Soal Penilaian Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat

Tema enam Subtema dua Masyarakat Sehat, Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran. IPA membahasa wacana membedakan adonan dan larutan menurut pengamatan dan elaporkan secara tertulis hasil percobaan wacana adonan dan larutan. Matematika membahas wacana menjelaskan kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapat informasi tertentu Menyajikan data dalam bentuk tabel/tally menurut kuesioner, dan menulis kesimpulan menurut tabel/tally.

PPKn membahas wacana menjelaskan aneka macam acara masyarakat dalam rangka membuat lingkungan sehat. Melaporkan secara mulut dan goresan pena kolaborasi dalam masyarakat dalam menciptkan lingkungan sehat. SBdP membahas wacana menjelaskan nilai-nilai terkait dengan kebiasaan masyarakat mengolah sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar. Membuat produk olahan sampah organik dan anorganik di lingkungan sekitar. Berikut ini soal penilaian tema enam subtema dua Masyarakat Sehat Negara Kuat.

1. Bayu melaksanakan survei kepada sobat satu kelasnya mengenai buah yang paling disukai. Berikut yaitu hasil survei Bayu.
PerempuanLaki-laki
Jenis buahJumlahJenis buahJumlah
Apel5Apel6
Jeruk4Jeruk3
Sawo7Sawo2
Pepaya1Pepaya3
Lainnya0Lainnya2

a. Sajikan data tersebut ke dalam bentuk grafik yang sesuai! Jelaskan alasan mengapa anda menentukan jenis grafik tersebut! Diagram batang sanggup dipakai untuk membedakan dua kategori data pada grafik membandingkan kategori siswa pria dan perempuan.
 Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum  Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat
b. Buah apa yang paling disukai oleh teman-teman Bayu? Jelaskan! Buah yang paling disukai sobat Edo yaitu buah apel sebanyak 5 sobat pria dan 6 sobat wanita Edo menyukai buah apel.

2. Edo dan keluarganya mengumpulkan sampah bekas untuk didaur ulang selama 2 minggu. Edo mendata sampah yang telah ia kumpulkan selama 2 minggu.
Sampah daur ulangMinggu 1Minggu 2
Botol kaca1212
Botol plastik1315
Botol kaleng1014
Wadah bekas kemasan128
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Dari data tersebut, apa yang sanggup anda simpulkan?
 Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum  Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat
b. Jika Edo ingin menggabungkan data sampah pada ahad pertama dan kedua, bagaimanakah tabel data gabungannya? Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram!
Sampah daur ulangJumlah
Botol kaca24
Botol plastik28
Botol kaleng24
Wadah bekas kemasan20
 Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum  Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat
3. Tulislah perbedaan antara adonan dan larutan dengan melengkapi sketsa berikut!
Contoh Campuran
Air sungai yang keruh, adonan air dan pasir, adonan kopi dengan air, adonan minyak dan air
Contoh Larutan:
Larutan Gula garam, udara yang bersih, larutan garam, larutan cuka, larutan gula, spirtus, air laut, dan bensin.
Campuran
dan larutan
Ciri-ciri Campuran:
Komponen adonan mempertahankan sifat masing-masing.
Dapat dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut.
Ciri-Ciri Larutan :
Komponen larutan tidak mempertahankan sifat masing-masing,
Sulit dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut.

4. Sebutkan 5 dari 8 Pola Hidup Bersih dan Sehat yang perlu diterapkan di sekolah!
Ada 8 PHBS di sekolah antara lain yaitu :
  1. Mencuci tangan dengan air higienis yang mengalir dan menggunakan sabun 
  2. Jajan di kantin sekolah yang sehat 
  3. Membuang sampah pada tempatnya 
  4. Mengikuti acara olah raga di sekolah dengan terukur dan teratur 
  5. Mengukur berat tubuh dan tinggi tubuh secara teratur setiap 6 bulan 
  6. Bebaskan diri dari asap rokok 
  7. Memberantas jentik nyamuk 
  8. Buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di jamban sekolah 

5. Apa saja bentuk kolaborasi yang sanggup dilakukan untuk membuat masyarakat sehat di lingkungan sekolah? Jelaskan!
Lakukan hal yang dianggap ringan dan kecil, namun sulit dilakukan ibarat : membuang sampah pada tempatnya, menyiram kloset sehabis menggunakan kamar mandi, jadikan sekolah sehat dengan menggalakan go green, menanam pohon dan bunga bersama-sama, menanam apotek hidup, dan kerja bakti atau lakukan jubes (jumat bersih) 
Soal Penilaian Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat Soal Penilaian Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat Reviewed by dannz on 12:51 PM Rating: 5