Kerja sama anggota badan penting untuk mendukung fungsi organ badan itu sendiri. Kerja sama juga sanggup kita temui dikala kita bermain bersama atau dikala bekerja kelompok. Untuk kiprah berikutnya, anda diharapkan sanggup bekerja sama dengan kelompokmu. Nantinya anda sanggup bekerja sama juga dengan kelompok lainnya di kelasmu.
Dalam kiprah kelompok ini, anda dan kelompokmu akan melaksanakan survei lapangan di sekitar sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan saksama.
1. Bergabung kembalilah dengan kelompokmu dahulu pada dikala anda menciptakan poster sistem pencernaan beserta fungsinya.
2. Ketua kelompok diharapkan sanggup mengatur cara kerja anggotanya dengan baik, pastikan semua mendapat porsi kerjanya masing-masing.
3. Satu kelompok harus sanggup menyurvei 10 responden dengan ketentuan responden sebagai berikut:
4. Setelah memilih responden, buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang akan anda tanyakan. Pastikan setiap anggota mempunyai kertas kerja tersebut.
5. Informasi yang perlu diperoleh dari survei sebagai berikut.
6. Sebelum kelompok anda melaksanakan survei tersebut, sebaiknya anda secara berkelompok:
Fungsi Organ Pencernaan
Gangguan Pencernaaan
Contoh Hasil Survei
Setelah selesai mewawancarai para responden, kembalilah ke kelas dan lakukan diskusi kelompok. Buatlah rangkuman dan kesimpulan dari hasil survei dalam bentuk poster. Dengan supervisi guru, lakukanlah diskusi kelas. Presentasikan kesimpulan hasil survei kelompokmu dan mintalah pendapat dari kelompok lain.
Sistem pencernaan insan berfungsi sebagai pencerna masakan yang kita konsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang kemudian di distribusikan ke seluruh badan kita. Jika kesehatan pencernaan kita terganggu, maka akan muncul banyak sekali gangguan kesehatan lainnya. Oleh alasannya yakni itu, kesehatan pada kanal pencernaan sangatlah penting, sehingga perlu kita jaga biar sistem pencernaan kita selalu sehat.
Dalam kiprah kelompok ini, anda dan kelompokmu akan melaksanakan survei lapangan di sekitar sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan saksama.
1. Bergabung kembalilah dengan kelompokmu dahulu pada dikala anda menciptakan poster sistem pencernaan beserta fungsinya.
2. Ketua kelompok diharapkan sanggup mengatur cara kerja anggotanya dengan baik, pastikan semua mendapat porsi kerjanya masing-masing.
3. Satu kelompok harus sanggup menyurvei 10 responden dengan ketentuan responden sebagai berikut:
- Apakah sebatas siswa-siswi dari sekolah?
- Apakah hanya menyurvei orang-orang remaja di sekolah?
- Apakah juga melibatkan orang-orang remaja di sekitar sekolah?
- Apakah melibatkan keluarga-keluarga yang tinggal di sekitar sekolah? Atau di sekitar tempat tinggal anda?
- Apakah akan menyurvei pegawapemerintah pemerintahan tempat setempat?
- Apakah akan menyurvei puskesmas terdekat?
4. Setelah memilih responden, buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang akan anda tanyakan. Pastikan setiap anggota mempunyai kertas kerja tersebut.
5. Informasi yang perlu diperoleh dari survei sebagai berikut.
- Jenis gangguan sistem pencernaan yang pernah di alami responden.
- Tindakan yang diambil pada dikala responden mengalami gangguan tersebut.
- Seberapa parahkah gangguan yang dialami responden?
- Apa penyebab gangguan sistem pencernaan yang dialami responden?
- Sedalam apakah tingkat kesadaran responden akan pentingnya menjaga kesehatan sistem pencernaannya?
- Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut?
- Tindakan apa yang diambil oleh responden biar tidak terjangkit gangguan tersebut kembali?
6. Sebelum kelompok anda melaksanakan survei tersebut, sebaiknya anda secara berkelompok:
- Mengulas kembali organ-organ dalam sistem pencernaan
- Fungsi dari tiap-tiap organ
Fungsi Organ Pencernaan
No. | Organ | Fungsi |
---|---|---|
1. | Mulut | Fungsi utama verbal yakni menghancurkan masakan sehingga ukurannya menjadi kecil. |
2. | Kerongkongan | Fungsi utama kerongkongan yakni memindahkan masakan ke dalam lambung dengan gerakan peristaltik. |
3. | Lambung | Fungsi utama lambung yakni untuk memecah masakan dan mencampur dengan enzim dan asam |
4. | Usus Halus | Fungsi utama usus halus yakni menyerap sebagian besar nutrisi dalam makanan. |
5. | Usus Besar | Fungsi utama usus bsar yakni peresapan air dan pembetukkan feses. |
6. | Anus | Fungsi utama anus yakni pengeluaran sisa–sisa masakan yang sudah tidak dibutuhkan oleh badan melalui organ anus. |
Gangguan Pencernaaan
Nama Ganguan | Keterangan | |
---|---|---|
Mag | Penjelasan | Mag merupakan gangguan akhir peradangan pada lambung |
Penyebab | Luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat jerawat basil Helicobacter pylori. | |
Gejala | Gejala berupa nyeri perut kepingan atas, mual, dan muntah. | |
Cara Mengatai | Penanganan tergantung pada penyebabnya. Antibiotik dan antasida sanggup membantu. | |
Diare | Penjelasan | Diare merupakan penyakit kanal pencernaan yang disebabkan oleh jerawat bakteri, parasit, maupun virus. |
Penyebab | Infeksi virus pada usus besar dan alergi makanan. | |
Gejala | Gejala berupa diare mencakup perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah. | |
Cara Mengatai | Biasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal yang perlu dilakukan yakni dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi.. | |
Konstipasi | Penjelasan | Konstipasi atau “sembelit” yakni tanda-tanda fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. |
Penyebab | Sembelit disebabkan oleh adanya peresapan air pada sisa masakan yang berlebihan. | |
Gejala | Harus mengejan dikala buang air besar., Proses buang air besar terasa tidak tuntas., Tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal. | |
Cara Mengatai | Banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum banyak air sanggup mencegah gangguan ini. | |
Kolera | Penjelasan | Kolera yakni penyakit diare akut, yang disebabkan oleh jerawat usus akhir terkena bakteria Vibrio Cholerae. |
Penyebab | Penyebab jerawat kolera yakni basil berjulukan Vibrio cholerae. | |
Gejala | Gejala ini sanggup muncul secara tiba-tiba. mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi. | |
Cara Mengatai | Pemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus). | |
Gastritis | Penjelasan | Gastritis merupakan penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan. |
Penyebab | Penyebab lantaran kadar asam klorida atau Hcl terlalu tinggi. dan mengkonsumsi masakan yang banyak mengandung kuman penyebab penyakit. | |
Gejala | Nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung, Hilang nafsu makan, Cepat merasa kenyang dikala makan, dan Perut kembung | |
Cara Mengatai | Hindari masakan berminyak, asam, atau pedas, temui dokter kalau tanda-tanda gastritis selalu terasa sehabis mengonsumsi obat-obatan tertentu | |
Tifus | Penjelasan | Tifus merupakan penyakit peradangan pada usus |
Penyebab | Tifus disebabkan oleh masakan dan minuman yang tidak terjaga kebersihannya | |
Gejala | Gejala tifus yakni demam tinggi, badan menggigil, lemah dan mual. | |
Cara Mengatai | Hindari makan di luar lantaran kebersihan masakan di luar tidak benar-benar terjaga | |
Radang Usus Buntu | Penjelasan | Radang usus buntu merupakan pradangan pasa umbai cacing lantaran ampas kotoran yang tidak tercerna |
Penyebab | Radang usus buntu terjadi lantaran ampas kotoran yang tidak tercerna menumpuk di usus buntu. | |
Gejala | Gejala yang ditimbulkan yakni badan demam dan perut kanan bawah terasa nyeri. Perut terasa mual dan disertai muntah | |
Cara Mengatai | Hindari masakan penyebab smbelit, banyak minum air putih dan jangan menunda BAB. |
Contoh Hasil Survei
Nama Responden | Hasil Survei | |
---|---|---|
Agus | Jenis gangguan sistem pencernaan yang pernah di alami | Mag |
Tindakan yang diambil pada dikala responden mengalami gangguan | Meminum obat mag | |
Seberapa parahkah gangguannya | Sampai mngalami muntah-muntah | |
Apa penyebab gangguan sistem pencernaan | Makan masakan pedas | |
Sedalam apakah tingkat kesadaran responden | Kesadaran masih rendah lantaran masih suka makan masakan pedas. | |
Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut? | Sekitar dua kali dalam sebulan | |
Tindakan apa yang diambil oleh responden agar tidak terjangkit kembali | Mengurangi makan masakan yang menjadikan mag |
Setelah selesai mewawancarai para responden, kembalilah ke kelas dan lakukan diskusi kelompok. Buatlah rangkuman dan kesimpulan dari hasil survei dalam bentuk poster. Dengan supervisi guru, lakukanlah diskusi kelas. Presentasikan kesimpulan hasil survei kelompokmu dan mintalah pendapat dari kelompok lain.
Sistem pencernaan insan berfungsi sebagai pencerna masakan yang kita konsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang kemudian di distribusikan ke seluruh badan kita. Jika kesehatan pencernaan kita terganggu, maka akan muncul banyak sekali gangguan kesehatan lainnya. Oleh alasannya yakni itu, kesehatan pada kanal pencernaan sangatlah penting, sehingga perlu kita jaga biar sistem pencernaan kita selalu sehat.
Survei Wacana Gangguan Organ Pencernaan
Reviewed by dannz
on
6:19 AM
Rating: