Pengemasan Dan Promosi Produk Elektro Praktis

Setelah melalui beberapa tahap dalam proses pembuatan produk elektronik rekayasa, ada beberapa langkah lagi yang harus ditempuh semoga prduk siap dipasarkan. Kegiatan yang perlu dilakukan terhadap produk elektronik rekayasa adalan pengemasan dan promosi produk. Pengemasan ialah teknologi dalam mewadahi atau melindungi produk semoga siap untuk distribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai oleh konsumen akhir. Sedangkan promosi ialah upaya untuk memberitahukan atau memperlihatkan produk maupun jasa dengan tujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Berikut ini klarifikasi mengenai pengemasan dan promosi produk elektronik praktis.

A. Kemasan untuk Produk Elektronika Praktis
Kemasan untuk produk elektronik berfungsi untuk melindungi produk dari benturan dan cuaca serta mengatakan fasilitas membawa. Kemasan juga berfungsi untuk menambah daya tarik dan sebagai
identitas atau merk dari produk tersebut. Seiring waktu orang mulai memakai kemasan sebagai alat promosi, penguatan merek, hingga fasilitas untuk mendistribusikan produk Fungsi kemasan didukung oleh pemilihan material, bentuk, warna, teks dan grafis yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kemasan antara lain sebagai berikut.
  • Target market. Ketika memutuskan untuk menjual produk harus memperhatikan pangsa pasar atau sasaran market sendiri.  Misalnya saja kemasan produk yang ditujukan untuk anak-anak, anak muda, dan orang tua, niscaya sangat jauh berbeda. Dengan mengenali sasaran market yang akan disasar, Anda akan mengetahui desain kemasan yang sesuai untuk masing-masing kalangan usia. 
  • Ergonomis. Selain produk yang menarik, kemasan pun harus dibuat semenarik mungkin. Produk yang menarik mata, dengan warna dan desain yang unik, akan menarik buat konsumen dengan menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun penjualnya. 
  • Ciri khas. Agar lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa menciptakan pelanggan jadi selalu ingat akan produk tersebut.
  • Ukuran. Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil semoga produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen. 
  • Special pack. Kemasan yang menarik juga sekaligus mengatakan promosi. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya ketika momen hari raya, tak ada salahnya untuk mengatakan special pack dengan warna, desain, hingga penawaran promo yang menarik.

Material yang dipakai untuk menciptakan kemasan bermacam-macam bergantung dari produk yang akan dikemas. Produk hiasan yang gampang rusak, memanfaatkan material berstruktur besar lengan berkuasa untuk kemasannya. Kemasan yang ingin memperlihatkan estetika produk didalamnya sanggup memanfaatkan material yang transparan. Pemilihan material juga diadaptasi dengan identitas atau merk dari produk tersebut. Pengemasan sanggup dilengkapi dengan label yang mengatakan informasi teknis maupun memperkuat identitas atau brand.

Selain mempunyai fungsi sebagai pelindung produk, perlu dipertimbangkan pula aspek-aspek mutu produk yang akan dilindungi. Mutu produk ketika mencapai konsumen tergantung pada kondisi materi mentah, metode pengolahan dan kondisi penyimpanan. Dengan demikian fungsi kemasan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Kemampuan/daya membungkus yang baik untuk memudahkan dalam penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan dan penyusunan/ penumpukan.
  • Kemampuan melindungi isinya dari banyak sekali risiko dari luar, contohnya pinjaman dari udara panas/dingin, sinar/cahaya matahari, amis asing, benturan/tekanan mekanis, kontaminasi mikroorganisme.
  • Kemampuan sebagai daya tarik terhadap konsumen. Dalam hal ini identifikasi, informasi dan penampilan ibarat bentuk, warna dan keindahan materi kemasan harus mendapat perhatian.
  • Persyaratan ekonomi, artinya kemampuan dalam memenuhi harapan pasar, sasaran masyarakat dan daerah tujuan pemesan.
  • Mempunyai ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, gampang dibuang, dan gampang dibuat atau dicetak.

2. Promosi Produk Elektronika Praktis
Dalam kewirausahaan, kegiatan promosi dilakukan untuk menunjang kegiatan pemasaran maupun penjualan. Kegiatan dan media promosi bergantung dari pasar sasaran yang merupakan sasaran dari promosi tersebut. Promosi produk sanggup dilakukan diantaranya dengan mengadakan kegiatan di suatu lokasi, promosi melalui poster atau iklan di media cetak, radio maupun media sosial. Produk hiasan mempunyai keunggulan pada tampilan visual maka pada umumnya tidak memanfaatkan radio sebagai media promosi.
  • Media cetak merupakan kumpulan banyak sekali media informasi yang dibuat dan disampaikan kepada khalayak sasaran melalui bentuk-bentuk goresan pena atau cetakan dan seringkali disertai gambar sehingga sanggup dilihat maupun dibaca. Media cetak mempunyai kelebihan yaitu sangat ideal untuk memperlihatkan dan memperlihatkan kemasan produk, ini sangat penting terutama untuk produk yang kategorinya baru, dan membutuhkan klarifikasi manfaat bila produk tersebut digunakan. Kekurangan media cetak contohnya majalah, tabloid atau surat kabar biasanya hanya dibaca sekali untuk kemudian cepat ditinggalkan atau bahkan dibuang.
  • Kelebihan sosial media dalam prmosi produk terutama media umum sanggup dimanfaatkan untuk menjalin korelasi baik dengan konsumen dan mengakibatkan para konsumen tetap bekerjasama dengan produk atau jasa secara eksklusif (personal). Melalui sosial media, produsen dan konsumen bisa saling membuatkan informasi yang bermanfaat untuk kedua belah pihak. Sedangkan kelemahan media umum ialah jikalau produk yang ditawarkan kurang memuaskan mereka menyatakan kekecewaannya melalui sosial mediasehingga akan merusak gambaran produk atau jasa yang ditawarkan.

Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu acara pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, jikalau konsumen tidak tahu atau belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut mempunyai manfaat bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Dalam kegiatan promosi diharapkan strategi-strategi yang sempurna semoga kegiatan promosi yang dilakukan sanggup mencapai target. Pada dasarnya tujuan utama dari seni administrasi promosi dan acara promosi ialah sama yaitu mensugesti konsumen untuk memanfaatkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Rancangan Media Promosi Produk Elektronika Praktis.
Nama ProdukPasar SasaranGambar Produk
Lampu Baca LEDPelajar dan Mahasiswa
Lampu Sepeda PintarAnak-anak
Pengemasan Dan Promosi Produk Elektro Praktis Pengemasan Dan Promosi Produk Elektro Praktis Reviewed by dannz on 7:22 AM Rating: 5