Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik evaluasi dengan cara meminta akseptor didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang dipakai untuk evaluasi antarpeserta didik ialah lembar evaluasi antarpeserta didik. Lembar evaluasi masing-masing guru mungkin berbeda, Penilain ini termasuk dalam evaluasi sikap sosial. Penilaian kompetensi sikap sosial dilakukan oleh semua pendidik selama satu semester, kesudahannya diakumulasi dan dinyatakan dalam bentuk deskripsi kompetensi oleh wali kelas/guru kelas.
Deskripsi sikap dirumuskan menurut akumulasi capaian sikap selama pembelajaran sejumlah kompetensi dasar (KD) pada semester berjalan. Sikap sosial merupakan bab dari Kompetensi Inti 2 yaitu Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga, dan guru.
Penilain sikap sosial antar akseptor didik sanggup memakai format evaluasi ibarat di bawah ini (hanya tumpuan sja, mungkin anda juga mempunyai bentuk yang lain).
Berikut ini tumpuan format evaluasi antar akseptor didik .
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti !
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut dengan :
4 = selalu, apabila selalu melaksanakan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melaksanakan sesuai pernyataan dan kadang kala tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang kala melaksanakan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Setelah akseptor didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format evaluasi ibarat di bawah ini.
Nilai Peserta Didik = Skor/Skor maks (40) x 100
Nilai Agus = 24/40 x 100 = 60. Konversi = 60/100 x 4 = 2,8 = B
Keterangan :
KKM = 2,33
>3,33 =SB, >2,33 =B, >1,33 C, <1,33 = K
Perilaku yang Dinilai :
Penilaian Antar Peserta Didik 2
Pada format evaluasi akseptor didik yang kedua jumlah pertanyaan lebih banyak yaitu 22 pertanyaan sehingga untuk skor maksimum menjadi 88 (22 x 4). Teknik evaluasi sama ibarat pada teknik evaluasi di atas. Berikut ini daftar pertanyaannya
Deskripsi sikap dirumuskan menurut akumulasi capaian sikap selama pembelajaran sejumlah kompetensi dasar (KD) pada semester berjalan. Sikap sosial merupakan bab dari Kompetensi Inti 2 yaitu Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga, dan guru.
Penilain sikap sosial antar akseptor didik sanggup memakai format evaluasi ibarat di bawah ini (hanya tumpuan sja, mungkin anda juga mempunyai bentuk yang lain).
Berikut ini tumpuan format evaluasi antar akseptor didik .
Nama Teman yang Diamat | : | Agus |
Nama Pengamat | : | Budi |
Kelas | : | V (lima) |
Tanggal Pengamatan | : | 4 Desember 2014 |
Tema/Sub Tema | : | Usaha Pelestarian Lingkungan |
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut dengan :
4 = selalu, apabila selalu melaksanakan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melaksanakan sesuai pernyataan dan kadang kala tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang kala melaksanakan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No. | Perilaku yang Diamati | Skor | |||
---|---|---|---|---|---|
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1. | Berusaha berguru dengan sungguh-sungguh | ..... | ..... | ..... | ..... |
2. | Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian | ..... | ..... | ..... | ..... |
3. | Mengerjakan kiprah yang diberikan guru sempurna waktu | ..... | ..... | ..... | ..... |
4. | Mengajukan pertanyaan bila ada yang tidak dipahami | ..... | ..... | ..... | ..... |
5. | Berperan aktif dalam kelompok | ..... | ..... | ..... | ..... |
6. | Menyerahkan kiprah sempurna waktu | ..... | ..... | ..... | ..... |
7. | Selalu menciptakan catatan hal-hal yang dianggap penting | ..... | ..... | ..... | ..... |
8. | Menguasasi dan sanggup mengikuti acara pembelajaran dengan baik | ..... | ..... | ..... | ..... |
9. | Menghormati dan menghargai teman | ..... | ..... | ..... | ..... |
10. | Menghormati dan menghargai guru | ..... | ..... | ..... | ..... |
Jumlah Skor. | .......... |
Setelah akseptor didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format evaluasi ibarat di bawah ini.
No | Nama Siswa | Perilaku yang Diamati | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Perl 1 | Perl 2 | Perl 3 | Perl 4 | Perl 5 | Perl 6 | Perl 7 | Perl 8 | Perl 9 | Perl 10 | Nilai | Konversi | Ket. | ||
1 | Agus | 2 | 3 | 2 | 2 | 2 | 3 | 1 | 2 | 4 | 3 | 2,80 | B | Tuntas |
2 | Budi | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | .... | ..... | .... | ..... |
Nilai Peserta Didik = Skor/Skor maks (40) x 100
Nilai Agus = 24/40 x 100 = 60. Konversi = 60/100 x 4 = 2,8 = B
Keterangan :
KKM = 2,33
>3,33 =SB, >2,33 =B, >1,33 C, <1,33 = K
Perilaku yang Dinilai :
- Berusaha berguru dengan sungguh-sungguh
- Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian
- Mengerjakan kiprah yang diberikan guru sempurna waktu
- Mengajukan pertanyaan bila ada yang tidak dipahami
- Berperan aktif dalam kelompok
- Menyerahkan kiprah sempurna waktu
- Selalu menciptakan catatan hal-hal yang dianggap penting
- Menguasasi dan sanggup mengikuti acara pembelajaran dengan baik
- Menghormati dan menghargai teman
- Menghormati dan menghargai guru
Penilaian Antar Peserta Didik 2
Pada format evaluasi akseptor didik yang kedua jumlah pertanyaan lebih banyak yaitu 22 pertanyaan sehingga untuk skor maksimum menjadi 88 (22 x 4). Teknik evaluasi sama ibarat pada teknik evaluasi di atas. Berikut ini daftar pertanyaannya
- Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum.
- Bersikap hormat dan adab kepada guru
- Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan / hati orang/siswa lain.
- Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum ia mengerti dengan cara baik
- Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
- Berpakaian rapi dan bersih
- Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan.
- Datang lebih awal (tidak terlambat)
- Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR)
- Mengerjakan soal latihan ke depan (papan tulis)
- Membuang sampah pada tempatnya.
- Menolong orang lain yang sedang dalam kesulitan/kesusahan.
- Aktif bertanya di dalam proses pembelajaran
- Berdo’a di awal dan simpulan pembelajaran
- Masuk sempurna waktu
- Mengumpulkan kiprah sempurna waktu
- Memakai seragam sesuai tata tertib
- Mengerjakan kiprah yang diberikan
- Tertib dalam mengikuti pembelajaran
- Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
- Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
- Membawa buku teks mata pelajaran
Format Evaluasi Antar Akseptor Didik
Reviewed by dannz
on
1:02 PM
Rating: