Pidato Persuasif Usul Mempraktikkan Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila tidak sekadar untuk dihafalkan, tetapi makna dan bahan yang ada di dalamnya haruslah diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan kekuatan sebagai pemersatu bangsa untuk mencapai peradaban yang luhur. Namun, pada kenyataanya kini banyak terjadi tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Salah satunya ialah agresi korupsi para pejabat dan kebijakan yang tidak prorakyat juga bertentangan dengan sila keempat. Hal tersebut menawarkan bahwa Pancasila tidak diamalkan sebagai pandangan hidup, ideologi nasional, dalam berbangsa dan bernegara.

Sila-sila yang terdapat dalam Pancasila jangan hanya sekedar kita baca saja, tetapi harus menjadi milik jiwa kita dan kita amalkan sebagai bangsa dan bernegara dan kita terapkan dalam kehidpan sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia. Dampak hilangnya nilai-nilai Pancasila ialah disintegritas sosial, kesenjangan sosial, hilangnya jati diri bangsa Indonesia, menurunnya solidaritas bangsa Indonesia, dan lain-lain.

Nilai-nilai Pancasila yang merupakan warisan leluhur bangsa harus selalu kita jaga dan kita amalkan alasannya Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa, dan kalau tidak kita jaga dan kita amalkan nilai-nilai Pancasila maka akan terjadi perpecahan dalam diri bangsa Indonesia.

Untuk mengajak warga negara mengamalkan nilai-nilai Pancasila salah satunya ialah memakai pidato persuasi. Pidato Persuasif ialah pidato yang bersifat mendorong atau mengajak dan reaksi yang diinginkan ialah membangkitkan emosi, biar pendengar menyetujui atau meyakini dan mungkin membangkitkan timbulnya tindakan tertentu pada pendengarnya. Melalui pidato persuasi diperlukan warga negara akan menerapkan nilai-nila Pancasila. Berikut ini salah satu pola pidato persuasi menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Saudara-saudara yang admin hormati,
Mari kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kesempatan kepada kita semua, sehingga sanggup hadir di sini dengan harapan sanggup menjiwai dan membangkitkan kembali penerapan nilai-nilai Pancasila dalam diri kita masing-masing. Sebelumnya ijinkanlah admin memberikan pidato wacana pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila.

Saudara-saudara yang admin hormati,
Tentunya kita tidak gila dengan kata Pancasila. Sejak kita duduk di taman kanak-kanak hingga kini kita acap kali mengucapkan sila-sila Pancasila pada dikala upacara bendera. Tetapi apakah pengamalan kita terhadap Pancasila selantang kumandang bunyi kita pada dikala melafalkan sila-sila Pancasila pada dikala upacara? Apakah kita sudah bisa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata? Apakah sudah? Jawabnya ada pada diri kita sendiri-sendiri.
Pancasila tidak sekadar untuk dihafalkan Pidato Persuasif Ajakan Mempraktikkan Nilai-nilai Pancasila
Pancasila ialah nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang digali dari budaya Indonesia yang meliputi seluruh kebutuhan dan hak-hak dasar insan secara universal, sehingga sanggup dijadikan landasan dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang beragam ini. Sudah seharusnya kita berbagi dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan.

Sangat diadminngkan kalau dikala ini pengamalan Pancasila masih mengalami banyak hambatan. Nilai-nilai Pancasila seharusnya dipraktikan dalam kehidupan nyata. Namun kenyataannya hingga dikala ini pengamalan Nilai-nilai Pancasila kian berkurang.

Saudara-saudara yang admin hormati,
Marilah kita renungkan bersama. dimanakah nilai Ketuhanan Yang Maha Esa kalau toleransi antar umat agama seakan tak ada. Dimanakan nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab kalau kita saling bermusuhan. Dimanakah nilai Persatuan Indonesia kalau nasionalisme terkoyak-koyak. Dimanakah nilai sila keempat kalau masih mementingkan kepentingan pribadi. Dimanakan nilai keadilan sosial kalau kesenjangan sosial nampak terperinci di kelopak mata. Marilah saudara-saudara kita renungkan! Cobalah saudara-saudara resapi! Betapa rapuhnya bangsa kita tercinta ini.

Marilah kita terapkan nilai-nilai luhur Pancasila mulai detik ini dan seterusnya. Masa kemudian yang pahit sudah dialami bangsa Indonesia, ketika itu Pancasila ada yang mencoba untuk mengubahnya. Marilah kita lihat kembali usaha para pendiri bangsa ini ketika tetapkan Pancasila sebagai dasar negara.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam banyak sekali aspek kehidupan berbangsa dan bernegara ialah tantangan yang tidak memang tidak ringan. Karena selama masih terdapat banyak nilai yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila, ketika itulah sebetulnya Pancasila sedang diuji ketahanannya.

Saudara-saudara yang admin hormati,
Demikian pidato admin wacana pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya ialah nilai-nilai Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari biar kehidupan berbangsa dan bernegara sanggup bejalan dengan baik sesuai dengan harapan para pendiri bangsa ini. Apabila ada kesalahan pengucapaka kata atau kalimat dalam pidato admin mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Pidato Persuasif Usul Mempraktikkan Nilai-Nilai Pancasila Pidato Persuasif Usul Mempraktikkan Nilai-Nilai Pancasila Reviewed by dannz on 4:26 AM Rating: 5