Suatu soal atau pertanyaan merupakan suatu persoalan apabila soal atau pertanyaan tersebut menantang untuk diselesaikan atau dijawab, dan mekanisme untuk menyelesaikannya atau menjawabannya tidak sanggup dilakukan secara rutin. Pemecahan persoalan yaitu proses yang dipakai untuk menuntaskan masalah. Memperhatikan apa yang akan diperoleh siswa dengan mencar ilmu memecahkan masalah, maka wajarlah kalau pemecahan persoalan yaitu bab yang sangat penting, bahkan paling penting dalam mencar ilmu matematika.
Pemecahan persoalan sanggup dilakukan dengan cara menganalisis korelasi antar simbol, warta yang relevan, dan mengamati pola. Misalnya dikala kita mengamati suhu udara pada waktu yang berbeda, risikonya juga berbeda. Seperti pada tabel di bawah ini.
Pengamatan Ke | Suhu Udara °C |
---|---|
1 | 28 |
2 | 30 |
3 | 32 |
4 | 34 |
Contoh lain:
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 2 |
2 | 4 |
3 | 6 |
4 | 8 |
Terdapat rujukan pada data masuk dan data keluar. Setiap data masuk dikalikan dengan 2 sehingga dikala data masuk yaitu 1 maka data keluar 1 x 2 = 2. Jika data masuk 2, maka data keluar 2x2 = 4. Kaprikornus disimpulkan bahwa korelasi data masuk dan data keluar yaitu data keluar = data masuk x 2.
Lengkapi tabel di bawah ini dengan aba-aba sebagai berikut!
Data masuk +12 dan data masuk x 9Lengkapi tabel di bawah ini dengan aba-aba sebagai berikut!
Data Masuk | Data Keluar | Data Masuk | Data Keluar |
---|---|---|---|
1 | 1 + 12 = 13 | 1 | 1 x 9 = 9 |
2 | 2 + 12 = 14 | 2 | 2 x 9 = 18 |
3 | 3 + 12 = 15 | 3 | 3 x 9 = 27 |
4 | 4 + 12 = 16 | 4 | 4 x 9 = 36 |
5 | 5 + 12 = 17 | 5 | 5 x 9 = 45 |
Lengkapi tabel di bawah ini aba-aba berikut!
Data Masuk | Data Keluar | Data Masuk | Data Keluar |
---|---|---|---|
1 | (1x 6) + 1 = 7 | 1 | (1+ 1) x 6 = 12 |
2 | (2 x 6) + 1 = 13 | 2 | (2 +1) x 6 = 18 |
3 | (3 x 6) + 1 = 19 | 3 | (3 + 1 ) x 6 = 24 |
4 | (4 x 6) + 1 = 25 | 4 | (4 + 1 ) x 6 = 30 |
5 | (5 x 6) + 1 = 31 | 5 | (5 + 1 ) x 6 = 36 |
Pak Ali mencari ikan di maritim dengan memakai jaring. Setiap kali menjaring, Pak Ali biasanya mendapat 12 ekor ikan. Jika Pak Ali menjaring sebanyak 2 kali, berapakah ikan yang ia dapatkan? Pak Ali ingin mendapat 48 ekor ikan, berapa kali pak Ali harus menjaring? Bantulah Pak Ali menghitungnya!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 12 |
2 | 24 |
3 | 36 |
4 | 48 |
Perhatikan mesin pengolah data di bawah ini!
Setiap data yang masuk akan dikalikan 4 oleh mesin ini. Jika data yang masuk 3, maka data yang akan keluar 12. Bagaimana kalau data yang masuk 7? Berapa data yang akan keluar?
Setiap data yang masuk akan ditambahkan 9 oleh mesin ini. Jika data yang masuk 1, berapa data yang keluar?
Setiap data yang masuk akan ditambahkan 9 oleh mesin ini. Jika data yang masuk 1, berapa data yang keluar?
Data Masuk | Data Keluar | Data Masuk | Data Keluar |
---|---|---|---|
1 | 1 x4 = 4 | 1 | 1 + 9 = 10 |
7 | 7 x 4 = 28 | 2 | 2 + 9 = 11 |
Jika data yang keluar 12, berapa data yang masuk?
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 1+ 11 = 12 |
2 | 2 + 11 = 13 |
3 | 3 = 11 = 14 |
4 | 4 + 11 = 15 |
5 | 5 + 11 = 16 |
Setiap data yang masuk akan dikalikan 2 dan ditambah 6.
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
2 | 2 x 2 + 6 = 10 |
4 | 4 x 2 + 6 = 14 |
6 | 6 x 2 + 6 = 18 |
8 | 8 x 2 + 6 = 22 |
10 | 10 x 2 + 6 = 26 |
Hubungan antara data masuk dan data keluar pada tabel di bawah ini yaitu data masuk ditambah 4 dan dibagi 2. Berilah tanda √pada data yang sesuai!
Data Masuk | Data Keluar | Data Keluar |
---|---|---|
4 | 2 | - |
8 | 4 | - |
16 | 10 | √ |
26 | 15 | √ |
30 | 19 | - |
Hubungan antara data masuk dan data keluar pada tabel di bawah yaitu data masuk dibagi 6 dan ditambah 5. Berilah tanda √ pada data yang sesuai!
Data Masuk | Data Keluar | Data Keluar |
---|---|---|
6 | 6 | √ |
12 | 7 | √ |
30 | 10 | √ |
42 | 2 | - |
54 | 15 | - |
Bulan Oktober yang lalu, di SD Kenanga sejumlah siswa terserang penyakit campak. Campak yaitu sejenis penyakit kulit yang menular. Berikut ini yaitu data siswa yang terserang penyakit tersebut selama 4 minggu.
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 4 |
2 | 8 |
3 | 12 |
4 | 16 |
- Pola apa yang anda lihat pada kolom pertama (kolom Minggu ke-) pada tabel di atas? (Data masuk x 4)
- Pola apa yang anda lihat pada kolom kedua (kolom banyak siswa yang terjangkit) pada tabel di atas? (2 x 4 = 8)
- Buatlah prediksi banyak siswa yang mungkin terserang penyakit yang sama pada ahad ke-7! (7 x 4 = 28)
- Menurutmu, kalau wabah tersebut belum teratasi, pada ahad ke berapakah siswa yang terserang penyakit campak tersebut mencapai 48 orang? (48 : 4 = 12)
Amatilah tabel berikut!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
3 | (3 x 4) - 3 = 9 |
6 | (6 x 4) - 3 = 21 |
9 | (9 x 4) - 3 = 33 |
12 | (12 x 4) - 3 = 45 |
15 | (15 x 4) - 3 = 57 |
Data Masukan Dan Data Keluaran
Reviewed by dannz
on
8:44 PM
Rating: