Soal Penilaian Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan

Tema 1 Kelas VI sekolah dasar terdiri dari tiga subtema. Subtema 1 ialah flora sumber kehidupan. Pada subtema satu ini pelajaran IPA membahas perihal perkembangbiakan flora secara generatif dan vegetatif. Mata pelajaran PKn membahas perihal pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran matematika membahas perihal pecahan persen dan pecahan desimal. Bahasa Indonesia membahas perihal menemukan warta manfaat dan asal data dari teks investigasi. Pada bab selesai tema dilaksanakan penilaian untuk mengetahui pemahaman siswa perihal pembelajaran yang telah diikuti. Berikut ini soal penilaian tema satu subtema 1 kelas VI Kurikulum 2013.

1. Cermati kembali teks berjudul “Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin.” Buatlah ringkasan dari teks tersebut dengan memperhatikan penggunaan kosakata baku, abjad besar, dan tanda baca.

Manusia dan binatang memerlukan makanan untuk melaksanakan acara sehari-hari. Ada bermacam-macam jenis flora yang mengandung karbohidrat, ibarat padi, sagu, jagung, dan umbi-umbian. Manusia dan binatang juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya. Ada bermacam-macam jenis flora yang mengandung protein ibarat kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain. Manusia juga memerlukan jenis makanan yang mengandung vitamin yang dipakai  untuk menjaga kesehatan dan melindungi badan kita dari serangan aneka macam penyakit. Ada bermacam-macam jenis flora yang mengandung vitamin yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut mencakup bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi

2. Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari sikap tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.
Nilai-nilai PancasilaSikapManfaat
Sila 1: KeTuhanan
  1. Beribadah.
  2. Menghormati sobat lain yang berbeda agama.
  1. Hati menjadi tenang.
  2. Hidup rukun.
Sila 2: Kemanusiaan
  1. Menghargai sobat yang berlainan agama.
  2. Bersikap dan berkata sopan pada semua teman.
  1. Hidup menjadi nyaman
  2. Saling menghargai sesama manusia
Sila 3: Persatuan
  1. Bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.
  2. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
  3. Mengembangkan sikap saling menghargai.
  1. Tidak terjadi konflik-konflik 
  2. Persatuan dan kesatuan terjaga.
Sila 4: Kerakyatan
  1. Menghargai hasil musyawarah.
  2. Kita dihentikan memaksakan kehendak  kita kepada orang lain.
  3. Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
  1. Mengutamakan musyawarah mufakat
  2. Menghargai pendapat orang lain
  3. Tidak memaksakan kehendak
Sila 5: Keadilan
  1. Peduli terhadap penderitaan yang dialami orang lain.
  2. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  3. Menghormati hak-hak orang lain.
  4. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  1. Berlaku adil
  2. Keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  3. Menghormati hak milik orang lain.

3. Ceritakan perihal satu proses perkembangbiakan flora yang telah anda pelajari. Jelaskan dengan singkat dan sertakan gambar sehingga tulisanmu akan tampak menarik.
Tumbuhan berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan generatif pada flora antara lain sebagai berikut.
 Kelas VI sekolah dasar terdiri dari tiga subtema Soal Evaluasi Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan
  • Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  • Perkembangbiakan generatif pada flora diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  • Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan (spermatozoid) masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  • Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur.
  • Hasil dari pembuahan ialah zigot.
  • Zigot bermetamorfosis lembaga, bakal biji bermetamorfosis biji, dan bakal buah bermetamorfosis daging buah.
  • Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon flora baru.

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetatif ialah perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui proses penyerbukan atau pembuahan. Pada proses vegetatif alami, makhluk hidup gres terbentuk tanpa sumbangan manusia. Sedang pada vegetatif buatan, makhluk hidup gres terbentuk dengan sumbangan manusia. Perkembangbiakan secara vegetatif pada flora dikelompokkan menjadi :
  • Vegetatif Alami memakai Spora teladan : paku, pakis. Akar tinggal (rhizoma) : kunyit, jahe, lengkuas, kunci, temulawak, rumput. Umbi: kentang/ubi jalar, singkong/wortel, bawang merah. Geragih : rumput teki, arbei, pegagan, semanggi. Tunas: pisang dan bambu.
  • Vegetatif Buatan dengan cara Cangkok : batang bermacam-macam jenis buah dari pohon berkayu yang dicangkok. Setek : batang singkong, daun cocor bebek.

4. Berikut ini ialah data buah kesukaan siswa kelas 6 SD Nusantara
Nama buahProsentase
Jeruk13%
Apel45%
Sawo34%
Semangka8%
Jeruk = 13 = 0,13 benar
100
Apel  = 45 = 0, 45 + Jeruk 0,13 = 0,58 benar
100
Sawo = 34 = 0,34, yang tidak menyuaki sawo 100-34 = 66% benar
100
Semangka = 8 = 0,08  benar
100

5. Perhatikan angka-angka pecahan berikut ini. Angka pecahan manakah yang lebih besar? Angka pecahan manakah yang lebih kecil? Bagaimana cara anda mengetahuinya? Jelaskan dengan singkat!
10%, 1/10, dan  0,01
10% = 10 = 0,10
100
1 = 0.1
10
0,01 = 1 = 0,01
100
Jadi, bilangan yang paling kecil nilainya ialah 0,01

6. Siti dan Edo mengikuti tes Matematika bersama-sama. Siti sanggup menjawab benar 23 soal dari 25 soal yang ada. Edo sanggup menjawab benar 88% soal dari 25 soal yang ada. Nilai siapa yang lebih tinggi? Bagaimana cara anda mengetahuinya?
Nilai Siti = 23 x 100 = 92
25
Nilai Edo = 88 x 25 = 22 soal
100
Nilai Siti lebih besar daripada nilai Edo, alasannya ialah Siti memperoleh skor 23 sedangkan Edo hanya 22.
Soal Penilaian Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan Soal Penilaian Tema 1 Subtema 1: Tumbuhan Sumber Kehidupan Reviewed by dannz on 8:49 PM Rating: 5