Menghitung Luas Poligon

Dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah kita sanggup menemukan banyak sekali jenis poligon. Apa itu poligon? Poligon yakni kurva tertutup sederhana dengan sisi yang terdiri dari garis lurus. Beberapa pola poligon yang sanggup kita temaukan antara lain segitiga, persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, Namun ada juga bangkit yang bukan termasuk poligon contohnya saja lingkaran, kurva, dan oval/elips. Pada goresan pena ini akan dibicarakan mengenai cara menghitung luas sebuah poligon memakai persegi satuan.

Sebagai pengetahuan dasar sebelum mencoba menghitung luas beberapa poligon, ada baiknya jikalau mengenal terlebih dahulu beberapa jenis poligon yang dipelajari di sekolah dasar. Secara umum poligon dikelompokkan menjadi poligon beraturan, tidak beraturan, conveks dan concave. Poligon beraturan yakni poligon yang memiliki seluruh sisi dan sudut yang sama besar. Poligon Tidak Beraturan yakni poligon yang memiliki panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama. Poligon Convex yakni poligon yang memiliki setiap sudut yang kurang dari 180°. Sedangkan Poligon Concave yakni poligon yang memiliki salah satu sudutnya lebih besar dari 180°.

Demikian beberapa info mengenai pengertian dan jenis-jenis poligon yang dipelajari di sekolah dasar. Berikut ini disajikan cara menghitung luas poligon memakai persegi satuan.
No.GambarKeterangan
1.
hari baik di sekolah maupun di rumah kita sanggup menemukan banyak sekali jenis poligon Menghitung Luas Poligon
Sifat-sifat persegi:Cara 1
Hitunglah jumlah bangkit persegi yang utuh dan segitiga
pada poligon tersebut. Hasilnya adalah:
9 Persegi utuh
2 (4 x 1/2 persegi
11 persegi
2.
hari baik di sekolah maupun di rumah kita sanggup menemukan banyak sekali jenis poligon Menghitung Luas Poligon
Cara 2
Jika menciptakan garis bantu di luar poligon tersebut, maka akan mendapat persegi panjang besar dengan luas 15 persegi. Luas poligon yang didapat yakni 15 persegi dikurang dengan 2 persegi utuh dan 4 segitiga (setengah persegi). Hasilnya adalah:
15 persegi
4 (2 persegi dan 4 segitiga (setengah persegi))
11 persegi

Setelah mengetahui beberapa cara menghitung luas poligon memakai persegi satuan, berikut ini disajikan beberapa pola cara mencari luas poligon. Perhatikan pembahasan di bawah ini.
No.GambarKeterangan
1.
hari baik di sekolah maupun di rumah kita sanggup menemukan banyak sekali jenis poligon Menghitung Luas Poligon
Luas persegi utuh 2 buah, luas campuran beberapa pecahan 5 sehingga luas keseluruhan yakni 7 persegi satuan
2.
Luas persegi utuh 1 buah, luas campuran potonga yakni 4. Sehingga luas keseluruhan yakni 5 persegi satuan
3.
hari baik di sekolah maupun di rumah kita sanggup menemukan banyak sekali jenis poligon Menghitung Luas Poligon
Luas campuran potongan-potongan yakni 6 1/2 persegi satuan
4.
(1) Segitiga siku-siku luas 2 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (2) persegi luas 4 persegi termasuk poligon beraturan. (3) segitiga siku-siku samakaki luas 1/2 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (4) segitiga samakaki luas 1 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (5) persegi panjang luas 3 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (6) segitiga samakaki luas 1 persegi (tidak beraturan), (7 dan 8) segitiga siku-siku luas 1 (tidak beraturan), 5 persegi, (9) segitiga siku-siku luas 1, 5 persegi (tidak beraturan), (10) persegi panjang luas 2 persegi (tidak beraturan), (11) segitiga sembarang luas 1, 5 persegi (tidak beraturan), (12) segitiga siku-siku luas 2 persegi (tidak beraturan, (13) segitiga siku-siku luas 1,5 persegi (tidak beraturan).

Dari beberapa pola soal wacana mencari luas poligon memakai persegi satuan diharapkan pemahaman mengenai luas poligon Anda bertambah. Untuk lebih memahami memang diharapkan banyak lagi latihan-latihan wacana cara menghitung luas poligon. Terima kasih atas kunjungan Anda.
Menghitung Luas Poligon Menghitung Luas Poligon Reviewed by dannz on 5:06 AM Rating: 5