Sejahtera Bersama Koperasi

Selain gotong royong, bermusyawarah juga merupakan pengamalan dari nilai persatuan dan kesatuan. Musyawarah sanggup dilakukan oleh beberapa orang dengan tujuan untuk mengambil keputusan.

Secara sukarela, sebagian besar guru dan karyawan di SD Palapa menjadi anggota koperasi karyawan. Koperasi ini didirikan semenjak lima tahun yang lalu. Terasa benar oleh mereka manfaat menjadi anggota koperasi ini. Sebagian guru dan karyawan yang mempunyai perjuangan kecil, sanggup bekerja sama dengan unit perjuangan koperasi untuk membuatkan perjuangan mereka. Sebagian lagi mencicipi manfaat dari unit simpan pinjam.

Pada selesai tahun diadakan rapat anggota koperasi. Seluruh guru dan pegawai SD Palapa hadir. Pada rapat ini, Pak Badru selaku Ketua Koperasi periode 2012-2014 akan memaparkan pencapaian selama setahun, sekaligus membuka penerimaan anggota baru. Berikut ini pidato Pak Badru pada rapat anggota koperasi.

“Bapak dan ibu guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang admin hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun admin menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita.”

“Sudah beberapa tahun kita bersama- sama mencicipi manfaat organisasi kecil kita ini.”

“Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya perjuangan bersama ini.”

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan ialah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya perjuangan koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya kiprah ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri kita memutuskan jenis perjuangan koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”
 bermusyawarah juga merupakan pengamalan dari nilai persatuan dan kesatuan Sejahtera Bersama Koperasi

“Keuntungan langsung tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita memutuskan bersama secara musyawarah. Begitu pun dengan laba koperasi di tahun ini. Apakah akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru admin ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang sanggup dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua mencicipi bahwa kesejahteraan bersama sanggup diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”

“Bapak dan Ibu, admin tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu dikala nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan laba pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Suasana damai sejenak, sebelum gemuruh tepuk tangan menyambut pidato Pak Badru. Di dalam hati, semua mengangguk setuju. Kesejahteraan bersama ialah tanggung jawab semua.

Beberapa pesan yang yang disampaikan Pak Badru ialah sebagai berikut.
  1. Tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan.
  2. Koperasi karyawan didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.
  3. Kekeluargaan dan kebersamaan ialah modal utama dalam koperasi, dan seterusnya.

Isi teks di atas ialah wacana koperasi dan kepemimpinan Pak Badru. Pak Badru mengedepankan musyawarah dan bahu-membahu serta kepentingan anggotanya. Rakyat Indonesia banyak yang menjadi anggota koperasi. Banyak manfaat yang dirasakan oleh anggota koperasi. Indonesia mempunyai forum ekonomi untuk mensejahterakan rakyatnya.
Lembaga EkonomiKegiatan yang dilakukanManfaat
Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Melayani kepentingan umum atau pelayanan kepada masyarakat.
Bumn merupakan forum ekonomi yang tidak mempunyai tujuan utama mencari keuntungan, tetapi dibenarkan untuk memupuk keuntungan.
  1. Memberi fasilitas kepada masyarakat luas dalam memperoleh banyak sekali alat pemenuhan kebutuhan hidup yang berupa barang atau jasa.
  2. Membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi penduduk angkatan kerja.
  3. Mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak oleh sekelompok pengusaha swasta yang bermodal kuat.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi komoditi ekspor sebagai sumber devisa,baik migas maupun non migas.
  5. Menghimpun dana untuk mengisi kas negara ,yang selanjutnya dipergunakan untuk memajukan dan membuatkan perekonomian negara.
  6. Memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Badan Usaha Milik Daerah BUMD)Memupuk pendapatan orisinil tempat guna membiayai pembangunan daerah.
  1. Memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional dan penerimaan kas negara
  2. Mengejar dan mencari keuntungan
  3. Pemenuhan hajat hidup orang banyak
  4. Perintis kegiatan-kegiatan usaha
  5. Memberikan proteksi dan proteksi pada perjuangan kecil dan lemah
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)Bidang perjuangan yang diberikan kepada pihak swasta ialah mengelola sumber daya ekonomi yang bersifat tidak vital dan strategis.
  1. Sebagai rekan kerja pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  2. Sebagai rekan dalam pengelolaan sumber daya
  3. Merupakan dinamisator dalam perekonomian masyarakat
  4. Memberikan pelayanan bagi masyarakat
YayasanYayasan sanggup melaksanakan acara perjuangan untuk menunjang pencapaian maksud dan tujuannya dengan cara mendirikan tubuh perjuangan dan/atau ikut serta dalam suatu tubuh usaha
  1. Yayasan bermanfaat untuk membantu atau meningkatkan kesejahteraan hidup orang lain.
  2. Yayasan mempunyai cakupan yang luas, termasuk antara lain hak asasi manusia, kesenian, olah raga, proteksi konsumen, pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, dan ilmu pengetahuan.
Bergotong royong dan bermusyawarah merupakan proses yang sanggup kita lihat di forum tersebut. Hal ini mengatakan bahwa rakyat Indonesia pundak membahu untuk kebaikan.
Sejahtera Bersama Koperasi Sejahtera Bersama Koperasi Reviewed by dannz on 12:24 AM Rating: 5