Taktik Bertahan Dan Menyerang Pencak Silat

Pencak silat merupakan olahraga orisinil Indonesia yang perlu dilestarikan. Dalam sebuah pertandingan terdapat taktik dan seni administrasi untuk memenangkan pertandingan. Taktik dan seni administrasi mempunyai pengertian yang sama, yaitu menampilkan keterampilan dalam pertandingan, akan tetapi tetap ada perbedaan konsep. Taktik bekerjasama dengan perencanaan yang dipakai untuk pertandingan, yang sekaligus merupakan pelengkap untuk strategi. Strategi bekerjasama dengan konsep umum yang mengatur permainan, tim atau perorangan. Prinsipnya bahwa seni administrasi ialah citra untuk menghadapi suatu pertandingan.

A. Taktik dan Strategi Menyerang
Taktik menyerang ialah upaya mengalahkan lawan selama dalam pertandingan yang dilakukan dengan cara menyerang lawan terlebih dahulu. Taktik penyerangan merupakan suatu siasat yang dilancarkan kepada lawan, dengan tujuan mematahkan pertahanan lawan untuk mencari kemenangan dalam bertanding secara sportif. Serangan lengan atau tangan yang lazim disebut pukulan dan serangan tungkai atau kaki yang lazim disebut tendangan. Taktik menyerang pada pencak silat sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu: taktik serangan langsung, dan serangan tidak langsung.
  1. Serangan Langsung ialah upaya untuk mengalahkan lawan yang dilakukan dengan cara pribadi menyerang pada target yang diinginkan. Taktik serangan pribadi sanggup dilakukan dengan memakai pukulan, tendangan, dan jatuhan
  2. Taktik serangan tidak pribadi ialah serangan yang dilakukan dengan cara sebelum melaksanakan serangan pada sasaran, pesilat melaksanakan gerakan-gerakan awalan untuk mengecoh lawan sehingga posisi lawan berubah dan selanjutnya melaksanakan serangan pada sasaran.
Hal yang perlu diperhatikan dalam taktik dan seni administrasi penyerangan pencak silat, seperti: tangan, siku, tendangan, sapuan dan guntingan.

B. Taktik dan Strategi Bertahan
Taktik pertahanan bertujuan menahan atau menghindari serangan lawan (pembelaan) yang sangat penting dalam pencak silat. Taktik pertahanan dalam pencak silat, mencakup teknik hindaran/elakan dan tangkisan. Tingkatan pembelaan terdiri atas pembelaan dasar, pembelaan lanjutan, dan pembelaan teknik.  Bertahan ialah perjuangan menghindari atau memunahkan serangan lawan yag dilakukan dengan elakan, hindaran, tangkisan, buangan dan tangkapan. Berdasarkan cara melaksanakan hindaran sanggup di bedakan menjadi beberapa.

1. Elakan
Elakan ialah perjuangan pembelaan yang dilakukan dengan perilaku kaki yang tidak berpindah kawasan atau kembali ketempat semula elakan terdiri atas :
No.Nama GerakanCara Melakukan
1.Elakan Atas
  1. Mengelakkan diri dari serangan pada bab sebelah bawah
  2. Mengangkat kedua kaki degan perilaku tungkai di tekuk
  3. Disertai dengan perilaku tubuh dan tangan waspada.
  4. Mendarat dengan kaki saling menyusul atau kedua kaki.
2.Elakan Bawah
  1. Mengelakan diri dari serangan pada bab sebelah atas
  2. Merendahkan diri dengan perilaku tungkai di tekuk tanpa memindahkan letak telapak kaki
  3. Disertai dengan perilaku tubuh dan tangan waspada
3.Elakan Belakang
  1. Mengelakan diri dari serangan lurus depan dan samping
  2. Dari perilaku kuda-kuda depan, memindahkan berat tubuh ke belakang
  3. Disertai dengan perilaku tubuh dan tangan waspada
4.Elakan Samping
  1. Mengelakan diri dari serangan lurus depan dan atas
  2. Dari perilaku kangkang, memindahkan tubuh ke samping dengan merubah perilaku tungkai/kuda-kuda
  3. Disertai dengan perilaku tubuh dan tangan waspada

2. Hindaran
Hindaran ialah perjuangan pembelaan dengan cara memindahkan target dari arah serangan, dengan melangkah atau memindahkan kaki. Unsur-unsur hindaran mencakup : perilaku pasang, perilaku tubuh dan perilaku tangan.
  1. Hindaran hadap, menghindar dengan memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menghadap lawan
  2. Hindaran sisi, menghindar dengan memindahkan kaki kanan sehingga posisi tubuh menyamping lawan, berat tubuh di sebelah kanan.
  3. Hindaran angkat kaki, menghindar dengan mengangkat salah satu kaki
  4. Hindaran kaki silang, menghindar dengan memindahkan kaki kanan secara menyilang ke belakang
 Pencak silat merupakan olahraga orisinil Indonesia yang perlu dilestarikan Taktik Bertahan dan Menyerang Pencak Silat
3. Tangkapan
Usaha menggagalkan serangan lawan dengan cara menangkap tendangan kaki lawan.

4. Tangkisan
Tangkisan ialah perjuangan pembelaan yang dilakukan dengan cara mengadakan kontak pribadi dengan alat serangan yang dilancarkan oleh lawan. Tangkisan pribadi bertujuan mangalihkan serangan dari lintasan dan membendung atau menahan serangan. Tangkisan terdiri atas:
No.Bentuk TangkisanJenis tangkisan
1.Tangkisan satu tangan
  1. Tangkisan luar. Tangkisan luar dilakukan dengan cara menangkis diikuti kaki melangkah ke sisi luar samping tubuh luar
  2. Tangkisan dalam. Tangkisan dilakukan dengan cara menangkis diikuti kaki melangkah ke sisi dalam samping tubuh lawan
  3. Tangkisan atas. Tangkisan atas dilakukan dengan cara menangkis dari bawah ke atas
  4. Tangkisan bawah. Tangkisan bawah dilakukan dengan cara menangkis dari atas ke bawah
  5. Tangkisan siku dalam. Tangkisan siku dalam dilakukan dengan cara menangkis ke depan diikuti kaki melangkah ke sisi dalam samping tubuh lawan
  6. Tangkisan siku luar. Tangkisan siku luar dilakukan dengan cara menangkis diikuti kaki melangkah ke samping sisi luar badan
2.Tangkisan dua tangan
  1. Sejajar dua tangan 3/4 lengan atas. Tangkisan dua tangan dilakukan dengan cara menghindar kesamping kedua tangan menangkis 3/4 lengan atas lawan.
  2. Belah. Tangkisan belah dilakukan dengan cara mengelak mundur disertai kedua tangan membelah menangkis serangan lawan
  3. Silang (tinggi rendah). Tangkisan silang bawah dilakukan dengan cara menyilangkan kedua tangan menangkis ke bawah dari serangan lawan.
  4. Buang samping. Tangkisan belah samping dilakukan dengan cara mengelak mundur disertai kedua tangan membuang dari serangan lawan

5. Taktik Bertahan
Taktik bertahan dalam beladiri Pencak silat dibedakan menjadi teknik bertahan pasif dan teknik bertahan aktif. Bertahan pasif ialah taktik yang dilakukan dengan cara melaksanakan hindaran atau tangkisan terhadap serangan yang dilakukan lawan, selanjutnya melaksanakan akhir (counter attack) pada lawan. Berikut klarifikasi mengenai kedua teknik bertahan tersebut.
No.Bentuk TeknikJenis Taktik
1.Bertahan Pasif
  1. Hindar Sambut (counter-attack). Hindar sambut (counterattack) dilakukan dengan cara menunggu lawan melaksanakan serangan untuk kemudian dibalas baik dengan memakai pukulan maupun tendangan. Taktik tersebut sempurna dipakai untuk menghadapi lawan yang mempunyai tipe menyerang langsung.
  2. Jemputan lebih sempurna diterapkan untuk mengatasi lawan yang mempunyai tipe serangan tidak langsung. Taktik jemputan sanggup dilakukan dengan memakai teknik pukulan, tendangan, dan jatuhan. Taknik tersebut dilakukan dengan cara menabrak lawan pada ketika lawan alan melaksanakan gerakan menyerang.
  3. Ganjalan dilakukan dengan memakai teknik tendangan T (samping). Taktik ganjalan dilakukan dengan cara menghentikan gerakan lawan pada ketika akan melaksanakan serangan dengan memakai tendangan T (samping). Taktik ini sempurna dipakai untuk lawan yang mempunyai tipe serangan langsung.
2.Bertahan AktifPada taktik bertahan aktif ada persaman dengan gerakan taktik serangan tidak langsung. Perbedaan antara bertahan aktif dengan serangan tidak pribadi ialah pada tujuan yang diinginkan. Pada serangan pribadi pesilat melaksanakan pergerakan untuk mengubah posisi lawan sehingga sanggup diserang sesuai dengan yang direncanakan. Sedangkan pada taktik bertahan aktif, pesilat bergerak untuk memancing lawan supaya melaksanakan serangan.

Pesilat yang mempunyai tipe bertahan mempunyai kecenderungan untuk melaksanakan counter attack pada ketika lawan bergerak. Sedangkan pesilat yang mempunyai tipe bertahan aktif mempunyai kecenderungan untuk bergerak atau menciptakan gerakan dengan tujuan menciptakan lawan melaksanakan serangan dan untuk selanjutnya melaksanakan teknik akhir ataupun bantingan.

Seni bela diri tradisional pencak silat perlu dilestarikan. Karena itu upaya pelestarian seni tersebut memerlukan perhatian semua pihak. Bahkan pencak silat memerlukan regenerasi para pelaku seninya. Bela diri pencak silat mempunyai huruf yang baik bagi pembentukan karater siswa. Penanaman akal pekerti melalui beladiri ini sangat cocok bagi pendidikan anak bangsa. Selain menamakan jiwa saling menghargai pada siswa, sifat toleransi serta ketaqwaan menjadi salah satu ciri dalam budaya beladiri pencak silat.
Taktik Bertahan Dan Menyerang Pencak Silat Taktik Bertahan Dan Menyerang Pencak Silat Reviewed by dannz on 10:36 PM Rating: 5