Membuat Peta Angkasa Luar

Luar angkasa atau angkasa luar yaitu bab yang relatif kosong dari Jagad Raya, di luar atmosfer. Istilah luar angkasa dipakai untuk membedakannya dengan ruang udara. Karena atmosfer Bumi tidak mempunyai batas yang jelas, namun terdiri dari lapisan yang secara sedikit demi sedikit semakin menipis dengan naiknya ketinggian, tidak ada batasan yang terperinci antara atmosfer dan angkasa.

Peta luar angkas yang dimaksud dalam goresan pena ini yaitu sebuah media yang sanggup dipakai untuk mempelajari koordinat katesius dan juga susunan tata surya. Pada peta angkasa luar tersebut ditunjukan posisi benda-benda angkasa luar yang anda  dipada koordinat Kartesius.

Selain itu melalui peta luar angkasa kisah perjalanan pesawat ketika menjelajahi angkasa luar dengan
menyebutkan koordinat-koordinat posisi pesawat. Berikut ini langkah-langkah menciptakan peta luar angkasa.

A. Bahan dan Alat. 
Kalender bekas, kertas putih yang digambar, dan materi lainnya supaya petamu terlihat menarik, pensil, pensil warna, penggaris, gunting, lem

B. Cara Membuat
  1. Ambil sehelai kalender bekas. Gunakan halaman kosongnya. Kemudian gambarlah sebuah bidang koordinat Kartesius dengan memakai pensil dan penggaris. Pastikan garis-garisnya tegak lurus.
  2. Gambarlah atau buatlah benda-benda angkasa luar ibarat Matahari, Bumi, dan planet-planet. Kira-kira benda apa lagi yang sanggup anda gambar?
  3. Gunakan kertas-kertas yang ada (sebaiknya kertas bekas) dan hiaslah supaya tampak menarik. Gunakan lem secukupnya jikalau perlu.
  4. Buatlah sebuah pesawat yang akan menjelajah angkasa luar. Lihat misalnya berikut ini.
  5. Tentukan titik-titik koordinat setiap benda pada bidang koordinat Kartesius. Pastikan posisinya sempurna di susunan sistem tata surya kita.
  6. Letakkan benda-benda tersebut pada “kalender Kartesius” dengan lem. 
  7. Hiasilah bab pinggirnya dengan dekorasi yang disukai.
Luar angkasa atau angkasa luar yaitu bab yang relatif kosong dari Jagad Raya Membuat Peta Angkasa Luar
Sekarang presentasikan peta angkasa luarmu kepada temanmu. Presentasi yaitu proses memberikan informasi kepada pendengar dengan maksud ingin memperkenalkan suatu produk maupun kegiatan kegiatan. Perhatikan hal-hal penting berikut
sebelum melaksanakan presentasi.
  1. Kontak mata. Kontak mata mencerminan bahwa anda sedang berbicara eksklusif dengan pendengarrnya. Selanjutnya, pendengar akan mencicipi hal yang sama. Mereka merasa diperhatikan oleh anda. Pada gilirannya, mereka akan sudi mendengarkan dan menyimak apa yang Anda sampaikan.
  2. Suara yang keras dan jelas. Berbicara di depan banyak orang tanpa percaya diri sanggup menimbulkan rasa gugup. Dan, rasa gugup tentu akan melemahkan bunyi Anda. Untuk itu usahakan jangan gugup.
  3. Gerakan tubuh. Bahasa badan juga sanggup menjadi abjad atau ciri khas Anda dalam memberikan presentasi. Bahasa badan sanggup menciptakan presentasi Anda jadi menarik minat
  4. Ekspresi wajah.  Ekspresi yaitu kenampakan wajah yang menawarkan suasana emosional seseorang. Ekspresi wajah yang sempurna sanggup menghubungkan Anda dengan pendengar dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan dalam presentasi. 
  5. Intonasi. Komunikasi melalui intonasi bunyi sanggup kita lakukan dengan melaksanakan pemfokusan pada bab kata atau kalimat yang penting.
  6. Jeda.  Gunakan jeda pada dikala akan mengambil nafas,  pada simpulan kalimat, berpikir sesaat, memberikan sesuatu yang Anda anggap berharga.

Pasanglah petamu bersama peta teman-temanmu di dinding kelas atau di daerah lain. Ajaklah teman-temanmu menikmati hasil karyamu. Kamu sanggup memberikan hal-hal berikut.
  1. Posisi benda-benda angkasa luar yang anda buat pada koordinat Kartesius
  2. Cerita perjalanan pesawatmu menjelajahi angkasa luar dengan menyebutkan koordinat-koordinat posisi pesawat. Kamu sanggup meminta temanmu menyebutkan beberapa koordinat, kemudian anda meletakkan pesawatmu pada posisi yang diminta.
  3. Apakah karyamu sudah sesuai dengan langkah-langkah pembuatan?
  4. Apakah karyamu sudah menawarkan kerapian dan ketelitian?
  5. Bertanyalah kepada teman-temanmu, apakah hasil karyamu sudah baik atau belum? Apa saja saran yang sanggup mereka berikan?
  6. Bergantianlah menikmati hasil karya teman-temanmu yang lain. Pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sanggup anda olok-olokan kepada teman-temanmu?
Membuat Peta Angkasa Luar Membuat Peta Angkasa Luar Reviewed by dannz on 10:04 AM Rating: 5