Pengolahan Nilai Kompetensi Keterampilan

Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik.Penilaian merupakan serangkaian aktivitas untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data perihal proses dan hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian sanggup dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan sehabis pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk)

Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan oleh pendidik dengan tehnik penilaian praktik, penilaian projek, dan penilaian portofolio. Sedangkan pelaksanaan penilaian keterampilan sanggup dilakukan pada ujian sekolah. Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan oleh pendidik secara berkelanjutan. Pendekatan penilaian yang dipakai ialah penilaian pola kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).

a. Penilaian Praktik
Dilakukan oleh pendidik, Intensitas pelaksanakan ditentukkan oleh pendidik berdasar tuntutan KD. Berikut ini ialah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan tes praktik.
  • Menyampaikan rubrik sebelum pelaksanaan penilaian kepada penerima didik.
  • Memberikan pemahaman yang sama kepada penerima didik perihal kriteria penilaian.
  • Menyampaikan kiprah kepada penerima didik.
  • Memeriksa kesediaan alat dan materi yang dipakai untuk tes praktik.
  • Melaksanakan penilaian selama rentang waktu yang direncanakan.
  • Membandingkan kinerja penerima didik dengan rubrik penilaian.
  • Melakukan penilaian dilakukan secara individual.
  • Mencatat hasil penilaian.
  • Mendokumentasikan hasil penilaian.
b. Penilaian projek
Penilaian projek dilakukan oleh pendidik untuk tiap final kepingan atau tema pelajaran. Intensitas pelaksanaannya didasarkan pada tuntutan KD. Berikut ini ialah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan penilaian proyek.
  • Menyampaikan rubrik penilaian sebelum pelaksanaan penilaian kepada penerima didik.
  • Memberikan pemahaman kepada penerima didik perihal kriteria penilaian.
  • Menyampaikan kiprah disampaikan kepada penerima didik.
  • Memberikan pemahaman yang sama kepada penerima didik perihal kiprah yang harus dikerjakan.
  • Melakukan penilaian selama perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan proyek.
  • Memonitor pengerjaan proyek penerima didik dan menawarkan umpan balik pada setiap tahapan pengerjaan proyek.
  • Membandingkan kinerja penerima didik dengan rubrik penilaian.
  • Memetakan kemampuan penerima didik terhadap pencapaian kompetensi minimal.
  • Mencatat hasil penilaian.
  • Memberikan umpan balik terhadap laporan yang disusun penerima didik.
c. Penilaian portofolio
Penilaian portofolio dilakukan minimal setiap final semester.Intensitas pelaksanaan penilaian didasarkan pada tuntutan KD.Pelaksanaan penilaian portofolio, harus memenuhi beberapa kriteria berikut.
  • Melaksanakan proses pembelajaran terkait kiprah portofolio dan menilainya pada dikala aktivitas tatap muka, kiprah terstruktur atau kiprah berdikari tidak terstruktur, diubahsuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan aktivitas pembelajaran.
  • Melakukan penilaian portofolio menurut kriteria penilaian yang telah ditetapkan atau disepakati bersama dengan penerima didik. Penilaian portofolio oleh penerima didik bersifat sebagai penilaian diri.
  • Peserta didik mencatat hasil penilaian portofolionya untuk materi refleksi dirinya.
  • Mendokumentasikan hasil penilaian portofolio sesuai format yang telah ditentukan
  • Memberi umpan balik terhadap karya penerima didik secara berkesinambungan dengan cara memberi keterangan kelebihan dan kekurangan karya tersebut, caramemperbaikinya dan diinformasikan kepada penerima didik.
  • Memberi identitas (nama dan waktu penyelesaian tugas), mengumpulkan dan menyimpan portofolio masing-masing dalam satu map atau folder di rumah masing masing atau di loker sekolah.
  • Setelah suatu karya dinilai dan nilainya belum memuaskan, penerima didik diberi kesempatan untuk memperbaikinya.
  • Membuat “kontrak” atau perjanjian mengenai jangka waktu perbaikan dan penyerahankarya hasil perbaikan kepada guru
  • Memamerkan dokumentasi kinerja dan atau hasil karya terbaik portofolio dengan cara melekat di kelas
  • Mendokumentasikan dan menyimpan semua portofolio ke dalam map yang telahdiberi identitas masing-masing penerima didik untuk materi laporan kepada sekolah dan orang bau tanah penerima didik
  • Mencantumkan tanggal pembuatan pada setiap materi informasi perkembangan pesertadidik sehingga sanggup terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu untuk bahanlaporan kepada sekolah dan atau orang bau tanah penerima didik .
  • Memberikan nilai final portofolio masing-masing penerima didik disertai umpan balik
Untuk mengolah nilai keterampilan sanggup memakai daftar nilai contoh menyerupai di bawah ini.

DAFTAR NILAI SISWA
Mata Pelajaran     : MatematikaSemester   : 1 (satu)              KKM: 2,66
KelasV (lima)Tahun Pelajaran   : 2014/2015Wali Kelas: Kuswanto
AspekKeterampilan
Kompetensi Dasar Aspek Ketrampilan Mapel  Matematika
Kompetensi Dasar 1Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan banyak sekali kemungkinan jawaban
Kompetensi Dasar 2Menentukan bilangan yang tidak  diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka 
Kompetensi Dasar 3Menunjukkan kesetaraan memakai perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
Kompetensi Dasar 4Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan 
Kompetensi Dasar 5Melakukan percobaan dan melaporkan risikonya untuk menemukan keliling dan luas bulat serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran 

No.NamaUnjuk KerjaRerataProjekRerataPortofolioRerataNilaiKet
KD1KD1KD1KD1KD1TM1TM2TM3TM4TM1TM2TM3TM40-1000-4Konversi
1.Agus72707674787476780808079787674767676,333,05B+Tuntas
2.Budi7465565476656674725667616566606365,002,60B-Tidak Tuntas
JenisUnjuk KerjaProjekProtofolioJumlah
Bobot1113
Apabila kriteri bobot penilaian ialah sama untuk semua teknik penilaian maka skor final untuk Agus ialah :
Nilai Agus = (74 + 79 + 76)=229= 76,33
33
Konversi skor 76,33 ke dalam rentangan 1 – 4 memakai rumus :
Nilai Agus = Nilai yang diperolehx 4 = 76,33x 4 = 3.05
100100
Konversi nilai 1 - 4 ke dalam predikat sanggup dilihat pada tabel di bawah ini
No.NilaiPredikat
1.0,00   ˂     Nilai     ≤     1,00D
2.1,00   ˂      Nilai     ≤     1,33D+
3.1,33   ˂      Nilai     ≤     1,66C-
4.1,66  ˂      Nilai     ≤     2,00C
5.2,00   ˂      Nilai     ≤     2,33C+
62,33   ˂      Nilai     ≤     2,66B-
7.2,66   ˂      Nilai     ≤     3,00B
8.3,00   ˂      Nilai     ≤     3,33B+
9.3,33    ˂      Nilai     ≤     3,66A-
10.3,66    ˂      Nilai     ≤     4,00A
Kriteria tuntas dan tidak tuntas ditentukan dengan melihat KKM untuk aspek keterampilan yaitu 2,66. Peserta didik dikatakan tuntas apabila memperoleh nilai 2,66 atau lebih, sedangkan penerima didik dikategorikan tidak tuntas kalau memperoleh nilai kurang dari 2,66.
Pengolahan Nilai Kompetensi Keterampilan Pengolahan Nilai Kompetensi Keterampilan Reviewed by dannz on 9:02 PM Rating: 5