Menguji Terjadinya Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan

Akibat dari adanya revolusi bumi dan bulan terhadap matahari maka akan terjadi fenomena gerhana matahari dan gerhana bulan. Gerhana matahari maupun gerhana bulan ialah sebuah fenomena alam yang merupakan tanda dan bukti atas keagungan-Nya. Dimana gerhana matahari akhir posisi bulan yang berada di antara matahari dan bumi sehingga menghalangi sinarnya menuju ke bumi, dan gerhana bulan akhir posisi bumi yang berada di antara matahari dan bulan sehingga tidak sanggup memantulkan cahaya matahari ke bumi.

1. Gerhana Bulan
Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus. Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan berada di penumbra dan umbra yang berlangsung selama ± 6 jam.

Penumbra ialah bayangan kabur yang terjadi pada ketika gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang). Umbra ialah bayangan inti yang berada di bab tengah sangat gelap pada ketika terjadinya gerhana Bulan. Gerhana bulan sanggup dibagi menjadi tiga jenis:
  1. Ketika Bulan berada di penumbra disebut gerhana Bulan penumbra.
  2. Ketika Bulan sebagian berada di penumbra dan sebagian lagi berada di umbra disebut gerhana Bulan sebagian.
  3. Ketika Bulan berada di umbra disebut gerhana Bulan total. Gerhana Bulan total berlangsung selama ±1 jam 40 menit. 
Akibat dari adanya revolusi bumi dan bulan terhadap matahari maka akan terjadi fenomena ge Menguji Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Setiap tahun diperkirakan gerhana bulan sanggup terjadi dua hingga lima kali. Gerhana bulan total lebih jarang terjadi. Lain halnya dengan gerhana matahari, gerhana bulan sanggup dinikmati dengan mata telanjang sehingga kondusif untuk dilihat secara pribadi dan tidak berbahaya. Untuk sanggup menikmati gerhana bulan dengan jelas, sanggup dengan memakai teleskop atau teropong.

Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi, sehingga Bulan tidak mendapatkan cahaya Matahari. Dari Bumi, ketampakan Bulan mulamula seluruhnya terang, lalu pelan-pelan agak gelap dan alhasil gelap semua. Perlahan-lahan Bulan akan tampak kembali hingga kelihatan seluruhnya.

B.Gerhana Matahari
Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang oleh Bulan.
  1. Pada ketika Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari, ada kalanya seluruh cahaya Matahari dihalangi Bulan, sehingga terjadi gerhana Matahari total.
  2. Ada kalanya juga hanya sebagian cahaya Matahari yang terhalang, sehingga pengamat di Bumi yang berada dalam jalur gerhana masih sanggup melihat sebagian piringan Matahari. Gerhana ini disebut sebagai gerhana Matahari sebagian.
  3. Selain itu ada juga gerhana Matahari cincin, yang terjadi ketika piringan Bulan yang menghalangi cahaya Matahari lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, Bulan menghalangi sebagian besar cahaya Matahari dan menyisakan lingkaran cincin Matahari yang tidak tertutupi piringan Bulan.

3. Menguji Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Alat dan Bahan
  1. Tanah liat
  2. Senter
  3. Bola plastik berdiameter 10 cm
  4. Penggaris
  5. Dua batang pensil
Akibat dari adanya revolusi bumi dan bulan terhadap matahari maka akan terjadi fenomena ge Menguji Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Cara Kerja
  1. Buatlah bulatan berdiameter 3 cm memakai tanah liat! Tancapkan bola tanah liat pada ujung pensil pertama! Bola ini dipakai sebagai model Bulan.
  2. Tancapkan bola plastik pada ujung pensil kedua! Bola ini dipakai sebagai model Bumi.
  3. Gunakan sisa tanah liat untuk menegakkan model Bumi di atas meja!
  4. Usahakan ruangan dalam kondisi gelap.
  5. Mintalah teman kalian memegang model Bulan! Sejajarkan model Bulan dan Bumi dengan jarak 2,5 cm!
  6. Letakkan senter sejajar dengan model Bulan! Senter dipakai sebagai model Matahari.
  7. Hidupkan senter dan mintalah teman kalian menggerakkan model Bulan! Bulan digerakkan mengelilingi Bumi berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
  8. Perhatikan ketika Matahari, Bumi, dan Bulan terletak dalam satu garis lurus!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apa yang terjadi ketika Bumi berada di antara Bulan dan Matahari? Terjadigerhana bulan.
  2. Perhatikan bayangan Bumi di Bulan. Apa yang sanggup kalian jelaskan wacana gerhana Bulan? Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan berada di penumbra dan umbra.
  3. Apa yang terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari? Gerhana matahari.
  4. Perhatikan bayangan Bulan di Bumi. Apa yang sanggup kalian jelaskan wacana gerhana Matahari? Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang oleh Bulan
Menguji Terjadinya Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan Menguji Terjadinya Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan Reviewed by dannz on 3:24 PM Rating: 5