Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Tujuan itu ialah semoga siswa mengalami perubahan yang positif. Penilaian berarti perjuangan untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui kegiatan mencar ilmu mengajar. Evaluasi sanggup diartikan suatu pengamatan terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya. Kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan tersebut merupakan suatu tolak ukur yang dibutuhkan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian pendidikan telah terlaksana.
Contohnya dalam penilaian pembelajaran ada yang namanya penilaian hasil mencar ilmu siswa yang merupakan langkah awal dalam proses penilaian tersebut. Kegiatan pengukuran yang dilakukan biasanya dituangkan dalam aneka macam bentuk tes dan hal ini yang paling banyak digunakan. Ada banyak bentuk tes yang sanggup dipakai dalam penilaian pembelajaran dan ada juga yang berbentuk nontes.
Pada bab selesai setiap tema akan diadakan penilaian pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur seberapa juah penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Berikut ini Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air
1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Cara kerja dari pembangkit listrik jenis ini cukup sederhana.
3. Apa yang anda ketahui perihal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!
Paragraf 1: Topik Masalah
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya mempunyai fungsi yang sama, yaitu menghasilkan energi listrik utuk mendukung acara manusia.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Untuk sanggup menghasilkan energi listrik melalui PLTS dibutuhkan beberapa komponen pendukung penghasil tenaga surya. Beberapa komponen yang diharapkan antara lain : Panel surya, Alat Pengatur Daya (charge controllet), Accu, dan Inverter DC to AC.
Paragraf 3: Simpulan dan pesan/ pendapat eksklusif penulis
Listrik berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal terusan isu ke aneka macam kepingan dunia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan energi alternatif yang jumlahnya melimpah.
4. Mencintai produk dalam negeri yaitu merupakan perilaku cinta tanah air. Apakah anda oke dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu !
5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.
Luas Permukaan = 6 x s x s
= 6 x 6 x 6
= 6 x 36
= 216 cm²
Volume Kubus = s³ = 6³ = 216 cm³
6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun adonan berikut.
Luas adonan = Luas Bangun 1 + Luas bangun 2
Luas Bangun 1 = 6 x 8 x 8 = 384 cm²
Luas bangun2 = 5 x 4 x 4 = 80 cm²
Luas adonan = 384 cm² + 80 cm² = 464 cm²
7. Ida akan menciptakan 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang ia perlukan
Luas Karton = 4 x 6 x 10 x 10 = 24 x 100 = 2.400 cm²
Contohnya dalam penilaian pembelajaran ada yang namanya penilaian hasil mencar ilmu siswa yang merupakan langkah awal dalam proses penilaian tersebut. Kegiatan pengukuran yang dilakukan biasanya dituangkan dalam aneka macam bentuk tes dan hal ini yang paling banyak digunakan. Ada banyak bentuk tes yang sanggup dipakai dalam penilaian pembelajaran dan ada juga yang berbentuk nontes.
Pada bab selesai setiap tema akan diadakan penilaian pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur seberapa juah penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Berikut ini Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air
1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Berpikir Global, Bertindak Lokal artinya mempunyai pemikiran maju dan mendunia, namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia. Contoh tindakan Beroikir Global Bertindak Lokal diantaranya yaitu berbelanja di pasar tradisional, memakai barang-barang produksi dalam negeri, mengonsumsi buah-buahan lokal
2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Cara kerja dari pembangkit listrik jenis ini cukup sederhana.
- Komponen utama dari sumber energi ini yaitu sel foltovotaik. Sel tersebut mempunyai peranan untuk menangkap panas matahari yang kemudian akan diubah menjadi energi listrik. Pada siang hari panel surya mendapatkan cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh sel-sel kristal melalui proses photouoitaic.
- Listrik yang dihasilkan oleh panel surya disalurkan ke Elektronoc Box Sistem.. Electric Box System merupakan system khusus yang mudah dan flexible yang dipakai sebagai daerah pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel.
- Dari Elektric Box Sistem inilah energi listrik akan disalurkan ke peralatan listrik menyerupai lampu, tv, radio dan peralatan lainnya.
- Bila listrik DC ingin dipakai menyalakan perangkat AC: pompa air, kulkas, dan sebagainya maka diharapkan inverter yang sanggup mengubah listrik DC menjadi AC. Sesuaikan kebutuhan daya yang dibutuhkan dengan panel sel surya, inverter, aki. Inverter yaitu perangkat elektrik yang dipakai untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat menyerupai batere, panel surya / solar cell menjadi AC.
3. Apa yang anda ketahui perihal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!
Paragraf 1: Topik Masalah
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya mempunyai fungsi yang sama, yaitu menghasilkan energi listrik utuk mendukung acara manusia.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Untuk sanggup menghasilkan energi listrik melalui PLTS dibutuhkan beberapa komponen pendukung penghasil tenaga surya. Beberapa komponen yang diharapkan antara lain : Panel surya, Alat Pengatur Daya (charge controllet), Accu, dan Inverter DC to AC.
Paragraf 3: Simpulan dan pesan/ pendapat eksklusif penulis
Listrik berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal terusan isu ke aneka macam kepingan dunia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan energi alternatif yang jumlahnya melimpah.
4. Mencintai produk dalam negeri yaitu merupakan perilaku cinta tanah air. Apakah anda oke dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu !
Setuju alasannya yaitu dengan kita memakai produk dalam negeri berarti melindungi produk dalam negeri dari serbuan produk negara lain.
5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.
Luas Permukaan = 6 x s x s
= 6 x 6 x 6
= 6 x 36
= 216 cm²
Volume Kubus = s³ = 6³ = 216 cm³
6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun adonan berikut.
Luas adonan = Luas Bangun 1 + Luas bangun 2
Luas Bangun 1 = 6 x 8 x 8 = 384 cm²
Luas bangun2 = 5 x 4 x 4 = 80 cm²
Luas adonan = 384 cm² + 80 cm² = 464 cm²
7. Ida akan menciptakan 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang ia perlukan
Luas Karton = 4 x 6 x 10 x 10 = 24 x 100 = 2.400 cm²
Soal Penilaian Tema 4 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air
Reviewed by dannz
on
9:19 AM
Rating: