Teks Pidato Perihal Pentingnya Bergotong Royong

Menurut kodratnya insan ialah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa nalar pikiran yang berkembang serta sanggup dikembangkan. Dalam hubungannya dengan insan sebagai makhluk sosial, insan selalu hidup bersama dengan insan lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina semenjak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam banyak sekali bentuk, sebab itu dengan sendirinya insan akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya.

Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga sebab pada diri insan ada dorongan dan kebutuhan untuk berafiliasi (interaksi) dengan orang lain, insan juga tidak akan sanggup hidup sebagai insan kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.

Tanpa sumbangan insan lainnya, insan mustahil sanggup berjalan dengan tegak. Dengan sumbangan orang lain, insan sanggup memakai tangan, sanggup berkomunikasi atau bicara, dan sanggup menyebarkan seluruh potensi kemanusiaannya. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling membutuhkan satu sama lainnya dengan acara gotong - royong.

Pada goresan pena ini akan disajikan cara menciptakan teks pidato wacana pentingnya bergotong royong. Gunakanlah struktur yang sudah ditentukan menyerupai di bawah ini.
Teks pidato harus memuat:
  1. Salam pembuka berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
  2. Pendahuluan memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Kali ini anda akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuan di lingkungan yaitu pentingnya gotong royong.
  3. Inti berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat permintaan atau bujukan dipakai untuk mengajak pendengar melaksanakan acara yang diharapkan.
  4. Keterangan lengkap wacana topik disampaikan secara rinci.
  5. Penutup berupa penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  6. Salam epilog berisikan kalimat salam epilog menyerupai ‘terima kasih’.
Menurut kodratnya insan ialah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat Teks Pidato Tentang Pentingnya Bergotong Royong
Contoh Teks Pidato Pentingnya Gotong Royong

Assalamualaikum Wr Wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang admin hormati, juga teman-teman yang admin cintai. Sebelumnya mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT atas Rahmat-NYA yang telah dilimpahkan kepada kita semua, sehingga kita sanggup berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Gotong royong atau kerja bakti merupakan satu hal yang sangat positif, dimana dengan adanya gotong royong, rasa kebersamaan dan rasa toleransi antar warga atau antar sesama akan semakin tinggi. Masyarakat Indonesia dikenal bahagia membantu dan pundak membahu. Salah satu bukti dari kebiasaan saling membantu yang dimiliki orang Indonesia ialah adanya budaya gotong royong.

Sejak dahulu kebiasaan tolong-menolong sudah menjadi kepingan dari masyarakat Indonesia, tolong-menolong ini tercermin dari serangkaian acara kerja bakti yang dilakukan oleh setiap anggota masyarakat Indonesia dilingkungannya. Dengan bergotong royong pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan. Contohnya ialah mengerjakan satu pekerjaan dengan memakai tenaga lebih dari satu orang akan gampang dan cepat diselesaikan.

Budaya tolong-menolong kaya akan nilai-nilai konkret yang sudah semestinya terus dilestarikan. Melalui budaya tolong-menolong kita sanggup meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar individu dalam suatu lingkungan masyarakat. Adanya kolaborasi antar insan menjadi cikal bakal terbentuknya rasa persatuan dan kesatuan. Nantinya kalau setiap pekerjaan yang berat dilakukan dengan cara tolong-menolong maka kerukunan hidup antar anggota masyarakat akan semakin terjalin kuat.

Dengan bergotong royong banyak dilema yang berat menjadi gampang diselesaikan. Budaya tolong-menolong terperinci merupakan kunci perdamaian bagi masyarakat Indonesia yang heterogen sebab terdiri dari banyak sekali suku, agama, dan ras yang berbeda. Dengan bergotong royong sanggup mempercepat penyelesaian pekerjaan. Contohnya kalau satu pekerjaan dikerjakan oleh satu orang akan membutuhkan waktu 1 minggu, tetapi dengan suplemen orang dan tenaga maka pekerjaan akan selesai kurang dari 1 minggu.

Sayangnya, seiring dengan berkembangnya zaman, budaya tolong-menolong masyarakat Indonesia seolah bertahap menghilang. Kini, kebanyakan orang disibukkan dengan urusan pribadinya sehingga tidak mempunyai waktu untuk bersosialisasi serta untuk memperhatikan kepentingan sosial masyarakat. Melalui acara tolong-menolong sanggup menambah rasa kebersamaan dan juga menghemat biaya.

Sebagai pola pada ketika terjadi musibah setiap orang berusaha untuk mengumpulkan dana dan membenahi sarana yang rusak serta membantu pihak keamanan untuk mencari korban. Para warga akan secara otomatis sigap dalam membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Dengan kebersamaan segala dilema sanggup diatasi.

Marilah kita mengawali segala sesuatunya dari diri kita sendiri, sempatkan sedikit waktu kita untuk bersosialisasi dengan warga serta lingkungan di sekitar kita, tingkatkan ke-ikhlasan kita. Marilah kita lanjutkan dan kita kembangangkan warisan budaya luhur bangsa kita supaya kita sanggup menghadapi globalisasi yang sedang terjadi ketika ini.

Dari pidato yang telah admin sampaikan di atas maka sanggup admin simpulkan pentingnya bergotong royong. Kesimpulannya ialah tolong-menolong merupakan budaya luhur dari bangsa kita. Gotong royong bermanfaat untuk menciptakan setiap pekerjaan menjadi lebih ringan, mempercepat penyelesaian pekerjaan, mempererat rasa persatuan dan kesatuan, serta menghemat biaya.

Demikian pidato singkat ini admin sampaikan. mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang kurang jelas. Terima kasih.

Wasalamualaikum wr.wb

KriteriaAdaTidak Ada
Teks pidato mempunyai kepingan pembuka-
Teks pidato mempunyai kepingan inti-
Bagian inti teks pidato menjelaskan wacana topik yang dibahas dengan lengkap-
Bagian inti teks pidato memuat contoh-contoh yang mendukung topik-
Teks pidato mempunyai kepingan penutup-
Teks pidato mempunyai kalimat ajakan-
Teks pidato memberi wangsit bagi pembaca-
Sebagian besar kata yang dipakai dalam teks memakai kosa kata baku-

Teks pidato dinilai dengan memakai rubrik.
KriteriaSangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Struktur
Pidato
Teks pidato
memuat
pembukaan,
inti dan
epilog serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
memuat
pembukaan
atau penutup
dan inti serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
hanya memuat
inti dan
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
hanya memiliki
pembuka atau
epilog saja.
Kalimat
Ajakan
Sebagian besar
isi pidato berisi
permintaan atau
bujukan sesuai
topik.
Sebagian kecil
isi pidato berisi
permintaan atau
bujukan dan
sesuai topik.
Isi pidato berisi
permintaan atau
bujukan namun
tidak sesuai
topik.
Isi pidato tidak
memperlihatkan
permintaan atau
bujukan.
Topik yang
disampaikan
Topik yang
disampaikan
menginspirasi
pendengar.
Topik yang
disampaikan
menarik
namun tidak
menginspirasi.
Topik yang
disampaikan
tidak menarik.
Topik kurang
terperinci dan tidak
dimengerti.
Fakta
pendukung
Pidato memuat
fakta pendukung
(manfaat
kegiatan,
tujuan, nilai
kepemimpinan,
semangat
bekerjasama).
Pidato memuat
sebagian besar
fakta pendukung.
Pidato memuat
sebagian kecil
fakta pendukung.
Pidato tidak
memuat fakta
pendukung.
Teks Pidato Perihal Pentingnya Bergotong Royong Teks Pidato Perihal Pentingnya Bergotong Royong Reviewed by dannz on 4:04 PM Rating: 5