan sudah berada pada posisi meloncat dengan membungkuk sedikit. Otot-otot pundak dan lengan berkontraksi pada ketika yang bersamaan secara besar lengan berkuasa dan terulang beberapa kali berturut-turut. Kerjasama antar otot inilah yang mengakibatkan lengan terjulur menyentuh bola dan memukulnya. Pada ketika memukul jari-jari terbuka sedikit dan pergelangan dilarang kaku. Bola dipukul potongan atas, esudah memukul bola, lengan pemukul harus bergerak kedepan ke bawah dengan akhiran yang sempurna.
  2. Frontal smash dengan putaran sanggup dilakukan dengan cara potongan badan atas diputar, seperti ada poros vertikalnya. Putaran tergantung pada arah pukulan dan putaran badan potongan atas ini diikuti dengan putaran kedua paha. Seluruh gerakan ini dilakukan sewaktu pemain sedang meloncat.
  3. Smash dengan pergelangan tangan sanggup dilakukan dengan cara hanya memakai gerakan pergelangan tangan. Dengan menggunkan spin yang kuat, bola sanggup dipukul dengan cukup cermat.
  4. Dump (Smash dengan pura-pura) sanggup dilakukan dengan cara pemain melaksanakan gerakan yang sama ibarat pada gerakan frontal smash. Namun pada waktu kontak dengan bola, bola tidak dipukul melainkan hanya disentuh dengan jari-jari tangan. Smasher mengarahkan bola dengan jari-jari tangannya saja ke tempat yang kosong dari penjagaan lawan. Bola dilewatkan melalui kawasan yang tidak tersentuh oleh block yang dilakukan pihak lawan. Bola sanggup dilambungkan pendek atau panjang tergantung pada situasi ketika itu.

Formasi bermain suatu regu harus merata pembagian kekuatannya dalam posisi apapun untuk melaksanakan serangan. Oleh sebab itu, penempatam smasher, set-upper, dan pemain universaler harus diperhitungkan dengan matang semoga dicapai pemerataan kekuatan dalam penyerangan. Jenis-jenis pemain sesuai dengan kiprah dan fungsinya sanggup dibagi menjadi berikut ini.
  1. Smasher (Sm) bertugas sebagai penyerang utama
  2. Set-Upper (Su) bertugas sebagai pengumpan ke smasher
  3. Universaler (U) bertugas dan berfungsi serbaguna
  4. Libero (L) bertugas sebagai pemain bertahan yang posisinya selalu di kawasan belakang
  5. Libero dilarang melaksanakan service, membendung maupun menyerang

Serangan selain dilakukan dengan smash, bisa juga dikerjakan dengan service, passing, voli, dink dan lain-lain Pola, variasi, dan tempo serta strategi penyerangan memegang peranan penting dalam tim. Pola serangan tinggi, pendek, cepat, lambat, variasi-variasi gerakan di bersahabat net, dinamika dari pemain, dan arah serangan bola semuanya itu termasuk dalam strategi tim yang harus dimiliki suatu regu bola voli yang baik.

masing regu melaksanakan penyerangan dan pertahanan Taktik dan Strategi Permainan Bolavoli
B. Pola Pertahanan dalam Permainan Bolavoli
Taktik pertahanan yaitu pemain bertahan dalam keadaan pasif mendapatkan serangan lawan, dengan cita-cita adanya kesalahan dari regu penyerang. Taktik bertahan harus mempunyai prinsip bahwa dengan bertahan regunya akan sanggup menyerang kembali regu lawan. Pertahanan sanggup dibagi menjadi tiga, yaitu pertahanan di atas net (blocking), pertahanan kawasan tengah, dan pertahanan kawasan lapangan belakang. Dalam suatu pertandingan, suatu regu mungkin memakai beberapa sistem permainan, beberapa pola, dan beberapa tipe pertahanan. Hal ini dilakukan sebab bola yang tiba dari lawan selalu berubah-ubah. Sistem-sistem pertahanan antara lain sebagai berikut.

Pola pertahanan mempunyai arti bahwa pemain bertahan dalam keadaan pasif mendapatkan serangan, dengan cita-cita regu lawan menciptakan kesalahan dari penyerangannya. Taktik bertahan harus mempunyai prinsip semoga dengan pertahan itu regunya sanggup menyerang kembali regu lawan.

1. Pola Bendungan Berteman
Seorang pemain sanggup digolongkan sebagai pemain defensive yang baik, kalau bisa bertahan dan mengimbangi smash-smash pihak lawan. Pertahanan meliputi 2 aspek, yaitu: mendapatkan smash lawan dan melindungi dengan block. Jenis-jenis pertahanan yang paling penting yaitu harus mendapatkan bola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri.

2. Taktik-Taktik Bendungan (block)
Block dan sistem pertahanan harus bisa bekerja sama dengan baik kalau ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Block yang sering dipakai dalam permainan bolavoli yaitu sebagai berikut:
  1. Bendungan Satu Pemain. Block jenis ini dipakai kalau lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu sahabat melaksanakan block.
  2. Bendungan Dua Pemain. Block jenis ini dipakai kalau lawan memainkan penyerangan dengan ketepatan sasaran, sehingga pihak bertahan masih mempunyai kesempatan untuk membantu sahabat melaksanakan block.
  3. Bendungan Tiga Pemain. Block jenis ini dipakai kalau menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan smash-smash yang tajam, keras dan menukik. Sehingga diperlukan dengan adanya block yang banyak penyerangan sanggup digagalkan

Penyerangan diartikan untuk mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang melaksanakan penyerangan, strategi penyerangan ada servis, smash, passing atas dan bawah. Taktik pertahanan yaitu pemain bertahan dalam keadaan pasif mendapatkan serangan lawan, dengan cita-cita adanya kesalahan dari regu penyerang, strategi pertahanan ada blok, passing atas dan bawah.
Taktik Dan Seni Administrasi Permainan Bolavoli Taktik Dan Seni Administrasi Permainan Bolavoli Reviewed by dannz on 6:36 PM Rating: 5