Konversi Energi Listrik Pada Peralatan Elektronik

Kita sering mendengar bahwa masa ke-21 merupakan masa globalisasi. Berbagai insiden dari banyak sekali serpihan dunia sanggup kita saksikan eksklusif melalui layar televisi pada jam, menit, atau bahkan detik yang sama. Kita sanggup berafiliasi dengan sanak-saudara, kerabat atau sobat yang berada di negara lain dengan mudah. Kita seakan hidup dalam satu desa yang sangat besar. Ternyata alat-alat elektronik yang dipakai untuk memperoleh informasi tersebut membutuhkan energi listrik untuk mengoperasikannya.

Listrik mempunyai peranan penting di era globalisasi. Listrik yakni salah satu bentuk energi yang sangat penting dan menjadi kategori kebutuhan pokok yang tidak sanggup dipisahkan bagi kehidupan umat insan di era globalisasi ini selain masakan dan pakaian. Hal ini disebabkan lantaran hampir seluruh kebutuhan insan yang berkaitan dengan peralatan memakai listrik sebagai sumber energinya. Benda-benda yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari  seperti kipas angin, televisi , mesin cuci, bahkan pengaduk gabungan kue. Secara garis besar, energi listrik sanggup diartikan sebagai salah satu faktor terpenting bagi kehidupan insan lantaran tak sedikit sekali peralatan yang biasa kita gunakan memakai listrik sebagai sumber energinya.

Sekarang kita akan melaksanakan pengamatan wacana konversi energi listrik. Konversi energi listrik yakni perubahan energi listrik menjadi bentuk energi lain, misalnya: energi listrik menjadi energi gerak. Amati benda-benda berikut dan benda elektronik lain yang ada di sekitarmu dan jelaskan konversi energi listrik yang terjadi pada benda tersebut.
No.Bentuk PerubahanGambarKeterangan
1.Listrik-Panas
 Berbagai insiden dari banyak sekali serpihan dunia sanggup kita saksikan eksklusif melalui layar Konversi Energi Listrik pada Peralatan Elektronik
Energi listrik sanggup diubah menjadi panas. Ada banyak alat rumah tangga yang sanggup mengubahnya. Contohnya, setrika listrik, kompor listrik, dispenser, pengering rambut, dan solder. Di dalam alat-alat tersebut terdapat elemen pemanas. Ketika dialiri arus listrik, elemen pemanas menjadi panas.
2.Listrik-Cahaya
 Berbagai insiden dari banyak sekali serpihan dunia sanggup kita saksikan eksklusif melalui layar Konversi Energi Listrik pada Peralatan Elektronik
Energi listrik juga sanggup diubah menjadi energi cahaya. Sekarang, orang sudah mengenal lampu listrik. Lampu listrik mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Dengan lampu listrik, malam hari menjadi terang benderang. Contoh lain alat yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya yakni lampu senter.
3.Listrik-Gerak
 Berbagai insiden dari banyak sekali serpihan dunia sanggup kita saksikan eksklusif melalui layar Konversi Energi Listrik pada Peralatan Elektronik
Energi listrik sanggup diubah menjadi energi gerak. Beberapa peralatan memakai motor listrik di dalamnya. Motor listrik inilah yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Ada banyak peralatan rumah yang mempunyai motor listrik. Adanya motor listrik menciptakan peralatan tersebut sanggup menghasilkan energi gerak. Contohnya, kipas angin, blender, mesin cuci, dan mixer.
4.Listrik-Bunyi
 Berbagai insiden dari banyak sekali serpihan dunia sanggup kita saksikan eksklusif melalui layar Konversi Energi Listrik pada Peralatan Elektronik
Energi listrik sanggup diubah menjadi energi bunyi. Beberapa peralatan menyerupai radio, televisi, handphone (hp), dan bel listrik merupakan penghasil bunyi. Namun, alat itu tidak berfungsi jikalau tidak ada listrik. Dengan demikian, alat-alat tersebut mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.

Pengunaan energi listrik pada alat-alat tersebut tentunya harus memperhatikan penghematan energi listrik. Persediaan energi listrik ketika ini mengalami kekurangan sehingga perlu dilakukan tindakan menghemat energi listrik. Selain itu untuk menghasilkan energi listrik juga membutuhkan biaya yang sangat besar. Untuk menghemat energi listrik sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut. 
  1. Menyambung daya listrik dari PLN sesuai dengan kebutuhan. Rumah tangga kecil misalnya, cukup dengan daya 450 VA atau 900 VA, rumah tangga sedang cukup dengan daya 900 VA sampai 1300 VA.
  2. Memilih peralatan rumah tangga yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan
  3. Membentuk sikap anggota rumah tangga yang berhemat energi listrik, menyerupai : menyalakan alat-alat listrik hanya pada ketika diperlukan, dan memakai alat-alat listrik secara bergantian

Pada ketika memakai setrika listrik penghematan energi listrik sanggup dilakukan dengan cara : Pertama, mengatur tingkat panas yang diharapkan sesuai dengan materi pakaian yang akan di setrika.
Kedua, mematikan setrika segera sehabis final menyetrika atau bila akan ditinggalkan untuk mengerjakan yang lain.

Pada ketika memakai alat elektronik menyerupai televisi, radio, dan tape recorder penghematan sanggup dilakukan dengan cara mematikan televise, radio, tape recorder, serta peralatan audio visual lainnya bila tidak di tonton atau tidak didengarkan.

Tujaun penggunaan kipas angin yakni memperoleh udara sejuk, tindakan penghematan yang sanggup dilakukan yakni dengan membuka ventilasi/jendela rumah untuk mempelancar udara ke dalam rumah, serta menghidupkan kipas angina seperlunya dan mematikan bila tidak perlu lagi

Pada ketika memakai lampu penerangan tindakan bijaksana yang sanggup dilakukan untuk menghemat energi antara lain dengan cara : Pertama,  menggunakan lampu hemat energi. Kedua, memakai ballast elektronik dan memasang kondensator pada jenis lampu TL/Neon. Ketiga, menghidupkan lgmpu hanya pada ketika diharapkan saja, dan matikan lampu bila tidak diharapkan lagi.
Konversi Energi Listrik Pada Peralatan Elektronik Konversi Energi Listrik Pada Peralatan Elektronik Reviewed by dannz on 2:06 AM Rating: 5