Kita harus bersyukur pada Tuhan YME yang telah menawarkan kemampuan pada insan untuk melaksanakan kerja sama. Tujuan akan tercapai kalau semua anggota bisa bekerja sama dan menjalankan kiprah yang telah disepakati. Namun ada juga kolaborasi yang bertujuan negatif, yang dilarang dilakukan sebab jadinya akan merugikan diri sendiri, keluarga, sekolah, dan orang-orang di sekitar mereka. Seperti halnya semut yang berhasil menciptakan sarang yang rumit dengan bekerja sama. Kerjasama yang dilakukan oleh semut bertujuan konkret yaitu bergotong royong untuk mencapai tujuan mereka menyerupai pada goresan pena di bawah ini
Gotong Royong untuk Mencapai Tujuan
Semut ialah serangga sosial yang mempunyai lebih dari 12.000 jenis. Sebagian besar hidup di daerah tropika dengan koloni dan sarangsarang yang teratur beranggotakan ratusan hingga jutaan semut. Koloni-koloni itu membentuk satu kesatuan dan bisa menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka.
Kehidupan seekor semut dimulai dari sebuah telur yang dibuahi, kemudian menetas menjadi betina atau jantan. Semut tumbuh melalui metamorfosa lengkap, melewati tahap larva, pupa, kemudian dewasa. larva semut tidak mempunyai kaki sehingga tidak sanggup menjaga diri sendiri. Rentang hidup rata-rata seekor semut ialah 45 hingga 60 hari.
Terdapat pembagian kiprah yang rapi antaranggota kelompok yang terbagi menjadi satu atau dua betina subur yang disebut “ratu”, beberapa pejantan subur yang disebut “drone”, dan sejumlah besar betina steril yang disebut “pekerja”. Ratu dan semut jantan bertanggung jawab untuk reproduksi. Para semut pekerja juga dibagi lagi dalam beberapa kategori menurut kiprah yang mereka lakukan, yaitu mengumpulkan makanan, membela koloni, serta merawat larva, telur dan pupa. Seekor semut pekerja yang gres memasuki masa remaja menghabiskan beberapa hari pertama mereka untuk me rawat ratu dan semut muda. Setelah itu, pekerjaan mereka me ningkat menjadi menggali dan pekerjaan sarang lainnya, dan kemudian mencari makan dan mempertahankan sarang.
Meskipun ukuran tubuhnya relatif kecil, semut termasuk binatang terkuat di dunia. Semut jantan mempunyai kaki sangat besar lengan berkuasa untuk berjalan cepat dan menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri. Semut menghasilkan asam format sebagai alat pertahanan diri. Di kepalanya terdapat sepasang antena yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan sebagai alat peraba untuk mendeteksi segala sesuatu yang berada di depannya. Bagian depan kepala semut juga terdapat sepasang rahang yang digunakan untuk membawa makanan, memanipulasi obyek, membangun sarang, dan mempertahankan diri.
Graphic Organizer ialah grafik visual yang menampilkan korelasi antara aneka macam ide, konsep, fakta dan istilah dalam satu topik utama. Graphic organizer kadang disebut juga dengan nama peta konsep atau diagram konsep. Penggunaan graphic organizer di dalam kelas akan menawarkan laba bagi dua pihak yang terlibat di dalam proses mencar ilmu mengajar, yaitu siswa dan guru. Bagi guru Grahic Organiser menawarkan laba : Membantu untuk melihat level kemampuan siswa, membantu untuk mengasses proses berpikir siswa, dan membantu guru untuk mendapat umpan balik proses mencar ilmu siswa. Sedangkan bagi siswa laba yang diperoleh antara lain :Untuk siswa: membantu memperjelas korelasi antara aneka macam konsep yang sudah dipelajari, membantu siswa dalam merapikan aneka macam konsep, ide, teori dan istilah yang sudah dan sedang dipelajari.
Untuk melaporkan pengamatan sanggup memakai graphic organiser. Graphic organizer ini bisa menjadi alat bantu siswa dalam memproses semua informasi yang didapatkan melalui proses mencar ilmu baik itu dari kegiatan di dalam lab dan kelas maupun informasi yang berasal dari sumber lain menyerupai internet, buku, koran dan majalah. Semua informasi ini dijalin hingga menjadi satu kesatuan dan terkoneksikan dengan alur proses mencar ilmu sebagai proses pengkoneksian data dan informasi, dan nantinya akan menjadi materi bukti/evidence yang mendukung ataupun membantah hipotesis yang sudah terumuskan di awal setiap unit/bab.
Pembuatan graphic ini hendaknya menjadi domain siswa, tetapi gurulah yang berperan dalam memperkenalkan, melatih dan menawarkan evaluasi sehingga siswa terbiasa menggunakannya sebagai cuilan dari proses analisa. Berikut ini akan disajikan beberapa rujukan graphic organizer yang lazim dipakai.
Tabel 4 kolom
Tuliskan topik yang hendak dijabarkan, dan tambahkan detail di setiap kolom yang berada di bawahnya. Sebenarnya kolom yang digunakan bisa bervariasi tergantung pada jumlah detail yang ada pada topik yang bersangkutan.
Topik : Sistem Adaptasi Semut | |||
Habitat | Daur Hidup | Pembagian Tugas | Bagian Tubuh |
---|---|---|---|
Semut ialah serangga sosial yang mempunyai lebih dari 12.000 jenis. Sebagian besar hidup di daerah tropika dengan koloni dan sarang-sarang yang teratur beranggotakan ratusan hingga jutaan semut. Koloni-koloni itu membentuk satu kesatuan dan bisa menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. | Kehidupan seekor semut dimulai dari sebuah telur yang dibuahi, kemudian menetas menjadi betina atau jantan. Semut tumbuh melalui metamorfosa lengkap, melewati tahap larva, pupa,kemudian dewasa. larva semut tidak mempunyai kaki sehingga tidak sanggup menjaga diri sendiri. Rentang hidup rata-rata seekor semut ialah 45 hingga 60 hari. | Terdapat pembagian kiprah yang rapi antaranggota kelompok yang terbagi menjadi satu atau dua betina subur yang disebut “ratu”, beberapa pejantan subur yang disebut “drone”, dan sejumlah besar betina steril yang disebut “pekerja”. Ratu dan semut jantan bertanggung jawab untuk reproduksi. | Semut menghasilkan asam format sebagai alat pertahanan diri. Di kepalanya terdapat sepasang antena yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan sebagai alat peraba untuk mendeteksi segala sesuatu yang berada di depannya. Bagian depan kepala semut juga terdapat sepasang rahang yang digunakan untuk membawa makanan, memanipulasi obyek, membangun sarang, dan mempertahankan diri. |
Persatuan Dan Kolaborasi Semut
Reviewed by dannz
on
11:49 AM
Rating: