Pengolahan Minuman Segar

Pengolahan materi pangan ialah suatu kegiatan merubah materi mentah menjadi materi siap saji ataupun materi setengah siap saji. Tidak semua masakan di konsumsi dalam bentuk segar. Sebagian besar masakan di konsumsi sesudah terlebih dahulu diolah menjadi banyak sekali masakan siap saji/setengah siap saji dalam banyak sekali jenis. Fungsi Pengolahan materi pangan ialah untuk meningkatkan kualitas materi pangan tersebut. Fungsi Pengolahan Buah ialah untuk memperpanjang daya guna pangan, meningkatkan rasa, dan mempertahankan nilai tambah dan menambah nilai jual.

Buah-buahan dan sayur-sayuran dikatakan sebagai pangan fungsional sebab merupakan pangan alami yang mengandung komponen bioaktif sehingga sanggup memperlihatkan imbas konkret pada fungsi metabolisme manusia. Buah-buahan dan sayuran secara alami terbukti mengandung komponen bioaktif yaitu mineral, antioksidan, lipid dan probiotik. Efek fisiologis pada metobolisme insan yang diberikan oleh buah dan sayuran ialah imunologi, ketercernaan dan acara anti-tumor sebab mempunyai sifat organoleptik dan fisiokimia (warna, kelarutan, dan tekstur).

Pengolahan Minuman Segar
Minuman segar ialah minuman yang menghilangkan rasa dahaga, menyegarkan, terasa nyaman, ringan, dan menyehatkanBuah dan sayuran sanggup dibentuk m inuman segar.  Pengolahan minuman segar sangat banyak ragamnya di Nusantara, antara lain cendol khas Bandung (di Jawa Tengah dikenal dengan es dawet), es pisang hijau khas Makassar, es doger khas Betawi dan es oyen khas Yogyakarta (biasanya dikenal dengan es campur).

Kelapa sangat banyak manfaatnya. Air kelapa hijau sanggup dipakai untuk menyembuhkan orang yang keracunan. Selain itu, semua pecahan kelapa sanggup dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, mulai dari akar, daun, batang dan buahnya. Pilihan minuman segar es kelapa muda hanya sebuah pola saja yang umumnya dikenal masyarakat Indonesia.

Tahapan Pembuatan Minuman Segar Es Kelapa Muda
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan minuman segar es kelapa muda ialah tahapan/proses pembuatan dalam menciptakan karya pengolahan supaya sanggup dihasilkan karya pengolahan yang sesuai kegunaan, nyaman dalam rasa, sempurna dalam pengolahan, mempunyai nilai estetis dalam penyajian maupun kemasan, dan kondusif bagi kehidupan manusia.

Contoh tahapan pembuatan minuman segar es kelapa muda, sebagai berikut:
a. Perencanaan
  • Identifikasi Kebutuhan. Pada saat, ada perlombaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan di sekolah dan hari sangat panas.
  • Ide/gagasan. Minuman segar, hambar dan manis, menyerupai es kelapa muda sangat cocok sebagai pelepas dahaga dan untuk mengembalikan energi yang hilang. Anak-anak sekolah tentu akan menyerbu untuk membeli es kelapa muda.

b. Pelaksanaan
1) Persiapan
Mengupas kelapa di pedagang/penjual dan menyimpan airnya di kantong plastik, tetapi mengeruk daging kelapa dilakukan sendiri supaya lebih elok dan bersih.

a) Bahan
Kelapa muda, air sebagai tambahan air kelapa, gula sebagai pemanis, serta es kerikil supaya minuman menjadi hambar dan segar.

b) Alat
  • Golok untuk membelah kelapa muda dan pengeruk untuk daging kelapa yang agak tua.
  • Sendok makan untuk mengeruk kelapa yang sangat muda. Sendok besar untuk mengaduk dan mengambil kelapa muda.
  • Wadah baskom/mangkuk besar untuk daerah es kelapa muda.
  • Gelas dan sendok plastik untuk penyajian es kelapa muda.
2. Proses Pembuatan
Mengupas kelapa di pedagang/penjual dan menyimpan airnya di kantong plastik, tetapi mengeruk daging kelapa dilakukan sendiri supaya lebih elok dan bersih.

a) Pengupasan kelapa
Mengupas kelapa dilakukan oleh pedagang/penjual. Proses pengupasan kelapa sebagai berikut:
  • Potong kulit/sabut kelapa pecahan atas dan bawah dengan golok.
  • Kulit/sabut kelapa dibuang hingga kelapa sanggup diletakkan di meja dan terlihat batok kelapanya. Hati-hati jangan hingga batoknya terkupas. Lubangi kelapa pecahan atasnyadengan ujung golok, sehingga terlihat isi buah kelapanya.
  • Tuang air kelapa ke dalam plastik.
  • Belah kelapa untuk mengambil daging kelapanya.
Hati-hati dalam memakai golok atau pisau besar ketika mengupas dan membelah buah kelapa. Kebersihan harus diperhatikan pada ketika menuang air kelapa ke dalam daerah air kelapa. Usahakan serpihan sabut kelapa tidak terikut. Kebersihan bahan, alat, dan daerah juga diperhatikan.
 Pengolahan materi pangan ialah suatu kegiatan merubah materi mentah menjadi  materi siap sa Pengolahan Minuman Segar
b) Pembuatan Es Kelapa Muda
  • Keroklah kelapa dengan alat khusus pengeruk kelapa muda. Jika kelapa terlalu muda, sanggup dikerok dengan memakai sendok makan biasa.
  • Tuang air kelapa dan daging kelapa pada wadah ember besar, kemudian tambahkan air matang. Penambahan air diharapkan mengingat air kelapa jumlahnya tidak banyak.
  • Beri gula pasir secukupnya. Aduklah hingga gula tercampur rata. Rasakan manisnya.

c. Penyajian/Kemasan
Untuk penyajian, masukkan es kerikil pada gelas kaca/plastik, kemudian masukkan air dan daging kelapa muda. Agar gampang menyantapnya,beri sedotan atau sendok.

Penyajian ataupun kemasan merupakan tahap selesai dari proses pembuatan produk olahan pangan. Penyajian/pengemasan produk pangan telah dilakukan semenjak masa lampau. Biasanya, minuman tradisional tertentu disajikan atau dikemas dengan memakai buah itu sendiri dan minuman air nira pada buluh bambu.

Sekarang materi kemasan yang umum dipakai ialah terbuat dari kertas, kaca/gelas, plastik atau materi polimer menyerupai polietilen (PE), polipropilen (PP) serta kemasan yang sanggup terurai secara biologis atau biodegradasi (biodegradable packaging).

Ada kriteria tertentu yang harus diperhatikan dalam pemilihan wadah penyajian/kemasan, antara lain sebagai berikut.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian tidak berbau sehingga tidak menghipnotis atau mengubah rasa dari produk pangan olahan.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian mempunyai kekuatan sebagai daerah produk pangan olahan.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian gampang didapat.
  • Bahan kemasan/wadah penyajian kondusif bagi kesehatan dan bersih.

d. Evaluasi
Di selesai pembuatan pengolahan minuman segar es kelapa muda ujilah kesudahannya dengan cara mencoba/merasakan minumanmu. Jika ada yang kurang sesuai buatlah catatan evaluasinya sebagai materi masukkan dan materi perbaikan nantinya,
Pengolahan Minuman Segar Pengolahan Minuman Segar Reviewed by dannz on 4:59 AM Rating: 5