Diagram Alur Sistem Pencernaan Pada Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup yakni memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kompleks yang terdapat dalam badan kita.

Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan manusia? Tanpa kita sadari dan tanpa harus diperintah, sistem pencernaan bekerja dengan sendirinya. Menakjubkan, bukan? Setelah anda mempelajari sistem pencernaan pada sapi, kini perhatikan sistem pencernaan pada insan menyerupai pada gambar di bawah ini.

Ayo Berkreasi
Berdasarkan gambar sistem pencernaan pada manusia, coba anda buat diagram alur perjalanan kuliner dari rongga lisan sampai keluar melalui anus pada kolom berikut.
Salah satu ciri makhluk hidup yakni memerlukan kuliner Diagram Alur Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sistem pencernaan pada badan insan berfungsi untuk menghancurkan kuliner yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk garang sanggup menjelma bentuk yang lebih halus dengan pemberian gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan sanggup mempermudah proses peresapan sari makanan.

Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa kuliner yang sudah tidak diharapkan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut sanggup menjadi racun bagi badan insan bila tidak dikeluarkan.

Berikut ini yakni proses pencernaan kuliner pada manusia.
No.OrganKeterangan
1.MulutIngesti: proses memasukkan kuliner melalui mulut.
Mastikasi: proses pengunyahan kuliner memakai gigi.
2.KerongkonganDeglutisi: proses menelan kuliner di kerongkongan.
3.LambungDigesti: proses pemecahan kuliner dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan pemberian enzim yang ada di lambung.
4.Usus HalusAbsorpsi: proses peresapan sari–sari kuliner yang terjadi di usus halus
5.Usus BesarPenyerapan air dan pembetukkan feses.
6.AnusDefekasi: proses pengeluaran sisa–sisa kuliner yang sudah tidak diharapkan oleh badan melalui organ anus.

Ayo Berlatih
Coba anda bandingkan diagram yang anda buat dengan klarifikasi mengenai proses pencernaan kuliner di atas. Apakah ada kesamaannya?

Sekarang, bandingkan diagrammu dengan diagram teman sebangkumu. Coba anda tuliskan pemahamanmu mengenai sistem pencernaan pada manusia. Apa saja fungsi umum dari sistem pencernaan insan ?
Untuk mencerna kuliner yang masuk kedalam badan insan yang dijadikan sebagai sumber energi
Apa yang akan terjadi apabila salah satu organ dalam sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik?
Jika salah satu organ dalam sistem pencernaan rusak atau tak berfungsi,maka kuliner yang kita makan akan sulit untuk dicerna di dalan badan dan sanggup menimbulkan penyakit.

Ayo Mencoba
Bandingkan sistem pencernaan seekor sapi dengan sistem pencernaan insan kemudian catat persamaan dan perbedaannya. Selanjutnya, presentasikan hasil yang anda peroleh di depan kelas.
No.AspekPersamaanPerbedaan
1.OrganMemiliki gigi dan taring



Memiliki lambung



Menghasilkan air liur

Manusia mempunyai gigi taring yang berpengaruh dan tajam, tetapi mereka tumpul pada sapi.

Lambung sapi yakni rumen kompleks tetapi lambung insan yakni organ yang sederhana.

Sapi menghasilkan air liur lebih banyak daripada manusia.
2.Proses pengunyahan
Makanan
Makanan dikunyah untuk dihaluskan dengan gigi gerahamSapi mengunyah kuliner sebanyak dua kali sedangkan pada insan kuliner dikunyah dan ditelan 
3.Proses penyerapan
sari-sari makanan
Proses peresapan sari-sari kuliner memakai enzimSistem pencernaan insan mempunyai enzim untuk mencerna protein tetapi tidak pada sistem sapi. Sapi yang hanya sanggup mencerna karbohidrat menyerupai selulosa di rumput.

Manusia mempunyai sistem pencernaan yang lebih panjang daripada yang dilakukan sapi.

Sapi melaksanakan pengunyahan ulang sebelum kuliner diserap, sedangkan insan tidak
4.Proses pengeluaranDikeluarkan melalui anusFeses insan yakni berwarna kekuningan, tetapi hitam kehijauan pada sapi.

Pada sapi fesesnya belum mengalami pembusukan dengan pemberian basil Escherichia coli di usus menyerupai pada sistem pencernaan pada manusia
Diagram Alur Sistem Pencernaan Pada Manusia Diagram Alur Sistem Pencernaan Pada Manusia Reviewed by dannz on 12:44 PM Rating: 5