Penyakit Menular Dan Tidak Menular.

Penyakit menular yakni penyakit yang sanggup ditularkan melalui aneka macam media. Penyakit jenis ini merupakan problem kesehatan yang besar di hampir semua negara berkembang alasannya yakni angka kesakitan dan kematiannya yang relatif tinggi dalam kurun waktu yang relatif singkat. Penyakit menular umumnya bersifat akut (mendadak) dan menyerang semua lapisan masyarakat. Penyakit jenis ini diprioritaskan mengingat sifat menularnya yang sanggup menimbulkan wabah dan menjadikan kerugian yang besar.Penularan penyakit sanggup melalui melalui persentuhan, udara, makanan, dan binatang.

Sedangkan penyakit tidak menular yakni penyakit yang tidak sanggup ditularkan kepada orang lain. Penyakit tidak menular biasanya terjadi alasannya yakni faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat. Meskipun kita erat atau kontak body dengan si penderita tetapi kita tidak akan tertular penyakit tersebut. Berbeda dengan Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular memiliki beberapa karakteristik tersendiri menyerupai berikut ini.
  1. Penularan penyakit tidak melalui suatu rantai penularan tertentu
  2. Masa inkubasi panjang dan laten
  3. Perlangsungan penyakit yang berlarut-larut (kronis)
  4. Banyak menghadapi kesulitan diagnosis
  5. Mempunyai variasi yang luas
  6. Memerlukan biaya tinggi dalam upaya pencegahan maupun penanggulangannya.
  7. Faktor penyebabnya majemuk (multi kausal), bahkan tidak jelas.
Penyakit menular yakni penyakit yang sanggup ditularkan melalui aneka macam media Penyakit Menular dan Tidak Menular.
Perubahan cuaca, suhu udara, kelembapan, apabila diikuti dengan cara hidup yang tidak sehat sanggup menjadikan aneka macam penyakit. Ada beberapa penyakit yang tidak saja berakibat pada diri sendiri, namun sanggup juga menular ke orang lain.Beberapa jenis penyakit menular dan tidak menular antara lain sebagai berikut.
Nama
Penyakit
Jenis
Penyakit
GejalaPenyebabCara Pencegahan
Influenza MenularMenggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggiVirusMengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup
Diabetes melitus Tidak MenularSering buang air kecil dimalam hari, sering merasa haus, cepat merasa lapar, berat tubuh turun dengan cepat, merasa lemah dan simpel kelelahan, sering kesemutan di kaki dan tangan, penglihatan kabur, sering infeksi, keputihanKekurangan hormon insulinTerapkan contoh hidup sehat dan Terapkan contoh makan yang baik dan sehat
Demam Berdarah MenularDemam secara datang – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulitNyamuk Aedes AegyptiPenyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat
Rematik Tidak MenularKekakuan sendi di pagi hari. Pembengkakan dan nyeri sendi. Adanya benjolan atau Nodul dan Penumpukan cairan.Radang sendi kronisOlahraga yang teratur, Sering-sering makan sayuran, Jangan terlalu sering bergadang.
Diare MenularGejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin CVirusMengkonsumsi cairan oralit
Tuberkulosis MenularBatuk lebih dari 2 minggu.
Rasa nyeri di dada.
Batuk yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah.
Penurunan berat tubuh tanpa ada suatu alasan yang jelas.
Mengalami demam, terutama sore hari.
Keringat di malam hari.
Menurunnya nafsu makan.
BakteriMencegah kontak eksklusif dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG
Hipertensi Tidak menularMengalami sakit kepala, pusing yang sering dirasakan akhir tekanan darahnya naik melebihi batas normalUsia, Faktor keturunan, Merokok, Kelebihan berat tubuh atau obesitas, dan Kurang olahraga.Mengonsumsi kuliner yang kaya akan serat (Sayur dan buah).
Mengurangi konsumsi garam, dan kuliner yang berlemak tinggi.
Mengurangi berat badan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur.
Cacar MenularDemam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam.Virus Varicella ZosterMenjaga kebersihan dan Vaksinasi yakni cara terbaik untuk mencegah cacar air.
Osteoprosis Tidak MenularSakit punggung, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan, lebih sering mengalami cedera/keretakan tulang.Penurunan kualitas jaringan tulang yang sanggup karenanya menjadikan kerapuhan tulangMendapatkan asupan kalsium serta vitamin D yang tinggi .
Malaria MenularMenggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan simpel lelah. Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun.Parasit PlasmodiumMembersihkan kolam mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.
Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.
Kesehatan merupakan suatu keadaan baik itu keadaan jiwa maupun raga yang sejahtera yang memungkinkan seseorang sanggup menjalani hidup lebih produktif baik secara sosial maupun ekonomi. Seseorang juga sanggup dikatakan sehat kalau ia sanggup terhindar dari aneka macam jenis penyakit, baik itu alasannya yakni infeksi maupun alasannya yakni keadaan lingkungan, menyerupai perubahan animo yang ekstrim, dan lain sebagainya.

Kesehatan merupakan sesuatu yang berharga dalam hidup, untuk itu sudah seharusnya kita selalu berusaha untuk menjaga hal tersebut, supaya kita sanggup terhindar dari aneka macam macam penyakit, serta sanggup menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa kendala maupun halangan apapun. Ada banyak cara sehat terhindar dari penyakit yang sanggup di ikuti supaya tubuh kita selalu fit dan bugar.
Penyakit Menular Dan Tidak Menular. Penyakit Menular Dan Tidak Menular. Reviewed by dannz on 7:44 PM Rating: 5