Menghadapi Teks Eksposisi Dari Dua Sisi

Teks eksposisi yakni sebuah teks yang sanggup menceritakan pendapat pribadi terhadap suatu permasalahan ibarat sebuah anjuran di dalamnya terdapat gosip yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca.. Tujuan teks eksposisi yakni untuk memaparkan atau menjelaskan sesuatu semoga pengetahuan pembaca bertambah. Orang memakai teks eksposisi untuk mengusulkan sesuatu kepada pihak lain. Begitu seterusnya sehingga orang selalu memakai jenis teks yang sesuai dengan tujuan kegiatan yang dilakukannya. Dengan demikian, jenis teks tersebut diproduksi dalam konteks sosial yang melatarbelakangi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia, baik konteks situasi maupun konteks budaya.

Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme mencar ilmu cepat. meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu tidak berati bahwa acara ini tidak di perlukan. Sebagaian besar orang menyampaikan bahwa adminng sekali apabila acara akselerasi ditutup sebab acara ini sudah banyak menciptakan siswa berhasil menuntaskan studi dengan cepat hingga jenjang perguruan tinggi. mereka menyampaikan bahwa siswa-siswa dari acara akselerasi juga sanggup menyesuaikan diri dengan siswa-siswa acara reguler

Mereka juga tidak baiklah apabila alasan yang dipakai untuk menutup acara akselerasi yakni biaya yang mahal. Dapat ditunjukkan bahwa apabila keseluruhan baya dijumlahkan, jumlah itu hampir sama besar dengan jumlah biaya yang dikeluarkan acara reguler. Apabila ada biaya yang dikatakan sedikit lebih mahal, itu masuk akal sebab mereka mendapatkan pemadatan materi sekolah reguler.

Program askselerasi di dunia pendidikan diberlakukan pada beberapa sekolah untuk menjawab dan menunjukkan perhatian kepada siswa-siswa yang mengalami talenta pada bidang tertentu. Menurut Pressey akselerasi yakni sebuah kemajuan yang diperoleh di dalam acara pengajaran dalam kecepatan yang lebih cepat atau usia yang lebih muda daripada yang konvensional. Sedangkan dalam acara percepatan mencar ilmu untuk siswa SD, SLTP dan SLTA yang dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 2000, akselerasi didefenisikan sebagai salah satu bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan bagi siswa dengan kecerdasan dan kemampuan luar biasa untuk sanggup menuntaskan pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan (Depdiknas, 2001).

Program Akselerasi Sangat Diperlukan
Struktur TeksParagraf
Pernyataan
Pendapat
Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme mencar ilmu cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa acara ini tidak diperlukan.
Argumentasi 1Sebagian besar orang menyampaikan bahwa adminng sekali apabila acara akselerasi ditutup sebab acara ini sudah banyak menciptakan siswa berhasil menuntaskan studi dengan cepat hingga jenjang perguruan tinggi. Mereka menyampaikan bahwa siswa-siswa dari acara akselerasi juga sanggup menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari acara reguler.
Argumentasi 2Mereka juga tidak baiklah apabila alasan yang dipakai untuk menutup acara akselerasi yakni biaya yang mahal. Dapat ditunjukkan bahwa apabila keseluruhan biaya dijumlahkan, jumlah itu hampir sama besar dengan jumlah biaya yang dikeluarkan pada acara reguler. Apabila ada biaya yang dikatakan sedikit lebih mahal, itu masuk akal sebab mereka mendapatkan pemadatan materi sekolah reguler.
Argumentasi 3Selain itu, yang lebih penting yakni bahwa acara akselerasi sanggup mewadahi talenta dan minat siswa yang sanggup mencar ilmu dengan langkah yang lebih cepat. Itu berarti bahwa acara ini sanggup meningkatkan efisiensi waktu.
Penegasan ulang pendapatDengan demikian, menurut alasan di atas, acara akselerasi tidak perlu ditutup. Sebaliknya, acara ini tetap dipertahankan dengan memperbaiki kekurangan yang ada.

Pada teks eksposisi tahap pernyataan pendapat ^tahap pernyataan ulang pendapat itu seimbang, yaitu mengandung isi yang sama. Persamaan itu sanggup dicermati dari ungkapan “Program Akselerasi sangat dibutuhkan ...” pada tahap pernyataan pendapat dan “... acara akselerasi tidak perlu ditutup. Sebaliknya, acara ini tetap dipertahankan ...” pada tahap pernyataan ulang pendapat. Adapun argumentasi yakni alasan yang dikemukakan perihal ketidaksetujuan itu. Terdapat tiga argumentasi pada teks itu. Tulislah kembali tahap pernyataan pendapat atau pernyataan ulang pendapat dan setiap argumentasi tersebut menjadi satu kalimat dengan kata-kata sendiri.

Struktur TeksParagraf
Pernyataan
Pendapat/Penegasan ulang Pendapat
Program akselerasi dikatakan terlalu mahal, namun acara ini tidak perlu ditutup dan harus tetap dipertahankan dengan memperbaiki kekurangan yang ada.
Argumentasi
  1. Program akselerasi membantu siswa menuntaskan studi dengan cepat dan siswa-siswa dari acara ini juga sanggup menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari acara reguler.
  2. Jika alasan yang dipakai untuk menutup acara akselerasi yakni biaya yang mahal, ternyata apabila keseluruhan biaya dijumlahkan hampir sama besar dengan jumlah biaya yang dikeluarkan pada acara reguler.
  3. Selain itu, acara akselerasi ternyata sanggup mewadahi talenta dan minat siswa yang mencar ilmu dengan lebih cepat yang berarti meningkatkan efisiensi waktu.

Perhatikan konjungsi juga pada paragraf 3 dan selain itu pada paragraf 4. Kedua konjungsi tersebut dipakai untuk menata argumentasi. Konjungsi juga dipakai untuk menyatakan bahwa sudah ada satu argumentasi yang dikemukakan sebelumnya, sedangkan konjungsi selain itu dipakai untuk menambahkan argumentasi berikutnya. Buatlah tiga kalimat yang saling berkaitan. Rangkaikan ketiganya dengan memakai konjungsi juga yang kalian letakkan pada kalimat kedua dan konjungsi selain itu yang kalian letakkan pada kalimat ketiga.
Dewasa ini perkembangan internet sangat pesat tidak ibarat beberapa tahun ke belakang. Pada ketika ini internet juga sangat gampang diakses melalui ponsel, komputer maupun perangkat lainnya. Selain itu, biaya penggunaan internet sekarang telah terjangkau dan tergolong murah.

Konjungsi dengan demikian pada paragraf 5 pada teks itu. Konjungsi itu dipakai untuk mengantarkan penegasan kembali pernyataan pendapat oleh penulis. Pada tahap itu ia menciptakan semacam simpulan atau epilog bahwa menurut argumentasi yang telah disampaikan di atas, pendapat penulis itu benar adanya dan pantas bahwa pembaca akan mengikuti atau menyetujui pendapat itu.

Penulis teks eksposisi di atas penulis berada pada posisi yang tidak baiklah dengan penutupan acara akselerasi. Ia mengajukan beberapa argumentasi untuk mendukung ketidakberpihakannya terhadap penutupan acara akselerasi.  Penulis pertama, yaitu penulis teks eksposisi itu, berada pada posisi tidak, sedangkan penulis kedua bangkit pada posisi ya.  Teks eksposisi hanya menampilkan salah satu posisi. Penulis menentukan posisi ya atau posisi tidak. Dari sini sanggup ditegaskan bahwa eksposisi yakni argumentasi satu sisi, yaitu sisi tidak atau sisi ya.

Jika penulis berada berada pada posisi ya, artinya pada eksposisi mengambil sudut pandang yang baiklah dengan penutupan acara akselerasi. Bacalah teks berikut secara saksama, kemudian kerjakan tugas-tugasnya. Perhatikan struktur teksnya dan cara mengajukan argumentasi yang dipakai untuk mendukung gagasan penulis!

Betulkah Program Akselerasi Dibutuhkan?
Struktur TeksParagraf
Pernyataan
Pendapat
Program akselerasi tidak selalu cocok bagi semua siswa. Program ini tidak perlu dibuka sebab acara ini tidak mempertimbangkan siswa yang tidak menginginkan irama mencar ilmu yang cepat.
Argumentasi 1Pertama, acara akselerasi terkesan eksklusif, yaitu hanya mendapatkan siswa tertentu. Program ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang menginginkan ritme mencar ilmu cepat. Kadang-kadang harapan itu tidak didasari oleh kesiapan dan kemampuan diri siswa yang bersangkutan. Jadi, apabila siswa tidak betul-betul siap dengan kerja keras dan bisa mengikuti irama mencar ilmu yang serba cepat, mereka tidak sanggup mencapai prestasi yang maksimal.
Argumentasi 2Kedua, dari segi biaya, acara akselerasi dinilai lebih mahal bila dibandingkan dengan acara reguler. Program ini sanggup dianggap bertentangan dengan prinsip keadilan. Hanya siswa yang kaya yang bisa masuk ke acara ini. Siswa yang kurang bisa tidak sanggup mengikuti acara ini meskipun mereka pintar.
Argumentasi 3Di samping itu, acara akselerasi sanggup mengurangi rasa kebersamaan. Siswa yang masuk ke acara ini sering dikatakan sebagai siswa yang lebih pintar. Di pihak lain, siswa yang tidak sanggup masuk ke acara ini dikatakan sebagai siswa yang tidak pintar. Akibatnya, nilai kebersamaan di antara dua kelompok siswa itu kurang terpupuk.
Penegasan ulang pendapatTerbukti bahwa acara akselerasi lebih banyak menimbulkan imbas negatif daripada imbas positif. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila beberapa pihak menginginkan acara akselerasi ditutup.

Penulis teks di atas berpihak pada posisi tidak dan ia baiklah bahwa acara akselerasi ditutup. Pada tahap pernyataan pendapat, penulis teks menyebutkan bahwa penutupan itu dilandasi oleh kenyataan bahwa acara ini tidak cocok bagi semua siswa. Terdapat tiga argumentasi yang dipakai untuk mendukung pendapat perihal penutupan acara akselerasi. Keempat argumentasi itu disajikan dalam tiga paragraf yang terpisah. Konjungsi apa yang dipakai untuk menata argumentasi tersebut yakni konjungsi pertama, kedua, dan di samping itu.

Tulis ulanglah ketiga argumentasi itu dengan kalimat kalian sendiri dengan konjungsi lain yang kalian anggap sesuai. Kalian sanggup memulai goresan pena kalian dengan mengikuti format yang disediakan
berikut ini.
Berikut ini yakni sejumlah alasan yang mendukung penutupan acara akselerasi. Program akselerasi terkesan eksklusif, yaitu hanya diperuntukkan bagi siswa yang menginginkan ritme mencar ilmu cepat. Program akselerasi juga dinilai lebih mahal dibandingkan dengan acara reguler dari segi pembiayaan. Selain itu, acara akselerasi sanggup mengurangi rasa kebersamaan siswa karena siswa acara akselerasi dianggap sebagai siswa yang lebih berilmu dari siswa reguler. Program akselerasi banyak menimbulkan imbas negatif, maka tidak mengherankan bila ada yang menginginkan acara akselerasi ditutup.

Setujukah terhadap penutupan acara akselerasi? Ungkapkan pendapat itu ke dalam teks eksposisi yang sejalan dengan teks di atas. Disarankan mengajukan argumentasi yang berbeda dengan argumentasi pada teks di atas, argumentasi yang disampaikan bebas yang penting yakni bahwa struktur teks dan konjungsi yang dipakai sanggup mewadahi gagasan itu.
Struktur TeksParagraf
Pernyataan
Pendapat
Program akselerasi sebagai model pembelajaran yaitu lompat kelas, dimana penerima didik berbakat yang mempunyai kemampuan unggul diberi kesempatan untuk mengikuti pelajaran pada kelas yang lebih tinggi. Program akselerasi tidak selalu cocok bagi semua siswa. Program ini tidak perlu dibuka sebab acara ini tidak mempertimbangkan siswa yang tidak menginginkan irama mencar ilmu yang cepat.
Argumentasi 1Pertama, dalam bidang akademis mungkin saja materi asuh yang diberikan terlalu jauh bagi siswa sehingga ia tidak bisa menyesuaikan diri dalam lingkungan yang baru, dan hasilnya menjadi orang yang sedang-sedang saja (mediocre) bahkan mungkin juga siswa akan mengalami kegagalan. 
Argumentasi 2Kedua, dari segi sosial siswa akselerasi didorong prestasinya secara akademis, dalam hal ini mengurangi waktunya untuk melaksanakan kegiatan yang lain. Siswa akselerasi akan kehilangan kegiatan dalam masa-masa hubungan sosial yang penting pada usianya.
Argumentasi 3Ketiga, dari segi aktifitas kurikuler yang berkaitan dengan usia dan siswa kurang mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas penting di luar kurikulum yang normal (yang sesuai dengan usianya). Hal ini juga akan mengurangi jumlah waktu untuk memperkenalkan problem karir kepada mereka. 
Argumentasi 4Selain itu, dari segi pembiasaan diri emosionalsSiswa akselerasi mungkin saja akan mengalami putus asa dengan adanya tekanan dan tuntutan yang ada dan pada hasilnya merasa sangat lelah sehingga akan menurunkan tingkat prestasinya dan bisa terjadi ia menjadi siswa yang underachiever atau drop out.
Penegasan ulang pendapatTerbukti bahwa acara akselerasi lebih banyak menimbulkan imbas negatif bagi siswa. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila beberapa pihak menginginkan acara akselerasi ditutup.

Setelah dicermati teks eksposisi pertama dan teks eksposisi kedua mempunyai argumentasi yang kuat. Namun, pada teks eksposisi, kedua kelompok sudut pandang itu tidak ditampilkan bersama-sama. Apabila kedua sisi itu tetap ditampilkan semua pada satu goresan pena teks yang dihasilkan bukan lagi eksposisi, melainkan diskusi.
Menghadapi Teks Eksposisi Dari Dua Sisi Menghadapi Teks Eksposisi Dari Dua Sisi Reviewed by dannz on 4:53 AM Rating: 5