Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda

Ayo Membaca
Benda mempunyai ciri-ciri yang sanggup diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, anda telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

Ciri-ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!
Ibu Guru:Anak-anak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Siti:Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?
Ibu Guru:Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.
Udin:Bola basket lebih berat, Bu!
Ibu Guru:Benar, Udin. Bola basket materi penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya materi penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.
Siti:Jadi, bola yang lebih berat mempunyai massa lebih besar?
Ibu Guru:Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
Ayo Berlatih
Perhatikan pengukuran massa benda berikut ini! Lingkari pernyataan yang benar!
No.KeteranganGambar
aBalok Y mempunyai massa yang lebih besar dari Balok H.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
bGelas ukur yang berisi air mempunyai massa yang lebih besar dari gelas ukur yang kosong.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
cBotol B mempunyai massa yang lebih besar dari botol A. Botol B mempunyai berat yang lebih besar dari botol A.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
dBola yang kempes mempunyai massa yang lebih kecil dari bola yang tidak kempes.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
eEnam apel mempunyai massa yang sama dengan satu semangka. Oleh lantaran itu, tiga apel mempunyai berat sama dengan satu semangka.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda

Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda sanggup berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di daerah itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa badan di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat badan di bumi dengan di bulan berbeda. Berat badan astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.

Dalam percakapan sehari-hari dan hitungan matematika, orang sering menyamakan istilah berat dengan massa. Seperti kita sering mendengar orang mengatakan, berapa beratmu? Adapun yang benar, berapa massamu?

Yang diukur pada timbangan ialah massa bukan berat. Namun, lantaran istilah berat sudah umum dipakai dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.

Ayo Mengamati
Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil mempunyai volume yang kecil. Benda yang besar mempunyai volume yang besar.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda

Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B. Pelajarilah wacana volume benda! Lakukan percobaan berikut bersama sahabat dalam kelompokmu!

Alat dan Bahan
  1. Gelas ukur
  2. Benda padat yang sanggup dimasukkan ke dalam gelas ukur
  3. Air
  4. Balon (2 buah)

Langkah-Langkah Percobaan
  1. Isilah gelas ukur dengan air. Masukkan benda padat ke dalamnya.
  2. Perhatikan gambar untuk menandakan volume benda padat!
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
  1. Apa yang terjadi sebelum dan sehabis benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur volume air bertambah.
  2. Isilah gelas ukur dengan air sebanyak 300 mililiter. Kemudian tambahkan sampai 600 mililiter. Perhatikan gambar untuk menandakan volume benda cair!
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
  1. Apa yang terjadi sebelum dan sehabis air ditambahkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah air ditambahkan ke dalam gelas volume air dalam gelas bertambah.
  2. Perhatikan gambar untuk menandakan volume benda gas!
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda

  1. Apa yang terjadi sebelum dan sehabis udara ditiupkan ke dalam balon? Tuliskan pengamatanmu! Balon mengembang sehabis ditiup lantaran udara mengisi seluruh ruang dalam balon.

Kamu telah melakukan percobaan di atas! Coba lengkapi kalimat di bawah ini!
Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda tak hidup Benda mempunyai tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu mempunyai masa dan ruang (volume)
Ayo Mengamati
Dayu sedang memperhatikan aneka bola berikut ini! Pernahkah kalian melihat ketiga jenis bola tersebut? Dapatkah anda menyebutkan ketiga jenis bola tersebut? Manakah bola yang mempunyai massa paling besar? Bagaimana dengan volumenya? Manakah bola yang mempunyai volume paling besar?

Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati jenis bola di atas! Ayo, coba memantulkan ketiga jenis bola tersebut ke lantai! Bola manakah yang memantul paling tinggi?

Setelah anda sanggup memilih bola yang memantul kembali paling tinggi, gunakan bola tersebut untuk berlatih memantul dan menangkap bola.
ciri benda antara lain mempunyai massa dan ruang  Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda
  1. Latihan 1. Memantulkan bola kepada teman
  2. Latihan 2. Memantulkan bola ke lantai
  3. Latihan 3. Memantulkan bola sambil berjalan

Ayo Bercerita
Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak sanggup berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan. Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan memapahnya ke UKS. UKS abreviasi Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menerka kaki Udin terkilir. Oleh lantaran itu, kakinya perlu diperiksa dokter. Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah anda mempunyai pengalaman menolong sahabat atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik dikala temanmu bercerita!

Ayo Menulis
Kamu telah menyimak dongeng temanmu. Cerita wacana pengalaman menolong orang lain. Mengapa kita perlu menolong orang lain? Coba tuliskan alasanmu!
Manusia tidak bis hidup sendirian, insan membutuhkan insan yang lainnya. Tolong menolong juga menumbuhkan kerukunan antara sesama manusia.
Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda Reviewed by dannz on 10:35 PM Rating: 5