Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan

Tidak jauh dari kawasan tinggal Udin, terdapat sebuah peternakan sapi perah. Pemiliknya mengizinkan Udin dan teman-teman untuk berkunjung. Tentu saja, Udin dan teman-teman merasa senang.

Di peternakan, Udin melihat banyak sapi perah. Ada yang sedang diperah susunya. Ada juga yang sedang memakan rumput.

Udin diberi teks bacaan perihal susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman-teman membacanya bersama-sama. Banyak sekali hasil pengolahan susu sapi.

Pengolahan Susu Sapi
Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar mempunyai daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu sanggup dinikmati kapan saja.

Pengolahan susu sapi sanggup dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga semoga makanan tetap awet.

Susu sapi sanggup diolah menjadi banyak sekali jenis makanan baru. Contohnya yaitu yoghurt, keju, permen, mentega, sampai es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.

Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting sehabis karenanya yaitu cara mengemasnya. Pengemasan produk sanggup menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.

Ayo Berdiskusi
Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi? Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 orang. Tuliskan pendapat setiap anggota kelompok!

Berdasarkan hasil diskusi, manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah
  1. Gizi dalam susu sanggup dinikmati kapan saja.
  2. Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.
  3. Mengolah susu menjadi produk gres ibarat yoghut, keju, mentega, dan es krim.
  4. Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.

Ayo Berlatih
Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”. Carilah arti kata tersebut memakai andas! Kamu bisa minta pertolongan pada orang renta atau gurumu.
NoKataArti
1Daya tahanKemampuan bertahan terhadap segala imbas dari luar yang sanggup merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya)
2TeknologiMetode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; 
3PengemasanProses, cara, perbuatan mengemasi:
4Kedap UdaraTidak gampang atau tidak sanggup dimasuki atau ditembus oleh udara

Buat kalimat gres memakai kata-kata di atas!
  1. Daya tahan : Susu sapi sanggup meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Teknologi : Susu sapi diolah menjadi yoghurt memakai teknologi fermentasi.
  3. Pengemasan : Pengemasan produk susu menciptakan susu menjadi lebih awet
  4. Kedap udara : Kemasan kedap udara mengakibatkan makanan lebih awet.

Ayo Mengamati
Simaklah dongeng gurumu perihal keberagaman dalam kehidupan sehari-hari!

Hari semakin siang. Dayu mengajak Udin dan teman-teman untuk beristirahat sejenak. Di halaman depan peternakan, terdapat toko yang menjual banyak sekali hasil olahan susu.

Beni mengajak teman-temannya minum susu. Lani dan Udin menolak permintaan Beni.

“Maaf, Beni. Aku tidak bisa minum susu. Aku alergi terhadap susu sapi. Aku sudah membawa air minum dari rumah,” ujar Lani. “Kalau saya lebih menentukan minum yoghurt, Beni,” kata Udin.

Setiap orang mempunyai pilihan yang berbeda. Beni menghargai pilihan teman-temannya. Beni tidak murka walaupun ajakannya ditolak.

Dapatkah anda jelaskan pentingnya memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.

Ayo Bermain Peran
Setiap individu mempunyai kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.

Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang. Diskusikan sebuah dongeng perihal sahabat satu kelompok yang mempunyai sifat bermacam-macam!

Bagaimana perilaku yang harus kita ambil dalam menghadapi perbedaan? Tuliskan hasil diskusimu.

Perankan dongeng yang telah anda buat bersama teman-teman sekelompokmu!
Dengan memahami keberagaman atau macam-macam sifat dan ciri-ciri setiap individu, sifat empati dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita sanggup menghargai perasaan orang lain

Ayo Mengamati
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam banyak sekali kemasan.
 Udin diberi teks bacaan perihal susu sapi dan cara pengolahannya Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan

Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B

volume kemasan A yaitu sama dengan 2 kemasan B. Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.

Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda. Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku

Ayo Mencoba
Buatlah kelompok bersama teman-temanmu! Lakukan percobaan mengukur volume. Ikuti langkah berikut:
  1. Kumpulkan botol minum dari setiap anggota kelompok.
  2. Siapkan alat ukur berupa gelas plastik berukuran sama.
  3. Ukur volume dari air minum di setiap botol minum.
  4. Tunjukkan volume air dari setiap botol dengan mewarnai batas air ibarat pada gambar di bawah ini. teladan :
 Udin diberi teks bacaan perihal susu sapi dan cara pengolahannya Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan

  1. Botol minum milik Dayu mempunyai volume paling banyak.
  2. Botol minum milik  Edo mempunyai volume paling sedikit.

Ayo Berlatih
Membandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut! Lingkari gambar yang mempunyai volume lebih banyak!
 Udin diberi teks bacaan perihal susu sapi dan cara pengolahannya Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan
Mengurutkan Volume Benda Cair
Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!

Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit sampai kotak yang bervolume paling banyak!
 Udin diberi teks bacaan perihal susu sapi dan cara pengolahannya Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan
Urutan volume : 3, 2 , dan 1

Urutkan mulai dari gelas yang mempunyai volume paling banyak sampai volume yang paling sedikit!
 Udin diberi teks bacaan perihal susu sapi dan cara pengolahannya Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan

Urutan gelas dari volume paling banyak sampai paling sedikit yaitu : 3, 5, 2, 4, dan 1

Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 5 Subtema 1 Teknologi Produksi Pangan Reviewed by dannz on 9:50 PM Rating: 5