Pengertian Dan Syarat Pembentukan Forum Sosial

Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai forum kemasyarakatan salah satu jenis forum yang mengatur rangkaian tata cara dan mekanisme dalam melaksanakan korelasi antar insan ketika mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Dalam sistem sosial, forum sosial mempunyai peranan penting yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok insan baik lahir maupun batin.

A. Pengertian Lembaga Sosial
Beberapa hebat sosiologi juga menawarkan pengertian perihal forum sosial. Berikut ini pengertian perihal forum sosial yang diberikan para ahli.
  1. Soerjono Soekanto, forum sosial atau pranata sosial yakni himpunan norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.
  2. Koentjaraningrat (1964: 113), forum sosial yakni suatu sistem tata kelakuan dan korelasi yang berpusat kepada kegiatan untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan dalam kehidupan manusia.
  3. fSelo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, forum sosial merupakan kumpulan dari banyak sekali cara berperilaku (usage) yang diakui oleh anggota masyarakat sebagai sarana untuk mengatur hubungan-hubungan sosial.
  4. Robert Melver dan C.H. Page (Soekanto, 1990: 218), forum sosial merupakan tata cara prosedural yang telah diciptakan untuk mengatur korelasi antarmanusia yang tergabung pada suatu kelompok dalam masyarakat.
  5. Leopold Von Wiese dan Becker (Soekanto, 1990: 219), forum sosial merupakan jaringan proses korelasi antar kelompok dan antar insan yang berfungsi memelihara korelasi itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu serta kelompoknya.
  6. W.G. Sumner (Soekanto, 1990: 218), forum sosial merupakan perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang mempunyai sikap awet serta bertujuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Lembaga berfungsi biar ada keteraturan dan integrasi di dalam masyarakat.
B. Fungsi Lembaga Sosial
Lembaga sosial mutlak diharapkan untuk mengendalikan dan mengatur aktivitas-aktivitas baik individu maupun kolektif dalam kemasyarakatan. Ada beberapa fungsi forum sosial sebagai berikut.
  1. Memberikan pemikiran kepada anggota masyarakat perihal sikap dalam menghadapi problem di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok.
  2. Menjaga keutuhan dari masyarakat yang bersangkutan.
  3. Memberi pegangan kepada anggota masyarakat untuk mengadakan pengawasan terhadap tingkah laris para anggotanya.

C. Pembentukan Lembaga Sosial
Pranata sosial terdapat dalam setiap masyarakat,  baik masyarakat sederhana maupun masyarakat modern. Hal ini disebabkan setiap masyarakat menginginkan keteraturan hidup. Suatu norma tidak sanggup secara eksklusif menjadi forum begitu saja. Proses perubahan sebuah hukum menjadi forum sosial memakan waktu lama.
Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai forum kemasyarakatan salah satu jenis forum y Pengertian dan Syarat Pembentukan Lembaga Sosial
Menurut Leopold von Wiese dan Howard Becker menyerupai dikutip oleh Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, (1964), semua kegiatan insan tunduk kepada habitualisasi, yaitu proses yang menyebabkan suatu sikap menjadi kebiasaan atau biasa untuk seseorang. Jika suatu tindakan diulang terus-menerus, tindakan itu akan mempunyai pola tertentu. Kalau sudah terjadi adaptasi dan sudah terbentuk polanya, maka tindakan seseorang sanggup dengan gampang diketahui serta dibayangkan.

Contoh: Tina seorang siswa Sekolah Menengan Atas kelas X, setiap pagi berdiri pukul 04.00, berguru pagi kurang lebih satu jam, membantu pekerjaan ibu, makan pagi, dan pukul 06.15 sudah siap berangkat ke sekolah. Setiap pagi tindakan yang sama itu dilakukan Tina, lalu menjadi kebiasaan. Kebiasaan tersebut memilih seluruh sikap Tina pada waktu pagi hari.

Dalam proses habitualisasi terdapat pola sikap yang bernilai tinggi. Dalam teladan di atas terdapat nilai rajin, orang yang rajin akan sanggup mencapai suatu keberhasilan. Kesimpulan tersebut menjadi milik diri setiap anggota masyarakat. Sehingga setiap individu menerimanya sebagai kebiasaan dalam kehidupan bersama. Karena diyakini oleh banyak siswa, kebiasaan rajin berguru menjadi suatu norma yang harus dipenuhi jikalau ingin menjadi siswa yang pandai. Proses ini disebut institusionalisasi (pelembagaan).

D. Syarat Terbentuknya Lembaga Sosial
Menurut Koentjaraningrat, kegiatan insan atau kegiatan kemasyarakatan untuk menjadi forum sosial harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Persyaratan tersebut antara lain:
  1. Suatu tata kelakuan yang baku, yang sanggup berupa norma-norma dan watak istiadat yang hidup dalam ingatan maupun tertulis.
  2. Kelompok-kelompok insan yang menjalankan kegiatan bersama dan saling bekerjasama berdasarkan sistem norma-norma tersebut.
  3. Suatu sentra kegiatan yang bertujuan memenuhi komplekskompleks kebutuhan tertentu, yang disadari dan dipahami oleh kelompok-kelompok yang bersangkutan.
  4. Mempunyai perlengkapan dan peralatan.
  5. Sistem kegiatan itu dibiasakan atau disadarkan kepada kelompokkelompok yang bersangkutan dalam suatu masyarakat untuk kurun waktu yang lama.

Proses pelembagaan yang paling tinggi dalam kehidupan masyarakat yakni hingga dengan suatu norma telah mendarah daging (internalized) dalam jiwa warganya. Setiap anggota masyarakat secara sadar sanggup mematuhi dan melaksanakan banyak sekali hukum dalam norma atau pranata sosial, sehingga sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya. Interaksi sosial yang berlangsung dalam masyarakat sanggup dikaterogikan sebagai forum sosial apabila menerapkan :
  1. Suatu tata kelakuan baku yang berupa norma atau watak istiadat yang tertulis dan lisan.
  2. Suatu kelompok insan menjalankan kegiatan bersama dan saling bekerjasama sesuai dengan norma dan terdapat sentra kegiatan yang bertujuan memenuhi kebutuhan.
  3. Suatu sentra kegiatan yang bertujuan memenuhi seperangkat kebutuhan yang dipahami anggota masyarakat.

E. Sifat-Sifat Lembaga Sosial
Lembaga sosial juga merupakan suatu watak kebiasaan dalam kehidupan bersmasyarakat yang mempunyai hukuman yang sistemik dan dibangun atas dasar kewibawaan masyarakat.  Menurut Harsoja forum sosial mempunyai sifa-sifat umum, yaitu sebagai berikut...
  1. Berfungsi sebagai unit dalam sistem kebudayaan sebagai satu kesatuan bulat
  2. Memiliki tujuan yang jelas
  3. Relatif kokoh
  4. Sering memakai hasil kebudayaan material dalam menjalankan fungsinya
  5. Sifat karakteristik merupakan sebuah lambang
  6. Umumnya sebagai tradisi tertulis atau lisan

F. Ciri-Ciri Lembaga Sosial
Lembaga sosial bersahabat kaitannya dengan norma – norma yang saling berkaitan satu sama lain. Menurut Gillin dan Gillin, terdapat ciri-ciri utama forum sosial antara lain sebagai berikut...
  1. Pola pemikiran dan sikap terwujud dari dalam kegiatan masyarakat bersama dengan hasil-hasilnya.
  2. Memiliki suatu tingkat kekekalan khusus. Maksudnya, suatu nilai atau norma akan menjadi forum yang sesudah mengalami proses percobaan dalam waktu yang relatif lama.
  3. Memiliki satu atau beberapa tujuan tertentu.
  4. Memiliki alat kelengkapan yang dipakai untuk mencapai tujuan forum tersebut. Umumnya alat ini antara satu masyarakat dan masyarakat lainnya berbeda.
  5. Mempunyai lambang sebagai simbol dalam menggambarkan tujuan dan fungsi forum tersebut.
  6. Merumuskan tujuan dan tata tertibnya, forum mempunyai tradisi yang tertulis dan tidak tertulis
Pengertian Dan Syarat Pembentukan Forum Sosial Pengertian Dan Syarat Pembentukan Forum Sosial Reviewed by dannz on 4:44 AM Rating: 5