Pada dasarnya tujuan utama iklan ialah supaya masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibentuk semenarik mungkin
dan seefektif mungkin. Iklan mempunyai peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk supaya sanggup dikenal oleh masyarakat.
Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan Ikmedia cetak. Iklan cetak ialah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.
Sedangkan eklan elektronik ialah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.
Tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila anda menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Persamaan : Keduanya punya tujuan yang sama yaitu memperlihatkan isu atau promosi kepada khalayak perihal suatu produk/jasa .
Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertasgambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom ibarat di bawah ini. Diskusikan dengan sobat sekelompokmu perihal iklan-iklan yang pernah dilihat/ ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan anda mengelompokkannya dalam media tersebut.
Ayo Mengamati
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih ialah iklan yang memakai bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.
2. Berikan jawaban dalam bentuk berikut ini.
Dari aktivitas di atas, apa yang sanggup anda simpulkan? Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan jawaban tersebut sebagai materi untuk menciptakan kesimpulan
dan seefektif mungkin. Iklan mempunyai peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk supaya sanggup dikenal oleh masyarakat.
Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan Ikmedia cetak. Iklan cetak ialah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.
Sedangkan eklan elektronik ialah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.
Tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila anda menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Iklan Media Elektronik | Iklan Media Cetak |
---|---|
|
|
Persamaan : Keduanya punya tujuan yang sama yaitu memperlihatkan isu atau promosi kepada khalayak perihal suatu produk/jasa .
Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertasgambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom ibarat di bawah ini. Diskusikan dengan sobat sekelompokmu perihal iklan-iklan yang pernah dilihat/ ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan anda mengelompokkannya dalam media tersebut.
Nama Iklan | Media (Cetak/Elektronik (Radio atau Televisi)) | Alasan Pemilihan Media |
---|---|---|
Closeup-Fire-Freeze | Media cetak | Hanya memakai gambar dan tulisan |
Iklan Unilever Corporate Ramadhan 2018 | Elktronik (Televisi) | Menggunakan gambar bergerak Mnggunakan suara |
Iklan Sabun Livebuoy | Media cetak | Hanya memakai gambar dan tulisan |
Iklan Advan i6 Powered Full View Display | Elktronik (Internet) | Menggunakan gambar bergerak Menggunakan suara |
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih ialah iklan yang memakai bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.
2. Berikan jawaban dalam bentuk berikut ini.
- Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
- Jika admin mengingat iklan tersebut, maka hal yang admin ingat adalah
- Jika admin mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari
- iklan itu ialah
Dari aktivitas di atas, apa yang sanggup anda simpulkan? Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan jawaban tersebut sebagai materi untuk menciptakan kesimpulan
Perbedaan Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Elektronik
Reviewed by dannz
on
4:44 AM
Rating: