Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik. Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam.

Hari ini, Siti dan teman-teman berjanji akan berkumpul di rumah Beni. Mereka akan berkreasi menciptakan alat peraga perihal pecahan dari barang bekas.

Siti, Lani, dan Dayu sudah tiba di rumah Beni. Mereka menggunakan payung. Tak usang kemudian, Udin pun tiba. Ia menggunakan jas hujan.

Ayo Membaca
Namun, Edo tak kunjung datang. Menjelang siang, barulah Edo tiba di rumah Beni. Hujan sudah berhenti.  Perhatikan percakapan berikut ini.
Beni:Mengapa anda gres datang, Edo? Kami menunggu semenjak pagi.
Edo:Maaf, admin menunggu hujan reda. Payung admin ketinggalan di sekolah kemarin. Saat pulang sekolah cuaca sudah cerah. Jadi, admin tidak ingat kalau bawa payung.
Siti:O, begitu. Kamu ingat kiprah membawa barang bekas, kan?
Edo:Tentu admin ingat. Ini barang bekasnya.
Beni:Teman-teman, barang-barang bekas sudah kita bawa. Lalu, apa yang akan kita buat?Teman-teman, barang-barang bekas sudah kita bawa. Lalu, apa yang akan kita buat?
Udin:Kita akan menciptakan alat peraga pecahan. Nanti kita membuatkan tugas, ya, sesuai kemampuan masing-masing. Saya suka menggambar. Saya yang menggambar bagian-bagian pecahan.
Siti:Saya suka menggunting. Nanti admin yang menggunting gambar bab pecahan
Lani:Saya suka mewarnai. Nanti admin yang memberi warna pada alat peraga kita.
Dayu:Saya yang bertugas melekat dan menulis.
Edo:Saya membantu Siti menggunting gambar kotak.
Beni:Baik, kalau begitu admin membantu Udin menggambar bagian-bagian pecahan di kardus bekas.

Beni dan teman-teman bekerja sama menciptakan kiprah alat peraga pecahan. Setiap anggota kelompok mempunyai kemampuan yang berbeda. Namun, mereka bersatu menuntaskan kiprah tersebut.

Ayo Menulis
Apakah anda pernah menciptakan kiprah kelompok bersama teman? Apakah kiprah yang anda kerjakan ketika itu?

Tuliskan kiprah kelompok yang pernah anda kerjakan. Tuliskan juga alasan pentingnya bersatu dalam keberagaman.
No.Tugas kelompokTugas/Peranku
1.Pameran KelasMenjadi penjaga stand pameran
2.DiskusiSebagai anggota kelompok
3.Bermain Sepak BolaPenjaga Gawang
4.Baris BerbarisPemimpin barisan

Bersatu dalam keberagaman kiprah itu penting alasannya bersatu dalam keberagaman akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Mengamati
Menjelang sore, kiprah mereka pun usai. Beni ke luar rumah mengamati keadaan langit. Cuaca masih terlihat berawan. Beni dan teman-teman pun bermain perihal pecahan. Mereka menggunakan kreasi barang bekas tadi.

Inilah kreasi mereka. Lingkarannya terbuat dari kardus bekas. Lingkaran tersebut diikat dengan tali plastik.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Ayo Berkreasi
Bermain dengan Pecahan
Mari bermain dengan kreasi barang bekas. Kita bermain sambil belajar. Membandingkan dua pecahan yang peyebutnya sama, namun pembilangnya berbeda.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Lihatlah gambar pecahan pada Beni dan Siti. Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah pecahan yang lebih kecil?

Sekarang, amati gambar pecahan pada Udin dan Siti. Manakah pecahan yang lebih besar? Manakah
pecahan yang lebih kecil?
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Sekarang, amati gambar pecahan pada Edo dan Dayu. Manakah pecahan yang lebih besar?
Manakah pecahan yang lebih kecil?
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Membandingkan pecahan yang berpenyebut sama dengan pembilang berbeda:
Makin besar pembilang, makin besar nilai pecahan itu.

Ayo Berlatih
Sekarang, anda sudah sanggup membandingkan pecahan dengan penyebut yang sama, tetapi pembilang berbeda. Sekarang, anda juga sudah sanggup membandingkan pecahan dengan pembilang yang sama, tetapi penyebut berbeda.

Kerjakanlah latihan berikut ini!
A. Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada kawasan yang telah tersedia.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
B. Beri tanda “S” (salah) jikalau balasan salah atau “B” (benar) jikalau balasan benar pada kotak yang
tersedia.
 Cuaca ibarat ini sudah berlangsung semenjak tadi malam Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca
Beni dan teman-teman telah final belajar. Saatnya Siti, Dayu, Lani, Udin, dan Edo pulang ke rumah. Cuaca di luar sudah mulai terlihat cerah. Dalam perjalanan pulang, mereka bercakap-cakap perihal perubahan cuaca.

Ayo Membaca
BMKG perihal Prakiraan dan Perubahan Cuaca
Jakarta (Greeners) – Pengamatan cuaca di Indonesia dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Badan ini berkantor di Jakarta.

Badan ini bertugas mengamati cuaca setiap hari. Badan ini mengamati cuaca di seluruh wilayah Indonesia.

BMKG menjelaskan prakiraan cuaca pada bulan Januari. Secara umum, Indonesia berada pada puncak animo hujan. Namun kenyataannya, kondisi cuaca di Jakarta berubah-ubah. Terkadang hujan sepanjang hari bermetamorfosis panas terik secara tiba-tiba.

Seperti hari ini cuaca cerah dan tidak ada hujan di wilayah Jakarta. Namun, kemarin hujan turun beberapa kali sepanjang hari.

Ayo Berdiskusi
Informasi apa sajakah yang diperoleh dari gosip tersebut? Susunlah informasi dari gosip tersebut.
Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan hasil diskusimu di kawasan yang tersedia, kemudian sampaikan di hadapan teman-teman

Informasi 1 : BMKG bertugas mengamati cuaca
Informasi 2 : BMKG mengamati cuaca di seluruh Indonesia
Informasi 3 : BMKG memperkirakan bulan Januari Indonesia berada di puncak animo hujan
Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca Pembelajaran 6 Subtema 2 Perubahan Cuaca Reviewed by dannz on 3:10 AM Rating: 5