Cergam merupakan singkatan dari kisah bergambar. Cergam mengandung pengertian perpaduan gambar dan teks yang berbaur menjadi satu kesatuan serta mengandung keindahan dan kisah yang bermakna. Itulah yang dimaksud dengan kisah bergambar. Cergam menciptakan anak tidak hanya membaca, tetapi juga turut aktif dalam cerita. Mereka sanggup berpartisipasi dalam kisah untuk menuntaskan dilema yang dihadapi tokoh dengan jalan yang mereka pilih.
Cergam yaitu sebuah bacaan ringan yang mempermudah pembaca untuk mengerti apa yang hendak disampaikan oleh penulis melalui gambar yang menarik dan terselip beberapa teks yang mendukung gambar tersebut. Cerita bergambar (cergam) merupakan karya kisah yang menggabungkan
aspek visual (gambar) dan aspek verbal (tulisan).
Perbedaan cergam dengan komik terletak pada komposisi gambar dan tulisan. Pada komik umumnya dilengkapi dengan bingkai-bingkai secara berjajar-jajar disertai dengan balon yang berupa suara/dialog yang tersusun sebagai sebuah cerita. Sedangkan pada cergam, komposisi gambar dan goresan pena sanggup berjajar-jajar ataupun terpisah pada halaman tersendiri.
Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menciptakan gambar cerita. Beberapa langkah yang dimaksud yaitu sebagai berikut.
Cerita Gambar Kancil dan Siput
Alkisah, diceritakan bahwa Raja Siput mengetahui akan kedatangan makhluk paling cerdik, yaitu Si Kancil di perkampungannya. Raja Siput mengumpulkan warganya untuk berkemas-kemas menghadapi budi Si Kancil.
Saat Si Kancil datang, Raja Siput menyambutnya. Dengan kepongahan dan kesombongannya, Si Kancil bercerita ihwal kecerdikannya yang berhasil mengelabui harimau dan manusia. Siput yang mendengarkan kesombongan Si Kancil, merasa geram ingin segera menguji budi Si Kancil.
Setelah mendengarkan kisah budi Si Kancil, Raja Siput memberikan maksudnya yang ingin menguji budi Si Kancil dengan menantangnya berlomba lari hingga ke hulu sungai. Sebelumnya, Raja Siput sudah memerintahkan bawahannya siap berbaris sepanjang sungai hingga ke hulu. Mereka setuju bahwa jikalau kancil yang berencana lari di daratan memanggil Siput, maka Siput yang ada di depan Kancil menjawab “uuuu. . .”.
Kesepakatan antara Raja Siput dan Kancil pun dibuat. Mereka setuju berlomba lari ke hulu sungai. Kancil berlari lewat daratan, Raja Siput lari di lumpur sungai. Tepat pada waktunya, datanglah Si Kancil. Dia menuntut supaya perlombaan segera dimulai. Raja siput yang sudah usang bersiap segera beringsut ke pinggir sungai. Sementara itu, beberapa ekor siput yang lain berada di pinggir sungai ingin menyaksikan perlombaan itu. “Satu, dua, tigaaaa!” si Kancil memberi komando tanda perlombaan dimulai.
Dengan sigap Kancil melompat, berlari sekencang-kencangnya. Setiap lima puluh langkah, beliau berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu., uuuu!” jawab siput yang berada di depannya. Si kancil semakin mempercepat larinya. Lalu terdengar lagi si Kancil berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu, uuuu ...!” kembali terdengar balasan siput telah berada di depannya.
Si Kancil menjadi murka dan kian memperkuat larinya. Setiap kali beliau berseru, selalu dijawab oleh siput yang telah berada di depannya. Demikian seterusnya. Si Kancil tidak sanggup mengalahkan siput dalam perlombaan itu. Dia tidak sanggup mengira seni administrasi yang digunakan oleh Raja Siput dan anak buahnya. Akhirnya, beliau merasa kelelahan. Sambil menggerutu dengan napas terengah-engah, sang Kancil pun berkata, “Hai siput, mulai hari ini saya nyatakan bahwa engkaulah hewan paling berilmu dan sanggup mengalahkan aku, selamat tinggal!” Setelah itu, sang Kancil pun melompat dan lari menghilang dari perkampungan siput.
Sekarang, tinggallah siput-siput itu bergembira ria. Mereka yang telah bekerja keras, bergotong royong, serta sanggup membina persatuan dan kesatuan.
Ayo Berlatih
Berdasarkan kisah bergambar di atas, siapakah yang mempunyai perilaku sombong dan pongah?Bagaimanakah pendapatmu terhadap perilaku tersebut?
Hasil simpulan
Kamu telah memahami langkah-langkah menciptakan gambar cerita. Sekarang coba anda praktikkan menciptakan gambar kisah satu adegan gambar saja. Ceritanya sebagai berikut. “Suatu hari kancil sedang berbicara serius dengan kura-kura”. Gambarlah pada kolom kosong berikut.
Cerita bergambar mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan anak dan tidak hanya terbatas pada bawah umur yang berusia sangat muda saja. Teks pada buku kisah bergambar yaitu teks naratif, bukan bahasa percakapan menyerupai dalam komik, sehingga perbendaharaan kata anak menjadi bertambah. Anak sanggup memahami dan mengingat kata-kata yang tidak biasanya mereka jumpai dalam percakapan dan kehidupan sehari-hari.
Manfaat lain dari kisah bergambar yaitu menyetimulasi dan menyebarkan daya observasi dan imajinasi anak. Anak melihat ilustrasi pada buku dan menciptakan kesimpulan sendiri mengenai apa yang bekerjsama terjadi dalam cerita.
Cergam yaitu sebuah bacaan ringan yang mempermudah pembaca untuk mengerti apa yang hendak disampaikan oleh penulis melalui gambar yang menarik dan terselip beberapa teks yang mendukung gambar tersebut. Cerita bergambar (cergam) merupakan karya kisah yang menggabungkan
aspek visual (gambar) dan aspek verbal (tulisan).
Perbedaan cergam dengan komik terletak pada komposisi gambar dan tulisan. Pada komik umumnya dilengkapi dengan bingkai-bingkai secara berjajar-jajar disertai dengan balon yang berupa suara/dialog yang tersusun sebagai sebuah cerita. Sedangkan pada cergam, komposisi gambar dan goresan pena sanggup berjajar-jajar ataupun terpisah pada halaman tersendiri.
Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menciptakan gambar cerita. Beberapa langkah yang dimaksud yaitu sebagai berikut.
- Tentukan ide/gagasan/tema yang akan dibuat.
- Tentukan aksara tokoh utamanya dan aksara dari tokoh pembantunya yang ada dalam cerita.
- Buat alur kisah sederhana secara garis besar yang menggambarkan isi cerita, kemudian masing-masing bisa dikembangkan.
- Mulai menggambar sesuai alur kisah yang telah dibuat.
Cerita Gambar Kancil dan Siput
Alkisah, diceritakan bahwa Raja Siput mengetahui akan kedatangan makhluk paling cerdik, yaitu Si Kancil di perkampungannya. Raja Siput mengumpulkan warganya untuk berkemas-kemas menghadapi budi Si Kancil.
Saat Si Kancil datang, Raja Siput menyambutnya. Dengan kepongahan dan kesombongannya, Si Kancil bercerita ihwal kecerdikannya yang berhasil mengelabui harimau dan manusia. Siput yang mendengarkan kesombongan Si Kancil, merasa geram ingin segera menguji budi Si Kancil.
Setelah mendengarkan kisah budi Si Kancil, Raja Siput memberikan maksudnya yang ingin menguji budi Si Kancil dengan menantangnya berlomba lari hingga ke hulu sungai. Sebelumnya, Raja Siput sudah memerintahkan bawahannya siap berbaris sepanjang sungai hingga ke hulu. Mereka setuju bahwa jikalau kancil yang berencana lari di daratan memanggil Siput, maka Siput yang ada di depan Kancil menjawab “uuuu. . .”.
Kesepakatan antara Raja Siput dan Kancil pun dibuat. Mereka setuju berlomba lari ke hulu sungai. Kancil berlari lewat daratan, Raja Siput lari di lumpur sungai. Tepat pada waktunya, datanglah Si Kancil. Dia menuntut supaya perlombaan segera dimulai. Raja siput yang sudah usang bersiap segera beringsut ke pinggir sungai. Sementara itu, beberapa ekor siput yang lain berada di pinggir sungai ingin menyaksikan perlombaan itu. “Satu, dua, tigaaaa!” si Kancil memberi komando tanda perlombaan dimulai.
Dengan sigap Kancil melompat, berlari sekencang-kencangnya. Setiap lima puluh langkah, beliau berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu., uuuu!” jawab siput yang berada di depannya. Si kancil semakin mempercepat larinya. Lalu terdengar lagi si Kancil berseru, “Di mana engkau siput?” “Uuuu, uuuu ...!” kembali terdengar balasan siput telah berada di depannya.
Si Kancil menjadi murka dan kian memperkuat larinya. Setiap kali beliau berseru, selalu dijawab oleh siput yang telah berada di depannya. Demikian seterusnya. Si Kancil tidak sanggup mengalahkan siput dalam perlombaan itu. Dia tidak sanggup mengira seni administrasi yang digunakan oleh Raja Siput dan anak buahnya. Akhirnya, beliau merasa kelelahan. Sambil menggerutu dengan napas terengah-engah, sang Kancil pun berkata, “Hai siput, mulai hari ini saya nyatakan bahwa engkaulah hewan paling berilmu dan sanggup mengalahkan aku, selamat tinggal!” Setelah itu, sang Kancil pun melompat dan lari menghilang dari perkampungan siput.
Sekarang, tinggallah siput-siput itu bergembira ria. Mereka yang telah bekerja keras, bergotong royong, serta sanggup membina persatuan dan kesatuan.
Ayo Berlatih
Berdasarkan kisah bergambar di atas, siapakah yang mempunyai perilaku sombong dan pongah?Bagaimanakah pendapatmu terhadap perilaku tersebut?
Hasil simpulan
Tokoh yang mempunyai perilaku sombong dan pongah yaitu Si Kancil. Sikap sombong yang dimiliki kancil tidak baik. Jangan pernah sombong terhadap kemampuan yang kita memiliki, sesungguhnya di atas langit masih ada langit.Ayo Berkreasi
Kamu telah memahami langkah-langkah menciptakan gambar cerita. Sekarang coba anda praktikkan menciptakan gambar kisah satu adegan gambar saja. Ceritanya sebagai berikut. “Suatu hari kancil sedang berbicara serius dengan kura-kura”. Gambarlah pada kolom kosong berikut.
Cerita bergambar mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan anak dan tidak hanya terbatas pada bawah umur yang berusia sangat muda saja. Teks pada buku kisah bergambar yaitu teks naratif, bukan bahasa percakapan menyerupai dalam komik, sehingga perbendaharaan kata anak menjadi bertambah. Anak sanggup memahami dan mengingat kata-kata yang tidak biasanya mereka jumpai dalam percakapan dan kehidupan sehari-hari.
Manfaat lain dari kisah bergambar yaitu menyetimulasi dan menyebarkan daya observasi dan imajinasi anak. Anak melihat ilustrasi pada buku dan menciptakan kesimpulan sendiri mengenai apa yang bekerjsama terjadi dalam cerita.
Memahami Gambar Dongeng Kancil Dan Siput
Reviewed by dannz
on
9:59 PM
Rating: