Saling Ketergantungan Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Selain perbedaan waktu, ada juga perbedaan lain yang ada di Indonesia. Kehidupan bermasyarakat yang penuh perbedaan dan keragaman menjadikan adanya saling ketergantungan antaranggota masyarakat. Keragaman yaitu suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. Perbedaan menyerupai itu ada pada suku bangsa, ras, agama, budaya dan gender. Keragaman yang ada di Indonesia yaitu kekayaan dan keindahan bangsa.

Keberagaman masyarakat Indonesia mempunyai efek positif bagi masyarakat, bangsa dan negara.. Keberagaman suku bangsa, budaya, ras, agama, dan kekayaan sumber daya alam menjadi daya tarik wisatawan gila untuk berkunjung ke Indonesia. Kita tidak hanya mempunyai keindahan alam, tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu merupakan negara kepulauan dengan ribuan pulau besar kecil di dalamnya. Satu pulau dengan pulau yang lain dipisahkan oleh bentangan maritim yang sangat luas. Kondisi wilayah yang demikian menjadikan keterpisahan antara satu kepingan wilayah negara dengan wilayah negara yang lain dalam negara Indonesia.

Hubungan Saling Ketergantungan
Setiap insan saling tergantung satu sama lain. Begitu juga dalam kehidupan berbangsa alasannya yaitu perbedaan yang ada pada masyarakat Indonesia mengakibatkan saling tergantung satu dengan yang lainnya biar tercapai kemakmuran.

Perbedaan dan keragaman yang dimiliki setiap wilayah di Indonesia menciptakan kita semua sanggup saling melengkapi dan bekerja sama sehingga sanggup mencapai kemakmuran. Masyarakat Indonesia saling bergantung satu sama lainnya. Kebiasaan saling ketergantungan sanggup dilihat dalam keseharian di sekeliling kita. Bacalah dongeng di bawah ini!

Paman Udin berjulukan Pak Rohadi. Pak Rohadi mempunyai pabrik cokelat yang cukup besar di pinggiran kota Jakarta. Produksi pabrik cokelat Pak Rohadi sudah merambah ke pasar internasional. Uniknya, lahan dan iklim di Jakarta tidak memungkinkan untuk bercocok tanam cokelat. Oleh alasannya yaitu itu, Pak Rohadi membeli biji cokelat (kakao) dari Pak Yunius. Pak Yunius pemilik lahan kakao seluas 3 hektar di Papua. Pak Yunius sangat bahagia alasannya yaitu biji cokelat miliknya ada yang membeli. Pak Yunius mendapat uang dari menjual biji coklat ke pak Rohadi.
  1. Apa yang dilakukan Pak Rohadi kepada Pak Yunius? Pak Rohadi membeli materi baku cokelat berupa biji cokelat kepada Pak Yunius.
  2. Apa yang dilakukan Pak Yunius kepada Pak Rohadi? Pak Yunius menyediakan biji cokelat yang sangat diperlukan Pak Rohadi.
  3. Adakah ada saling ketergantungan antara Pak Rohadi dan Pak Yunius? Pak Rohadi membutuhkan materi baku cokelat dan Pak Yunius cokelat miliknya ada yang membeli.

Setelah Udin membaca koran, ia gres mengetahui bahwa kawasan Jawa Timur membeli pulp sebagai
materi baku kertas dari kawasan Kalimantan Selatan. Sebaliknya, Kalimantan Selatan juga membeli kebutuhan pokok menyerupai beras, jagung, gula pasir, tepung terigu, dan pupuk dari Jawa Timur.

Adakah saling ketergantungan dalam bacaan teks di atas? Ada yaitu Pabrik kertas di Jawa Timur membutuhkan pulp yang dihasilkan di kawasan Kalimantan Selatan.
  1. Apa yang mengakibatkan terjadinya relasi antarwilayah di Indonesia? Keragaman sumber daya alam menjadikan relasi antar wilayah.
  2. Apa manfaat yang diperoleh dari aktivitas dalam dongeng 1 dan 2? Manfaat yang diperoleh pada dua dongeng di atas yaitu suatu wilayah tidak sanggup menghasilkan semua sumber daya alam sehingga membutuhkan kawasan yang lain.
  3. Apa yang sanggup anda simpulkan dari kedua dongeng di atas? Keragaman sumber daya alam menjadikan relasi saling ketergantungan antar wilayah.
  4. Apa yang dimaksud dengan saling ketergantungan? Hubungan saling ketergantungan yaitu relasi yang menawarkan adanya ketergantungan antara kawasan yang satu dengan kawasan yang lain.

Perbedaan dan keragaman yang dimiliki setiap wilayah di Indonesia menciptakan kita semua sanggup saling melengkapi dan bekerja sama sehingga sanggup mencapai kemakmuran. Masyarakat Indonesia saling bergantung satu sama lainnya.

Contoh Ketergantungan dalam Kehidupan Sehari-hari
Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali relasi saling ketergantungan. beberapa rujukan diantaranya yaitu sebagai berikut.
  1. Ketika kita akan bepergian kita membutuhkan alat transportasi. Salah satunya yaitu ojek. Kita sanggup memakai jasa ojek untuk mengantar hingga ke sekolah. Dengan mengantar kita ke sekolah tukang ojek mendapat upah yang sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhannya.
  2. Ketika kita akan menulis kita membutuhkan buku. Buku yang kita gunakan ternyata berasal dari bubur kayu yang diperoleh dari derah lain. Dengan adanya buku kita sanggup menulis, sementara kawasan lain kayunya sanggup terjual.
  3. Penjual jajanan di sekolah membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sementara dikala berada di sekolah kita butuh makanan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan membeli makanan kepada penjual di sekolah terjadi relasi saling ketergantungan
 ada juga perbedaan lain yang ada di Indonesia Saling Ketergantungan dalam Kehidupan Sehari-hari.

Manusia sebagai makhluk sosial yang hidup dalam keluarga dan bermasyarakat, dari hal tersebut akan terjadi keterkaitan dalam hal interaksinya dalam kehidupan bermasyarakat, oleh alasannya yaitu itu insan hidup saling membutuhkan dan saling ketergantungan.

Apakah insan sanggup hidup sendiri? Mengapa? Jelaskan.Sebagai makhluk sosial insan tidak sanggup hidup sendiri, insan selalu tergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup ini sanggup dilakukan dengan banyak sekali macam cara contohnya dengan melaksanakan jual beli, berumah-tangga, bergaul, dan sebagainya.

Mengapa ada ketergantungan antarmanusia? Jelaskan. Manusia mempunyai kebutuhan yang bermacam-macam yang tidak sanggup dipenuhi oleh dirinya sendiri. Oleh alasannya yaitu itu insan membutuhkan insan yang lain dalam memenuhi seluruh kebutuhannya.

Mengingat adanya relasi saling ketergantungan dengan orang lain, bagaimana sebaiknya kita menjaga relasi dengan orang lain? Sikap apa yang harus kita tunjukkan? Sikap yang kita tunjukan dengan cara saling menghormati satu sama lain, saling bertegur sapa bila bertemu, membantu sesama kalau membutuhkan, silaturrahin untuk mempererat tali persaudaraan, hal ini dilakukan untuk menawarkan bahwa kita makhluk sosial yang tidak sanggup hidup tanpa tunjangan orang lain.

Apakah saling ketergantungan sanggup memperkokoh kehidupan berbangsa? Jelaskan. Saling ketergantungan akan memperkokoh kehidupan bangsa alasannya yaitu apabila kita saling ketergantungan satu sama lain kita akan selalu saling membutuhkan antara satu dengan lainnya. Dengan adanya saling ketergantungan tersebut akan terjalin persatuan dan kesatuan.
Saling Ketergantungan Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Saling Ketergantungan Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Reviewed by dannz on 8:04 PM Rating: 5