Membaca merupakan satu dari keempat keterampilan berbahasa yang sanggup menunjang pelajar dalam memahami teks. Dewasa ini mengembangkan informasi sanggup di peroleh dengan gampang dan baik melalui media cetak , media elektronik, atau internet. Informasi yang di peroleh tidak hanya dalam bahasa Indonesia melainkan juga dalam bahasa asing. Analisis teks merupakan kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah teks guna meneliti struktur teks tersebut secara mendalam.
Pemahaman teks merupakan suatu proses yang mempunyai tahapan sistematis dalam dalam rangka mamahami informasi menyeluruh dari suatu sumber bacaan, informasi dari segi linguistik maupun ekstra linguistiknya. Seringkali pembaca dalam hal ini pelajar mengalami kesulitan dalam memahami suatu teks dikarenakan kurangnya pengetahuan dasar perihal bahasa sumber, pokok pembahasan teks, latar belakang panulisan teks dan pemahaman kontek budaya.
Dalam hal memahami teks dibutuhkan para pelajar bisa menganalisis teks secara sistematis, memahami tidak hanya konteks bahasanya saja tetapi juga konteks budaya yang terdapat pada teks dan mengungkapkan kembali isi teks secara verbal dan tertulis berupa ringkasan (resume).
Ciri-Ciri Teks
Cerita Pendek
Teks kisah pendek disusun dengan struktur yang terdiri atas orientasi, komplikasi, dan resolusi. Bagian orientasi merupakan cuilan awal yang berisi pengenalan tokoh, latar daerah dan waktu, dan awalan masuk ke tahap berikutnya. Bagian komplikasi berisi tokoh utama berhadapan dengan masalah (problem). Bagian ini menjadi inti teks narasi dan harus ada. Jika masalah pada cuilan ini tidak ada, penulis harus menciptakannya. Sementara itu, cuilan resolusi berisi pemecahan masalah. Masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif.
Deskripsi Teks deskripsi disusun dengan struktur yang terdiri atas deskripsi umum dan deskripsi bagian. Bagian identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut. Deskripsi umum cuilan deskripsi yang mendeskripsikaan secara umum, sedangkan deskripsi cuilan berisi perihal gambaran-gambaran cuilan di dalam teks tersebut.
Eksplanasi Teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang mengatakan pernyataan umum (pembukaan), deretan klarifikasi (isi), dan interpretasi/penutup/interpretasi (tidak harus ada). Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat perihal apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau klarifikasi perihal insiden yang terjadi. Sementara itu, cuilan interpretasi berisi pendapat singkat penulis perihal insiden yang terjadi. Bagian ini merupakan epilog teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.
Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi terdiri atas definisi umum (pembukaan), deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Bagian definisi umum (pembukaan) berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas. Deskripsi cuilan berisi citra perihal sesuatu secara terinci. Sementara itu, deskripsi manfaat merupakan cuilan yang berisi manfaat atau kegunaan.
Eksposisi Teks eksposisi disusun dengan struktur yang terdiri atas pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. Bagian pernyataan pendapat (tesis) berisi perihal pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks. Bagian argumentasi berisi perihal argumen-argumen yang mendukung pernyataan penulis, sedangkan penegasan ulang berisi perihal pengulangan pernyataan yang dipakai untuk meyakinkan pembaca perihal kebenaran pernyataan (tesis).
Chairil AnwarStruktur Teks | Kalimat |
Tesis | Chairil Anwar ialah seorang penyair legendaris. Karyanya yang paling dikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. Pengarang Indonesia ini dilahirkan di Medan pada tanggal 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949. |
Argumentasi | Nama Chairil mulai dikenal dalam dunia sastra Indonesia sehabis ia menulis puisi berjudul Nisan pada tahun 1942. Pada ketika itu beliau gres berusia dua puluh tahun. Selain menulis puisi, Chairil juga menjadi penyiar radio Jepang di Jakarta. Pada ketika itu beliau jatuh cinta pada Sri Aryati dan sampai final hayatnya, penyair ini tidak mempunyai keberanian untuk mengungkapkannya. Semua karyanya diterbitkan dalam beberapa buku, yakni Deru Campur Debu (1949); Kerikil Tajam yang Terampas dan yang Putus (1949); dan Tiga Menguak Takdir (1950, kumpulan puisi bersama Asrul Sani dan Rivai Apin). |
Penegasan ulang | Sebagai penyair legendaris, karya-karyanya sampai kini terus diapresiasi pembaca. Sajaknya yang berjudul “Krawang-Bekasi”, “Aku”, dan “Diponegoro” selalu dibacakan pada ketika hari-hari bersejarah di Indonesia. Dalam sajak itu bunyi usaha sangat kental. |
Untuk memahami teks perihal Chairil Anwar sanggup dilakukan dengan jawab pertanyaan berikut!
- Menurutmu, termasuk jenis teks apakah teks "Chairil Anwar" tersebut?(Eksplanasi)
- Bagaimana dengan bagian-bagian yang membangun teks tersebut? Coba sebutkan kemudian tulis bagian-bagian tersebut! (Tesis : Chairil Anwar ialah seorang penyair legendaris. Karyanya yang paling dikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. Argumentasi : Nama Chairil Anwar........ Penegasan ulang : Sebagai penyair legendaris....)
- Ide pokok apa sajakah yang terkandung di dalam bagian-bagian yang menjadi struktur teks “Chairil Anwar” tersebut?(Seorang penyair legendaris, Dunia sastra Indonesia, Karya-karyanya diapresiasi pembaca)
Sriti, Pesawat tanpa Awak, Ciptaan Indonesia
Struktur Teks | Kalimat |
Definisi umum | Pada tahun 2003 pesawat udara nir-awak (PUNA) dipakai pertama kali oleh pasukan Amerika Serikat untuk melawan Irak. Pesawat tersebut merupakan salah satu pesawat yang dipakai dalam dunia militer yang berfungsi sebagai pesawat pengintai......... |
Deretan penjelas | Dalam fungsinya, pesawat tersebut sanggup dipakai mengintai kegiatan-kegiatan para teroris yang banyak dilakukan di dalam hutan terpencil yang susah dijamah oleh transportasi darat, illegal logging,....... Keunikan yang dimiliki Sriti yaitu tak adanya roda untuk lepas landas ataumendarat. Namun, untuk lepas landas pesawat ini memakai catapult take off yaitu sejenis peluncur yang terbuat dari logam baja stainless yang cukup fleksibel alasannya ialah bisa dibongkar pasang kapan pun............ |
Kisah Semut dan Lalat
Struktur Teks | Kalimat |
Orientasi | Beberapa ekor lalat tampak terbang di atas sebuah tong sampah di depan sebuah rumah. Saat itu anak pemilik rumah keluar dan tidak menutup kembali pintu rumah. Kemudian, seekor lalat bergegas terbang memasuki rumah itu. Si lalat pribadi menuju meja makan yang penuh dengan makanan lezat. |
Komplikasi | “Saya bosan dengan sampah-sampah itu, ini saatnya menikmati makanan segar,” katanya. Setelah kenyang, si lalat bergegas ingin keluar dan terbang menuju pintu ketika beliau masuk, tetapi ternyata pintu beling itu telah terutup rapat. Si lalat hinggap sesaat di beling pintu memandangi kawan-kawannya yang melambai-lambaikan tangannya seolah meminta biar beliau bergabung kembali dengan mereka. ........... Masih sambil berjalan dan memanggul bangkai lalat, semut renta itu menjawab, “Lalat ini tak kenal mengalah dan telah mencoba berulang kali, tetapi beliau melakukannya dengan cara yang sama.” Semut renta itu memerintahkan rekan-rekannya berhenti sejenak seraya melanjutkan perkataannya, tetapi kali ini dengan mimik dan nada lebih serius, “Ingatlah semut muda, bila anda melaksanakan sesuatu dengan cara yang sama tapi mengharapkan hasil yang berbeda, maka nasib anda akan ibarat lalat ini.” |
Resolusi | Para pemenang tidak melaksanakan hal-hal yang berbeda, mereka hanya melakukannya dengan cara yang berbeda. |
Rumah Kecil di Bukit Sunyi
Struktur Teks | Kalimat |
Orientasi | Di atas kursi bambu reyot, Pak Kerto meluruskan kedua kakinya. Beberapa ketika kemudian, ia beranjak dari kursi dan melangkah ke bilik belakang yang hanya dibatasi oleh anyaman daun rumbia. Diambilnya beberapa potong ubi dari panci dan diletakkannya di atas selembar daun pisang. Ia kembali ke depan dan menikmati ubi rebus sambil meminum kopi. |
Komplikasi | Tiba-tiba pintu terbuka dan pria dengan perut gendut muncul. “Ooo…. Juragan. Silakan, Gan”, sambut Pak Kerto sambil membungkuk. Dengan tergesa dibersihkannya kursi bambu yang sudah reyot itu. “Bagaimana? Apakah semuanya sudah beres?” tanya sang juragan. ........... “Saya mengerti dan memahami keadaan Bapak. Juragan Bapak kini ada di tahanan polisi”. |
Resolusi | Polisi itu menyuruh Pak Kerto berjalan menuruni lereng perbukitan. Sedang ketiga polisi lainnya memanggul beberapa karung terigu yang berisi barang sitaan dengan dibantu beberapa peladang yang kebetulan berada di sekitar perbukitan itu. Pak Kerto tertunduk bisu. Inilah tanggapan atas teka-teki flora itu, ya, dua tahun lebih gres terjawab sekarang. Pipi keriput lelaki renta itu lembap oleh air mata. Rumah kecil di atas bukit semakin jauh ditinggalkan. Tuhan, jerit pak Kerto lirih. Purbalingga, 1982 |
Ikan Hias yang Digemari
Struktur Teks | Kalimat |
Definisi umum | Ikan ialah hewan bertulang belakang yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Di antara ikan-ikan itu ada yang fungsinya sebagai hiasan. Ikan hias ini ada yang berasal dari air asin (laut) dan air tawar. Ada lima jenis ikan air tawar yang banyak digemari, yakni ikan Cupang, ikan Manfish, dan ikan Discuss. |
Deskripsi bagian | Ikan cupang ialah jenis ikan kecil yang cantik. Ikan hias ini sangat dikenal masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ikan ini populer akan kecantikannya. Ada yang berwarna biru, dan ada yang berwarna ungu. Ikan ini bagus alasannya ialah ekornya mengembang. Sayangnya, ikan ini berangasan sehingga daerah penyimpanannya harus tersendiri. Pusat kebijaksanaan daya ikan ini banyak terdapat di Indonesia. ........... Ikan Discus merupakan rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini menarik dan banyak peminatnya sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Ikan ini bentuk, warna, dan coraknya juga menarik. Harganya juga agak mahal. Sayangnya, ikan Diskus ini masih belum banyak di Indonesia. |
Deskripsi manfaat | Ikan hias ini biasanya dipelihara di dalam kolam atau akuarium. Salah satu keuntungannya bagi insan sebagai hiburan dan obat stress. Setelah pulang bekerja, menguras tenaga, pikiran akan damai seketika sehabis memandang ikan-ikan bagus ini. |
Cerita Rakyat Populer di Indonesia
Struktur Teks | Kalimat |
Definisi umum | Cerita rakyat ialah kisah yang hidup dalam masyarakat secara turun-temurun. Suku-suku bangsa di Indonesia mempunyai banyak kisah rakyat. Di antara cerita-cerita terdapat tiga kisah yang cukup popular di Indonesia, yakni “Malin Kundang”, “Sangkuriang”, dan “Biwar sang Penakluk Naga”. |
Deretan penjelas | Cerita “Malin Kundang” berasal dari Minangkabau. Cerita ini mengisahkan pengembaraan seorang anak yang ingin sukses dalam kehidupannya. Ketika Malin Kundang sudah mencapai prestasi yang tinggi, ia kembali ke desanya. Sayangnya ia tidak mengakui ibunya. Karena durhaka, anak itu dikutuk oleh orang tuanya menjadi batu. ........... Cerita “Biwar Sang Penakluk Naga” berasal dari Mimika, Papua. Cerita mengisahkan usaha seorang ibu yang membesarkan Biwar seorang diri di hutan. Berkat didikannya yang baik, Biwar menjadi seorang perjaka perkasa yang berhasil mengalahkan seekor naga. |
Intepretasi | Cerita-cerita rakyat ini banyak memberi pelajaran kepada kita biar berperilaku baik. Jangan mempunyai sifat durhaka ibarat Malin Kundang. Jadi, berperilakulah yang baik ibarat sikap Biwar yang pemberani. |
Dampak Kemacetan Lalu Lintas
Struktur Teks | Kalimat |
Tesis | Di banyak kota besar, kemacetan kemudian lintas di jalan raya menjadi masalah yang pelik. Sebenarnya, ini merupakan yang tidak aneh. Meskipun demikian, kemacetan kemudian lintas merupakan keadaan yang menjengkelkan kita sebagai pengguna jalan. |
Argumentasi | Jika diperhatikan, pada waktu-waktu tertentu kemudian lintas di jalan-jalan tampak macet. Pada pagi hari, kemacetan kemudian lintas mulai terasa ketika warga masyarakat mulai berangkat ke daerah mereka bekerja dan para pelajar mulai berangkat ke sekolah. Pada siang hari kemacetan kemudian lintas mencapai puncaknya. Banyak hal yang menjadi kemacetan kemudian lintas. Pertama, adanya persilangan dengan jalan kereta api. Kedua, semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalan-jalan. Ketiga, banyak jalan dipakai sebagai parkir kendaraan dan sebagai daerah para pedagang kaki lima berjualan. Keempat, sering terjadi lampu kemudian lintas mati. Kelima, sikap kurang terpuji pada pengemudi, ibarat memberhentikan kendaraannya tidak pada tempatnya dan saling mendahului denan kendaraan lainnya. Terakhir, polisi kemudian lintas tidak tampak di daerah tugasnya, apalagi bila lampu kemudian lintas mati. |
Penegasan ulang | Dengan demikian, akhir kemacetan kemudian lintas pun muncul, ibarat waktu yang terbuang percuma. Selain itu, materi bakar juga terbuang percuma. Kemacetan kemudian lintas juga sanggup mengakibatkan polusi udara dan suara. Bahkan, sanggup menjadikan stres yang menyerang kesehatan rohani kita. |
Teka-Teki Kematian Michael Jackson
Struktur Teks | Kalimat |
Definisi umum | Oki Novendra, pelajar kelas I Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Bogor, berhasil menyabet emas di Internasional Conference Young Scientists ke-17, ajang kompetisi ilmuwan muda tingkat dunia. Dia sanggup memecahkan misteri kematian Michael Jackson. |
Deskripsi bagian | Kematian Michael Jackson menggugah pelajar kelas 1 Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Bogor melaksanakan “investigasi”. Oki Novendra, sang pelajar, bahkan membuat teori. “Kalau memakai Demerol, kita bisa tahu berapa yang mengendap dalam darah dan menjadi penyebab serangan jantung,” katanya......... .......... Siswa kelahiran 6 Oktober 1993 yang hobi bermain musik dan baseball ini mencoba mempresentasikan karyanya di depan juri. Ia merebut medali emas dan mendapat jaminan pendidikan yang dijanjikan pemerintah sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya dalam olimpiade tingkat internasional ini. |
Deskripsi manfaat | “Manfaat yang admin peroleh dari penelitian ini awalnya hanya menjelaskan side effect obat Demerol yang dikonsumsi Michael Jackson. Akan tetapi, kemudian admin mendapat rumus kondusif untuk menghitung takaran obat yang masuk akal dikonsumsi dalam darah,” jelasnya. Oki berharap dirinya sanggup menjadi ilmuwan muda yang mewakili Indonesia dalam Internasional Conference Young Scientists ke-17 serta sanggup mengharumkan nama bangsa. |
Menganalisis Banyak Sekali Jenis Teks
Reviewed by dannz
on
1:32 AM
Rating: