Fakta Fakta Wacana Menjelajah Angkasa Luar

Apa harapan kalian? Apakah kalian ingin menjadi astronaut? Apa yang akan kalian lakukan kalau menjadi astronaut? Apa manfaat astronaut bagi insan di Bumi? Salah satu profesi yang sangat menarik yaitu Astronot. Antariksawan atau astronaut menjalani latihan dalam kegiatan penerbangan antariksa. Mereka memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Para astronot sangat berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan wacana antariksa. Perhatikan kisah di bawah ini wacana astronot.

Penjelajah angkasa luar disebut astronaut. Astronaut harus cendekia dan sehat, baik secara fisik maupun mental. Seleksinya pun sangat ketat.
 Apa yang akan kalian lakukan kalau menjadi astronaut Fakta Fakta wacana Menjelajah Angkasa Luar
Astronaut akan dilatih dengan penuh disiplin untuk “hidup” di angkasa luar yang kondisinya sangat berbeda dengan di Bumi. Di luar angkasa, mereka tidak berjalan kaki atau berlari, tetapi melayang. Mengapa demikian? Karena di angkasa luar tidak ada gaya gravitasi.

Salah satu latihannya, yaitu calon astronaut akan diayun dan diputar di sebuah roda besar. Calon astronaut juga akan masuk ke dalam tabung yang lingkungannya hampir sama dengan di dalam pesawat angkasa luar. Menyelam juga merupakan salah satu latihannya.

Penjelajahan angkasa luar telah dimulai semenjak lama. Sebelumnya, hal ini dianggap tidak mungkin. Namun demikian, rasa keingintahuan insan semakin besar, dan hasilnya insan sanggup melaksanakan penjelajahan tersebut.

Untuk pertama kalinya ke angkasa luar sanggup dicapai pada tahun 1957. Saat itu, Uni Soviet meluncurkan satelitnya yang pertama. Selanjutnya, negeri itu mengirimkan kosmonotnya yang berjulukan Yuri Gagarin pada tanggal 12 April 1961. Ia menjadi insan pertama yang pergi ke angkasa luar dengan pesawat berjulukan Vostok 1. Selanjutnya, Bumi beberapa kali mengirimkan pesawatnya ke sana.

Tuliskan kembali kisah di atas dengan kata-katamu sendiri. Gunakan kalimat efektif dan memakai tanda baca dan karakter kapital yang benar. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantumu menulis.
  1. Siapakah astronaut itu?
  2. Hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang astronaut?
  3. Mengapa para astronaut perlu berlatih menyelam? Jelaskan.
  4. Apa saja yang anda ketahui wacana penjelajahan angkasa luar yang pertama?
  5. Mengapa insan ingin menjelajah angkasa luar?
Astronot penjelajah ruang angkasa. Untuk menjadi seorang astronot harus melalui seleksi yang ketat. Seorang astronot dilatih untuk hidup di angkasa luar yang kondisinya berbeda dengan di bumi. Di luar angkasa mereka berjalan melayang alasannya yaitu tidak ada gravitasi.

Salah satu latihan calon astronot yaitu diayun, diputar pada roda besar serta masuk tabung yang hampir sama keadaannya dengan angkasa luar. Mereka juga berlatih menyelam.

Penjelajahan luar angkasa sudah dimulai semenjak lama. Berkat keingintahuan manusia, sesuatu yang sebelumnya mustahil terjadi hasilnya sanggup dilakukan penjelajahan angkasa luar

Penjelajahan angkasa luar pertama kali dilakukan tahun 1961.Saat itu seorang kosmonot rusia berjulukan Yuri Gagarin menjadi insan pertama yang menjelajah angkasa luar..

Bayangkan kalau anda menjadi seorang astronaut yang menjelajah angkasa luar. Kamu sanggup melihat banyak sekali benda dan planet-planet dari dekat. Siapkan pesawatmu dan perangkat lainnya untuk menjelajahi dunia yang belum pernah anda temukan sebelumnya.

Siap? Ayo kita berangkat. Kamu berada pada koordinat O (0,0). Setelah beberapa menit, pesawatmu sekarang telah berada pada posisi A (0,3). Selanjutnya, anda akan berbelok ke kanan sebanyak 2 satuan dan ke atas sebanyak 4 satuan, yakni pada titik B. Dari titik B, pesawatmu akan bergerak 4 satuan ke kanan dan 1 satuan ke atas. Sekarang posisimu berada pada titik C.
 Apa yang akan kalian lakukan kalau menjadi astronaut Fakta Fakta wacana Menjelajah Angkasa Luar
Sekarang gambarkan posisi-posisimu semenjak ber angkat dari Bumi di titik O sampai titik C. Gunakan
bidang koordinat Kartesius. Lengkapi bidangnya dengan 10 garis horisontal dan 10 garis vertikal dengan ukuran yang sempurna (misalnya jarak antargaris yaitu 1 cm), nama-nama sumbu, dan titik-titik angka.

1. Apa yang sanggup anda pola dari para astronaut tersebut?
Sikap patuh pada aturan, percaya diri dan disiplin dikala berlatih, serta rasa ingin tahu terhadap angkasa luar.

2. Bagaimana efek keteraturan dan ketertiban terhadap perjuangan penjelajahan ini? Sangat berpengaruh, alasannya yaitu seorang astronaut harus disiplin dikala berlatih, harus mengikuti perintah dan hukum dalam penjelajahan)

3. Menurutmu, bagaimana sikapmu terhadap keteraturan dan ketertiban? Apakah kedua hal itu penting untuk kehidupan kita? Kapan saja kita membutuhkan keduanya? Keteraturan dan ketertiban harus tetap dijaga alasannya yaitu dengan keteraturan dan ketertiban masyarakat sanggup berjalan harmonis.

Apakah anda telah melaksanakan kewajiban menegakkan hukum dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat di sekitarmu? Apa saja contohnya? Sebutkan masing-masing 3 pola menyerupai pada tabel berikut
No.KewajibanKegiatanPeriksa
1 Di lingkunag KeluargaMerapikan mainan ke dalam kotak
Membantu anggota keluarga yang lain
Menghormati anggota keluarga yang lebih tua
2 Di Lingkungan SekolahDatang sempurna waktu
Belajar dengan tekun
Patuh pada hukum sekolah.
3Dilingkungan Masyarakat Tidak membunyikan radio terlalu keras
Menaati segala peraturan di lingkungan .masyarakat
Menjaga kemanan dan ketertiban
Fakta Fakta Wacana Menjelajah Angkasa Luar Fakta Fakta Wacana Menjelajah Angkasa Luar Reviewed by dannz on 11:04 AM Rating: 5