Salah satu model penilaian pendidikan yang dikala ini dikembangkan Departemen Pendidikan Nasional yakni dengan model penilaian yang dilakukan oleh akseptor didik dan antar akseptor didik ( self assesment). Penilaian diri yakni suatu teknik penilaian di mana akseptor didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran atau tema tertentu didasarkan atas kreteria atau contoh yang telah disiapkan.
Secara umum penggunaan teknik penilaian diri sanggup memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian akseptor didik. Keuntungan penggunaan penilaian diri di pembelajaran berdasarkan antara lain:
Berikut ini merupakan contoh penilaian diri akseptor didik untuk kompetensi dasar matematika, jadi untuk yang lain daftar pertanyaannya menyesuaiakan.
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti !
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut !
Setelah akseptor didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format penilaian ibarat di bawah ini.
Keterangan :
0 = Tidak
1 = Ya
Nilai Peserta Didik = Skor/Skor Mak (11) x 100
Nilai Aldo = 8/11 x 100 = 73. Konversi = 73/100 x 4 = 2,91 = B
Tabel konversi nilai dan predikat
Secara umum penggunaan teknik penilaian diri sanggup memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian akseptor didik. Keuntungan penggunaan penilaian diri di pembelajaran berdasarkan antara lain:
- Menjadi mengerti bagaimana cara mencar ilmu yang terbaik
- Belajar untuk menyatukan gaya mencar ilmu yang di sukai dengan gaya mencar ilmu yang lain
- Belajar untuk merubah kebiasaan dan pola berfikir yang tidak efektif
- Membuat rangsangan yang positif dan memotifasi.
- Menentukan kompetensi atau aspek kemampuan yang akan dinilai.
- Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan.
- Merumuskan format penilaian, sanggup berupa pedoman penskoran, daftar tanda cek, atau skala penilaian.
- Meminta akseptor didik untuk melaksanakan penilaian diri.
- Guru mengkaji sampel hasil penilaian secara acak, untuk mendorong akseptor didik biar senantiasa melaksanakan penilaian diri secara cermat dan objektif.
- Menyampaikan umpan balik kepada akseptor didik berdasarkan hasil kajian terhadap sampel hasil penilaian yang diambil secara acak
Berikut ini merupakan contoh penilaian diri akseptor didik untuk kompetensi dasar matematika, jadi untuk yang lain daftar pertanyaannya menyesuaiakan.
Nama | : | Aldo |
Kelas | : | V (lima) |
Tanggal Pengamatan | : | 4 Desember 2014 |
Tema/Sub Tema | : | Usaha Pelestarian Lingkungan |
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut !
No. | Pernyataan | Jawaban | |
---|---|---|---|
Ya | Tidak | ||
1. | Saya berusaha mencar ilmu dengan sungguh-sungguh | ......... | ..... |
2. | Saya mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian | ..... | ..... |
3. | Saya mengerjakan kiprah yang diberikan guru sempurna waktu | ..... | ..... |
4. | Saya mengajukan pertanyaan bila ada yang tidak dipahami | ..... | ..... |
5. | Saya berperan aktif dalam kelompok | ..... | ..... |
6. | Saya menyerahkan kiprah sempurna waktu | ..... | ..... |
7. | Saya selalu menciptakan catatan hal-hal yang admin anggap penting | ..... | ..... |
8. | Saya merasa menguasasi dan sanggup mengikuti aktivitas pembelajaran dengan baik | ..... | ..... |
9. | Saya menghormati dan menghargai orang tua | ..... | ..... |
10. | Saya menghormati dan menghargai teman | ..... | ..... |
11. | Saya menghormati dan menghargai guru | ..... | ..... |
Jumlah Skor. | ............... |
Setelah akseptor didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format penilaian ibarat di bawah ini.
No | Nama Siswa | Pertanyaan | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
P 1 | P 2 | P 3 | P 4 | P 5 | P 6 | P 7 | P 8 | P 9 | P10 | P 11 | Jml | Nilai | Konversi | Ket. | ||
1 | Aldo | 0 | 1 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 8 | 2,91 | B | Tuntas |
2 | Budiman | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | ...... | ..... | ..... | .... | ..... |
0 = Tidak
1 = Ya
Nilai Peserta Didik = Skor/Skor Mak (11) x 100
Nilai Aldo = 8/11 x 100 = 73. Konversi = 73/100 x 4 = 2,91 = B
Tabel konversi nilai dan predikat
No. | Nilai | Predikat | Nilai Sikap |
---|---|---|---|
1. | 0,00 ˂ Nilai ≤ 1,00 | D | Kurang |
2. | 1,00 ˂ Nilai ≤ 1,33 | D+ | |
3. | 1,33 ˂ Nilai ≤ 1,66 | C- | Cukup |
4. | 1,66 ˂ Nilai ≤ 2,00 | C | |
5. | 2,00 ˂ Nilai ≤ 2,33 | C+ | |
6 | 2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66 | B- | Baik |
7. | 2,66 ˂ Nilai ≤ 3,00 | B | |
8. | 3,00 ˂ Nilai ≤ 3,33 | B+ | |
9. | 3,33 ˂ Nilai ≤ 3,66 | A- | Sangat Baik |
10. | 3,66 ˂ Nilai ≤ 4,00 | A |
Format Evaluasi Diri Perserta Didik
Reviewed by dannz
on
9:02 PM
Rating: