Produk Kerajinan Limbah Jerami

Batang padi yang biasa disebut jerami merupakan limbah pertanian yang sangat banyak didapat di kawasan persawahan. Terutama pada dikala masa panen padi tiba. Selama ini jerami biasa dipergunakan sebagai makanan ternak, media tanam jamur merang. Meskipun demikian jerami yang ada masih berlimpah dan harus dibakar. Terkadang petani memanfaatkannya sebagai materi bakar dikala pembakaran watu bata atau genteng yang dilakukan di kawasan sawah. Bagi para pedagang telur dan buah, jerami juga sanggup dimanfaatkan sebagai alas, biar barang dagangan mereka tidak gampang rusak akhir goncangan. Biasanya petani hanya menumpuknya dipinggir sawah dan membiarkannya busuk, sehingga sanggup dipakai sebagai pupuk tanaman lainnya.

Limbah padi atau jerami tersebut ternyata sanggup dimanfaatkan sebagai materi dasar kerajinan yang cukup unik dan artistik. Produk kerajinan dari jerami masih tergolong langka, sehingga sangat berpotensi untuk sanggup dikembangkan. Untuk masyarakat yang tinggal di akrab persawahan atau pasar tentunya tidak menemui kesulitan dalam mencari limbah jerami dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana.

Pemanfaatan limbah jerami menjadi produk kerajinan mempunyai nilai lebih di bidang ekonomi. Sekarang ini orang sudah mulai menyenangi produk kerajinan yang berasal dari materi jerami, sebab selain menarik juga ramah lingkungan. Maka sanggup dikatakan bahwa peluang perjuangan dari limbah jerami sanggup menguntungkan.

Bagian-bagian jerami mempunyai keunikan masing-masing, yaitu sanggup dimanfaatkan sebagai materi dasar kerajinan, dari mulai batang padi, ranting padi, selongsong padi dan gabah kosong yang telah dirontokkan dari ranting padi. 

Bahan dan Alat
Pengolahan jerami hampir sama dengan limbah jenis daun-daunan atau kulit buah, sebab jerami pun mempunyai kandungan air, maka pengolahan yang paling sederhana dilakukan ialah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Perlu diperhatikan yaitu; pisahkan semua potongan yang berpotensi untuk dijadikan produk kerajinan yang sesuai. Misalnya, batang padi sangat cocok dipakai pada potongan pembentuk wadah pensil atau frame foto. Sedangkan ranting jerami yang lebih halus, sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan bunga-bunga. Jerami sanggup pula diberi warna dengan memakai pewarna tekstil. Proses pewarnaan pun sama dengan mewarnai kulit jagung, yaitu dengan dimasak dengan cairan yang sudah diberi zat warna makanan dengan komposisi yang diinginkan.

Setelah direndam beberapa saat, kemudian jerami dijemur di bawah sinar matahari eksklusif sampai benar-benar kering.

Alat-alat yang dipakai dalam proses pembuatan barang kerajinan dari limbah jerami antara lain sebagai berikut.
  1. Gunting dipakai untuk memotong jerami sesuai rujukan yang akan dibuat.
  2. Lem tembak dipakai untuk menyatukan bagian-bagian kerajinan.
  3. Pisau dipakai untuk memotong jerami.
  4. Lilin untuk membentuk jerami sesuai pola

Proses Pembuatan Kerajinan dari limbah jerami :
 Batang padi yang biasa disebut jerami merupakan limbah pertanian yang sangat banyak didap Produk Kerajinan Limbah Jerami
Untuk menciptakan kerajinan dari materi jerami antara lain sebagai berikut :
  1. Lengkungkan batang jerami memakai lilin biar sanggup terbentuk sesuai rujukan yang akan dibuat.
  2. Susun beberapa batang jerami kemudian potong memakai gunting. Untuk mempermudah pekerjaan dikala memakai batang jerami untuk produk tertentu, maka batang jerami perlu dirakit berjajar biar sanggup dipotong sesuai pola. Beri ganjal dari kertas untuk menjajarkan jerami. Gunakan lem untuk saling merekatkan batang jerami dengan demikian demikian jerami sanggup dibuat dan dipotong sesuai selera.
  3. Satukan bagian-bagian memakai lem sebagai tangkai daun yang akan dibuat. 
  4. Satukan potongan jerami yang telah dibuat sebagai daun dengan batang. Buat beberapa daun pohon.
  5. Satukan beberapa tangkai daun pohon tersebut yang nantinya akan menjadi batang dari miniatur pohon kelapa yang akan dibuat.
  6. Lilitkan pelepah pisang untuk menyatukan tangkai-tangkai daun yang telah dibuat dengan potongan batang.
  7. Jadilah sebuah miniatur pohon kelapa yang terbuat dari limbah jerami.

Produk Kerajinan Limbah Jerami
Berbekal keterampilan, kreatifitas, dan hanya memakai alat sederhana, produk kerajinan dari limbah jerami ini sanggup diolah menjadi banyak sekali bentuk menyerupai hiasan dinding, bunga, bingkai foto, wadah serbaguna, wadah pensil, dan sebagainya. Selain materi dasar jerami, ada pula yang memanfaatkan limbah lain untuk memberi aksen pada produk kerajinan yang dibuat biar nampak lebih mempunyai nilai ekonomis.
Produk Kerajinan Limbah Jerami Produk Kerajinan Limbah Jerami Reviewed by dannz on 12:19 PM Rating: 5