Produk Kerajinan Dari Materi Gips

Bahan buatan ialah sesuatu yang diolah insan dari materi kimia dan paduannya, bukan orisinil dari alam. Tujuannya untuk mendapat pengaruh duplikasi materi alam dan menambah variasi aneka materi baku untuk kerajinan. Masyarakat Indonesia mengakibatkan benda-benda kerajinan sebagai alat untuk memperkenalkan keragaman budaya daerah.Daya tarik dari benda kerajinan setiap kawasan tentu mempunyai corak dan bentuk yang berbeda-beda sehingga kita sanggup mengenal suatu kawasan di Tanah Air melalui benda kerajinan.

Berbagai macam jenis produk kerajinan dari materi alam sangat banyak dan bervariasi. Namun, kerajinan yang terbuat dari materi buatan tidak sebanyak karya dari materi alam. Bahan buatan yang dimaksud di sini ialah aneka macam materi alam yang mengalami pengolahan dengan diberi komplemen zat kimia sebagai pengubah karakteristik materi buatan biar simpel dibuat dan diproduksi.

Banyak benda kerajinan yang terbuat dari materi buatan di sekitar kita. Semua benda kerajinan dari materi buatan bersifat imitasi, namun banyak dipilih masyarakat sebab mempunyai sifat yang sanggup bertahan usang dan tidak memerlukan perawatan ekstra.

Banyak kerajinan dari materi buatan dihasilkan dari luar negeri, ibarat Cina dan Korea. Produk yang dihasilkan di antaranya; bros dari plastik, perabotan rumah tangga dari melamin, bunga dan daun tiruan yang terbuat dari kain atau plastik, tas beraneka macam bentuk dan warna dari materi kulit buatan.

Beragam benda kerajinan dari materi buatan sanggup diciptakan dan dibuat menurut bentuk dan materi yang digunakan. Bahanbahan yang dipakai sanggup berupa kertas, karton, plastik, kaca, gips, semen, fiberglass, sabun, lilin, spons, dan sebagainya. Teknik yang dipakai juga sangat bervariasi, di antaranya: memotong, menggunting, menempel, melipat, mencetak, memahat, juga sanggup membentuk. Semua itu diubahsuaikan dengan desain dan jenis materi yang digunakan.

Kerajinan Gips
Gips merupakan materi mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang usang kalau sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri dari jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti: karbonat, borat, nitrat, dan sulfat yang sanggup terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. 

Kerajinan dari gips banyak diminati masyarakat. Pembuatannya terbilang lebih mudah, kalau dibandingkan dengan fiberglass. Secara umum, untuk semua produk gips diharapkan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan ialah silicone rubber, tetapi yang paling simpel dan simpel dicari ialah plastisin atau tanah liat. Fungsi kerajinan dari gips biasanya sanggup berupa gantungan kunci, hiasan dinding, bingkai foto, mainan, dan sebagainya. Karya kerajinan dari gips yang telah jadi nantinya sanggup dipakai sebagai koleksi atau dijual sebagai souvenir untuk dekorasi rumah. 

1) Bahan dan Alat Kerajinan Gips
Gips, cetakan dari plastisin, gelas, dan sendok, silikon rubber

2) Aneka Produk Kerajinan dari Gips
Produk kerajinan dari gips berupa patung figur miniatur, dan relief gips

3) Langkah-Langkah Pembuatan Kerajinan Teknik Cetak Tuang
Pembuatan model.
Sebelum model dibuat, sebaiknya buatlah sketsa, gambar model yang akan dicetak. Kemudian, aplikasikan ke dalam bentuk tiga dimensi. Jika contoh cetak dari materi silicon rubber, model sanggup dibuat dari plastisin atau tanah liat. Jika contoh cetak dari tanah liat, modelnya sanggup dari materi gips atau plastisin.

Pembuatan cetakan (acuan cetakan)
Salah satu materi pembuat cetakan gipsum ialah silikon rubber. Silikon rubber ialah cairan berwarna putih kental ibarat susu, berfungsi untuk menciptakan cetakan silikon. Apabila sudah jadi berbentuk karet silikon yang elastis persis ibarat karet.  Siapkan bentuk cetakan yang sudah dibuat dan sesuaikan dengan ukuran bentuk model. Sebaiknya, cetakan dibuat lebih besar dari model biar hasil cetakan lebih baik dan tidak simpel retak atau pecah.
 Bahan buatan ialah sesuatu yang diolah insan dari materi kimia dan paduannya Produk Kerajinan dari Bahan Gips
  • Lumuri/oleskan model dengan anti lengket (PVA atau mirrorglaze)
  • Buat pembatas disekitar model supaya silikon ruber tidak tumpah saat. Bentuk ibarat kolam sehingga membendung silikon rubber menenggelamkan model.
  • Setelah mengeras, lepaskan master dengan hati hati.
  • Jika permukaannya ada yang kurang rata potong dengan pisau atau gunting.
Pembuatan adonan gips 
Bubur gips dibuat dengan perbandingan 2 : 1, dosis 2 untuk gips dan 1 untuk air. Kemudian, aduk sampai tidak ada lagi gumpalan gips.

Proses mencetak
Tuang adonan gips yang sudah homogen ke dalam cetakan, diamkan sampai mengeras dan padat. Biarkan gips dalam cetakan tersebut beberapa usang sampai adonan gips berkembang menjadi zat padat.

Pengeringan
Hasil dari proses mencetak selanjutnya dikeringkan. Pengeringan dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Penghalusan
Model atau hasil cetakan yang sudah kering untuk selanjutnya dihaluskan dengan memakai amplas halus. Model yang sudah halus sanggup diberi warna atau orisinil warna gips saja.

Berbagai bentuk kresasi yang sanggup dihasilkan dari gips sudah sering kita lihat dipasaran antara lain: celengan gips, boneka macam –macam bentuk, frame photo atau pigura foto dari gips souvenir kecil-kecil misal tempelan kulkas, tempat tusuk gigi, gantungan baju , dekorasi ornament gips untuk hiasan rumah, dsb. Tapi gips juga mempunyai kelemahan yaitu simpel pecah/rusak/patah.
Produk Kerajinan Dari Materi Gips Produk Kerajinan Dari Materi Gips Reviewed by dannz on 4:19 AM Rating: 5