Jenis Dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting

Proses jacking, blocking dan lifting digunakan untuk mempermudah kita dalam melaksanakan acara perawatan dan perbaikan, terutama untuk pekerjaan dibagian bawah kendaraan. Proses jacking ialah suatu proses dimana kendaraan yang akan dilakukan perawatan dan perbaikan diangkat sebagian atau keseluruhan, mirip mengganti ban, servis rem, dll. Alat yang digunakannya ialah dongkrak (jack) dan penopang (Stand)

Proses blocking ialah suatu proses menahan salah satu roda kalau bab lain kendaraan akan diangkat memakai dongkrak. Hal ini dimaksudkan semoga kendaraan tidak tergelincir ketika diangkat. Kita sanggup memakai balok kayu/ gabungan karet sebagai penahannya.

Proses lifting ialah suatu proses mengangkat/menaikan kendaraan secara keseluruhan sehingga kita sanggup leluasa bekerja dibagian bawah kendaraan, mirip servis kaki-kaki, ganti kopling, servis transmisi, dll. Alat yang digunakannya ialah car lift.

A. Dongkrak (Jacking)
Dongkrak ialah nama yang diberikan pada sebuah alat yang digunakan untuk mengangkat beban berat. Untuk ”mendongkrak” sesuatu ke atas, berarti mengangkatnya. Pada ketika bab bawah kendaraan dikerjakan, atau roda-roda atau track harus diganti, roda dan track tersebut harus diangkat atau didongkrak. Dongkrak dioperasikan dengan dua cara:
 blocking dan lifting digunakan untuk mempermudah kita dalam melaksanakan acara perawatan  Jenis dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting
  1. Mekanis. Dongkrak mekanis memakai sejumlah roda gigi (gear) untuk menambah gaya yang digunakan operator dalam mengangkat beban berat. Misalnya, bila operator memakai gaya lima kilo, gaya tersebut akan ditingkatkan oleh gear dalam dongkrak naik sehingga operator tersebut sanggup mengangkat beban sampai 2 ton.
  2. Hidrolik. Dongkrak hidrolik memakai pompa oli untuk menekan oli di dalam dongkrak. Gaya yang diberikan oleh operator akan meningkat dari ram ke ram.

Dongkrak yang umum digunakan ialah dongkrak hidrolik alasannya ialah daya kerjanya dan kapasitasnya dalam mengangkat beban berat. Dongkrak hidrolik berukuran kecil mempunyai sebuah pompa silinder yang kecil untuk mengangkat silinder yang besar. Oli hidrolik dimasukkan kedalam dongkrak dan gerakan diantara silinder dikontrol dengan valve yang pada ketika disetel hanya akan menciptakan oli mengalir dalam satu arah saja.
 blocking dan lifting digunakan untuk mempermudah kita dalam melaksanakan acara perawatan  Jenis dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting
Dongkrak tersebut biasanya mempunyai adjustable threaded center piece untuk menyetel ketinggian.
Jenis dongkrak hidrolik ini juga dinamai dongkrak botol (bottle jack) alasannya ialah bentuknya yang mirip botol.

Dongkrak botol ini mempunyai valve yan disebut control valve. Sewaktu valve ini ditutup dan dongkrak tersebut dipompa, ram akan bergerak keatas dan mengangkat beban. Sewaktu control valve dibuka, ram tersebut akan bergerak kebawah menurunkan beban.

B. Blocking
Blocking sanggup diartikan sebagai tindakan untuk menahan suatu benda tetap pada posisinya. Dalam bahasa umum lebih dikenal dengan mengganjal/menyangga. Setelah sebuah kendaraan terangkat atau didongkrak, kendaraan tersebut harus disangga sebelum dikerjakan. Cara ini disebut mengganjal (pengganjalan).
 blocking dan lifting digunakan untuk mempermudah kita dalam melaksanakan acara perawatan  Jenis dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting
Sebuah ganjal ialah stand yang berpengaruh dan stabil yang dibentuk khusus untuk menyangga sebuah kendaraan. Ganjal mempunyai beberapa ukuran dan dibentuk untuk menopang beban yang berbeda-beda, dari kendaraan kecil sampai peralatan berat ditambang.

Sebagian besar ganjal dibentuk dengan ketinggian yang sanggup diubahsuaikan dengan alat/kendaraan yang diganjal. Setelah tinggi ganjal ditentukan, ganjal tersebut harus dikunci pada posisinya. Hal ini sanggup dilakukan dengan memakai pin, rack, dan thread, tetapi sebagian ganjal mempunyai ketinggian tetap / tidak berubah

C. Pesawat Angkat Dan Angkut
Pesawat angkut dan angkat ialah pesawat atau alat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan sebuah barang dengan jarak, besar dan berat tertentu yang sulit untuk dilakukan ataupun mustahil dilakukan dengan tenaga manusia. Pesawat pengangkat juga sanggup diartikan sebagai kelompok mesin yang bekerja secara periodik yang didesain alat pengangkat dan pemindah muatan yang sanggup digantungkan secara bebas atau diikat pada crane. Pesawat pengangkut sanggup dipisahkan menjadi tiga sesuai cara pengangkutannya :
 blocking dan lifting digunakan untuk mempermudah kita dalam melaksanakan acara perawatan  Jenis dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting
  1. Hydraulic Handling Device: cara pengangkutan dengan memakai media berupa cairan atau liquid sebagai media pengangkutan.
  2. Pneumatic Handling Device: cara pengangkutan dengan memakai media berupa udara, gas sebagai sarana pengangkutannya
  3. Mechanical Conveyor: pesawat angkat dan angkut mempunyai banyak jenis sesuai dengan keadaan dan kegunaannya antara lain:

Belt Conveyor
Fungsi belt conveyor ialah untuk mengangkut berupa unti atau curah dengan kapasitas yang cukup besar, dan sesuai dengan namanya maka media yang digunakan berupa ban. Konstruksi dari belt conveyor ialah :
  1. Konstruksi arah pangangkutan horizontal
  2. Konstruksi arah pengangkutan diagonal atau miring
  3. Konstruksi arah pengangkutan horizontal dan diagonal
 blocking dan lifting digunakan untuk mempermudah kita dalam melaksanakan acara perawatan  Jenis dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting
Sangkar
Sangkar ialah suatu kawasan yang digunakan untuk mengangkut penumpang maupun barang. Pada setiap konstruksi maupun perencanaan sebuah kandang yang harus diperhatikan ialah :
  1. Beban angkat yang diharapkan pada perencanaan
  2. Dimensi maksimum orang yang akan memenuhi perencanaan sangkar.
  3. Tinggi bangunan yang direncanakan.
  4. Bahan dan kerangka sangkar.

Overhead Travelling Crane
Overhead travelling crane merupakan salah satu jenis kran, yang berupa jembatan melintang diatas kepala yang umumnya terbuat konstruksi rangka batang yang ditutup atau dilapis plat baja. Mekanisme ini sering disebut troli yang juga dilengkapi dengan alat-alat sampai sedemikian rupa untuk menghasilkan beberapa gerakan antara lain pengangkatan benda (hoisting sistem) dan jalan melintang pada jembatan.

Konveyor
Jenis konveyor yang paling sempurna untuk mengangkut materi padat berbentuk halus atau bubur ialah konveyor sekrup (screw conveyor). Alat ini intinya terbuat dari pisau yang berpilin mengelilingi suatu sumbu sehingga bentuknya mirip sekrup. Pisau berpilin ini disebut flight. Macam-macam flight adalah: Sectional flight, Helicoid flight, dan Special flight

Elevator
Elevator atau sering disebut dengan lift merupakan salah satu jenis pesawat pengangkat yang berfungsi untuk membawa barang maupun penumpang dari suatu kawasan yang rendah ketempat yang lebih tinggi ataupun sebaliknya. Adapun jenis mesin lift dibagi menjadi dua yaitu mesin lift penumpang dan lift barang. Gerak kerja dari mesin lift ini ialah dengan cara menaik turunkan kandang pada sebuah lorong lift dimana gerakannya berasal dari putaran motor listrik.
 blocking dan lifting digunakan untuk mempermudah kita dalam melaksanakan acara perawatan  Jenis dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting
Kran menara (Tower crane)
Kran menara (Tower crane) merupakan salah satu jenis pesawat pengangkat yang sering kali digunakan, yang fungsinya selain mengangkat juga mengangkut material atau muatan. Jenis pesawat pengangkat ini sering digunakan oleh kontraktor bangunan gedung-gedung bertingkat, pada pelabuhan, dan sebagianya.
Jenis Dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting Jenis Dan Fungsi Jacking, Blocking Dan Lifting Reviewed by dannz on 3:04 PM Rating: 5