Tema enam Subtema dua Masyarakat Sehat, Negara Kuat kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran. IPA membahasa wacana membedakan adonan dan larutan menurut pengamatan dan elaporkan secara tertulis hasil percobaan wacana adonan dan larutan. Matematika membahas wacana menjelaskan kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapat informasi tertentu Menyajikan data dalam bentuk tabel/tally menurut kuesioner, dan menulis kesimpulan menurut tabel/tally.
PPKn membahas wacana menjelaskan aneka macam acara masyarakat dalam rangka membuat lingkungan sehat. Melaporkan secara mulut dan goresan pena kolaborasi dalam masyarakat dalam menciptkan lingkungan sehat. SBdP membahas wacana menjelaskan nilai-nilai terkait dengan kebiasaan masyarakat mengolah sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar. Membuat produk olahan sampah organik dan anorganik di lingkungan sekitar. Berikut ini soal penilaian tema enam subtema dua Masyarakat Sehat Negara Kuat.
1. Bayu melaksanakan survei kepada sobat satu kelasnya mengenai buah yang paling disukai. Berikut yaitu hasil survei Bayu.
Perempuan | Laki-laki | ||
---|---|---|---|
Jenis buah | Jumlah | Jenis buah | Jumlah |
Apel | 5 | Apel | 6 |
Jeruk | 4 | Jeruk | 3 |
Sawo | 7 | Sawo | 2 |
Pepaya | 1 | Pepaya | 3 |
Lainnya | 0 | Lainnya | 2 |
a. Sajikan data tersebut ke dalam bentuk grafik yang sesuai! Jelaskan alasan mengapa anda menentukan jenis grafik tersebut! Diagram batang sanggup dipakai untuk membedakan dua kategori data pada grafik membandingkan kategori siswa pria dan perempuan.
b. Buah apa yang paling disukai oleh teman-teman Bayu? Jelaskan! Buah yang paling disukai sobat Edo yaitu buah apel sebanyak 5 sobat pria dan 6 sobat wanita Edo menyukai buah apel.
2. Edo dan keluarganya mengumpulkan sampah bekas untuk didaur ulang selama 2 minggu. Edo mendata sampah yang telah ia kumpulkan selama 2 minggu.
Sampah daur ulang | Minggu 1 | Minggu 2 |
---|---|---|
Botol kaca | 12 | 12 |
Botol plastik | 13 | 15 |
Botol kaleng | 10 | 14 |
Wadah bekas kemasan | 12 | 8 |
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Dari data tersebut, apa yang sanggup anda simpulkan?
b. Jika Edo ingin menggabungkan data sampah pada ahad pertama dan kedua, bagaimanakah tabel data gabungannya? Sajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang sesuai! Sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram!
3. Tulislah perbedaan antara adonan dan larutan dengan melengkapi sketsa berikut!Sampah daur ulang | Jumlah |
---|---|
Botol kaca | 24 |
Botol plastik | 28 |
Botol kaleng | 24 |
Wadah bekas kemasan | 20 |
Contoh Campuran Air sungai yang keruh, adonan air dan pasir, adonan kopi dengan air, adonan minyak dan air | Contoh Larutan: Larutan Gula garam, udara yang bersih, larutan garam, larutan cuka, larutan gula, spirtus, air laut, dan bensin. | ||||||||||||||||||
Campuran dan larutan | |||||||||||||||||||
Ciri-ciri Campuran: Komponen adonan mempertahankan sifat masing-masing. Dapat dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut. | Ciri-Ciri Larutan : Komponen larutan tidak mempertahankan sifat masing-masing, Sulit dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut. |
4. Sebutkan 5 dari 8 Pola Hidup Bersih dan Sehat yang perlu diterapkan di sekolah!
Ada 8 PHBS di sekolah antara lain yaitu :
- Mencuci tangan dengan air higienis yang mengalir dan menggunakan sabun
- Jajan di kantin sekolah yang sehat
- Membuang sampah pada tempatnya
- Mengikuti acara olah raga di sekolah dengan terukur dan teratur
- Mengukur berat tubuh dan tinggi tubuh secara teratur setiap 6 bulan
- Bebaskan diri dari asap rokok
- Memberantas jentik nyamuk
- Buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di jamban sekolah
5. Apa saja bentuk kolaborasi yang sanggup dilakukan untuk membuat masyarakat sehat di lingkungan sekolah? Jelaskan!
Lakukan hal yang dianggap ringan dan kecil, namun sulit dilakukan ibarat : membuang sampah pada tempatnya, menyiram kloset sehabis menggunakan kamar mandi, jadikan sekolah sehat dengan menggalakan go green, menanam pohon dan bunga bersama-sama, menanam apotek hidup, dan kerja bakti atau lakukan jubes (jumat bersih)
Lakukan hal yang dianggap ringan dan kecil, namun sulit dilakukan ibarat : membuang sampah pada tempatnya, menyiram kloset sehabis menggunakan kamar mandi, jadikan sekolah sehat dengan menggalakan go green, menanam pohon dan bunga bersama-sama, menanam apotek hidup, dan kerja bakti atau lakukan jubes (jumat bersih)
Soal Penilaian Tema 6 Subtema 2:Masyarakat Sehat, Negara Kuat
Reviewed by dannz
on
12:51 PM
Rating: